Rabu, 23 November 2022

 Ã˜  Organ-organ Sistem Peredaran Darah

Darah dapat mengalir ke seluruh tubuh karena di dalam tubuh kita terdapat organ yang berperan sebagi pemompa darah yang disebut jantung. Selain jantung, organ lain yang berperan dalam sistem peredaran darah adalah pembuluh darah.

1)      Jantung

Jantung berfungsi sebagai pemompa darah. Jantung terletak di dalam rongga dada, di antara kedua paru-paru dan agak di sebelah kiri. Ukurannya sebesar kepalan tangan pemiliknya dengan berat sekitar 300 gram. Jantung tersusun atas tiga laoisan yaitu endokardium, perikardium, dan miokardium.

a.       Endokardium, merupakan selaput yang membatasi ruang jantung. Lapisan ini mengandung pembuluh darah dan saraf.

b.      Perikardium, merupakan selaput pembungkus jantung berupa kantong rangkap yang didalamnya berisi cairan untuk melindungi jantung dari gesekan organ lain.

c.       Miokardium, merupakan lapisan otot jantung yang terdiri atas berkas-berkas otot yang memiliki kemampuan berkontraksi sehingga jantung dapat berdenyut seumur hidup.

Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu serambi (atrium) kanan dan serambi kiri di bagian atas, serta bilik (ventrikel) kanan dan bilik kiri. Antara serambi dan bilik, terdapat katup atrioventrikuler, yang berfungsi mencegah aliran balik dari bilik ke serambi saat bilik berkontraksi.

a.       Katup atrioventrikuler kanan memiliki tiga lembar katup, sehingga disebut katup trikuspidalis.

b.      Katup atrioventrikuler kiri memiliki dua katup sehingga disebut katup bikuspidalis

Terdapat juga katup semilunaris yang membatasi aorta dengan bilik dan berfungsi mencegah aliran balik darah ke bilik saat bilik berelaksasi.


Bagian-bagian Jantung

Otot jantung memiliki satu siklus kontraksi-relaksasi yang disebut siklus jantung. Periode relaksasi disebut diastole. Yaitu ketika serambi jantung menguncup dan bilik jantung mengembang (otot bilik relaksasi).

Adapun periode kontraksi disebut sistole, terjadi ketika otot bilik berkontraksi (ruang bilik menguncup) dan darah terdorong keluar.

Cara kerja jantung dalam memompa darah dapat dijelaskan sebagai berikut.\

a.       Apabila serambi mengembang, darah dari seluruh tubuh masuk ke serambi kanan dan darah dari paru-paru masuk ke serambi kiri. Darah dari seluruh tubuh mengandung karbondioksida, sedangkan darah dari paru-paru banyak mengandung oksigen.

b.      Apabila bilik mengembang, maka serambi menguncup, darah dari serambi kanan masuk ke bilik kanan dan darah dari serambi kiri masuk ke bilik kiri. Darah dari serambi kanan mengandung banyak karbondioksida, sedangkan darah dari serambi kiri banyak mengandung oksigen.

c.       Apabila bilik menguncup, maka darah dari bilik kanan menuju ke paru-paru dan darah dari bilik kiri menuju ke seluruh tubuh. Darah dari bilik kanan mengandung banyak karbondioksida dan darah dari biliki kiri mengandung banyak oksigen.

2)      Pembuluh darah

Pembuluh darah merupakan saluran tempat darah beredar ke seluruh tubuh. Berdasarkan fungsinya, pembuluh darah terdiri atas pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler.

a.       Pembuluh nadi (arteri)

Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh yang membawa darah keluar dari jantung ke jaringan. Pembuluh nadi pertama, keluar dari bilik kiri. Pembuluh nadi ini membawa darah yang kaya oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi ini disebut aorta. Pembuluh nadi kedua, keluar dari bilik kanan. Pembuluh nadi ini membawa darah yang kaya karbon dioksida dari jantung menuju paru-paru. Pembuluh nadi ini disebut pembulun nadi paru-paru (arteri pulmonis). Dinding pembuluh nadi tebal, kuat, dan elastis. Letaknya agak dalam, tersembunyi dari permukaan tubuh. Denyutnya terasa, misalnya di pergelangan tangan atau di leher, dan mempunyai satu katup dekat jantung.

b.      Pembuluh balik (vena)

Pembuluh balik tubuh berukuran besar, terdiri atas pembuluh balik atas (vena kava superior) dan pembuluh balik bawah (vena kava inferior). Pembuluh balik atas membawa darah dari tubuh bagian atas, misalnya kepala dan lengan. Pembuluh balik bawah membawa darah dari tubuh bagian bawah. Kedua pembuluh balik tersebut bermuara ke serambi kanan (antrium kanan) jantung dan membawa darah yang kaya karbon dioksida.

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik

Faktor Pembeda

Aglitinogen/Antigen pada Sel Darah Merah

Aglutinin/Antibodi pada Plasma Darah

Letak

Agak tersembunyi di dalam tubuh

Dekat permukaan tubuh

Dinding

Tebal dan elastis

Tipis dan kurang elastis

Jumlah katup

Satu katup pada pangkal arteri

Banyak di sepanjang vena

Aliran darah

Meninggalkan jantung

Menuju jantung

Kandungan darah dalam pembuluh darah

Darah mengandung banyak oksigen (kecuali arteri pulmonis)

Darah mengandung banyak karbon dioksida (kecuali vena pulmonalis

Denyut

Terasa

Tidak terasa

Jika terluka

Darah akan memancar

Darah hanya akan menetes

 

c.       Pembuluh kapiler

Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat halus dan langsung berhubungan dengan sel-sel jaringan tubuh. Pembuluh kapiler menghubungkan cabang-cabang pembuluh nadi dan cabang-cabang pembuluh balik yang terkecil dengan sel-sel tubuh. Di dalam pembuluh kapiler inilah terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

 1.        Berikut adalah salah satu contoh penerepan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah;

A.    Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan

B.     Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas

C.     Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan

D.    Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yan sudah dibuatkan oleh guru sekolah

2.        Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?

A.    Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.

B.     Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain.

C.     Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.

D.    Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri.

3.        Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki ....

A.    Perilakunya

B.     Dasar hidupnya

C.     Kekuatan kodratnya

D.    Potensinya

4.        Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ....

A.    Memahami peran diri menjadi pendidik

B.     Menambah kapasitas diri sebagai pendidik

C.     Membuat perencanaan kegiatan belajar

D.    Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid

5.        Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?

A.    Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter

B.     Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajar

C.     Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya

D.    Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi

6.        Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti ....

A.    Mendidik keluarga

B.     Mendidik masyarakat

C.     Mendidik teman belajar

D.    Mendidik guru

7.        Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?

A.    Generasi yang tumbuh di era transisi digital

B.     Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital

C.     Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital

D.    Generasi yang menemukan teknologi digital

8.        Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?

A.    Kesenian

B.     Kebudayaan

C.     Adat istiadat

D.    Keterampilan

9.        Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?

A.    Inovatif

B.     Efektif

C.     Adaptif

D.    Reflektif

10.    Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....

A.    Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya

B.     Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

C.     Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

       D.   Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling,  
              memahami, menghargai, dan membutuhkan.

Untuk Kunci Jawabab Klik di sini  
Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer

Arsip Blog