Selasa, 18 Oktober 2016

Ciri-ciri Makhluk Hidup


     Perhatikan Lingkungan di sekiatra kalian. Pasti kalian akan menjumpai banyak benda. Ada yang berupa makhluk hidup dan ada juga yang berupa benda mati. Makhluk hidup dapat kita bedakan dengan benda mati karena memiliki ciri-ciri tertentu, misalnya batu dengan manusia.
     Batu tidak bernapas, tidak memerlukan makanan, dan tidak begerak sehingga batu bukan makhluk hidup melainkan benda mati. Sementara manusia dapat bergerak, memerlukan makanan, bernapas dan berkembang biak, sehingga meanusia merupakan makhluk hidup.
     Jadi, makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti memerlukan makanan, bernapas, mengeluarkanzat sisa, bergerak, peka terhadap rangsang, tumbuh dan berkembang biak, beradaptasi dan memiliki bahan genetik. Sementara itu, benda-benada tak mati bisa saja memiliki salah satu atau lebih dari tujuh ciri tersebut. Namun suatu benda tidak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup apabila tidak memiliki semua ciri tersebut.

1.   Bernapas
    Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas (respirasi) adalah proses mengambil atau menghirup Oksigen (O2) dan mengeluarkan Karbon di Oksida (CO2) dari tubuh.
      Bernapas adalah proses pemecahan makanan dan pelepasan energi. Oksigen yang masuk ke dalam tubuh melalui peristiwa pernapasan digunakan untuk proses pembakaran (Oksidasi)
Perhatikan Ikhtisar proses pembakaran berikut ini!
Zat Makanan + Oksigen  ->  Karbondioksida + Uap Air + Energi
C6H12O6  + 6O2   ->  6CO2  + 6H2O + Energi
Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran (Oksidasi) digunakan oleh tubuh untuk melakukan semua aktivitas
Contoh Alat pernapasan dengan Mahkul hidupnya
a.    Ikan Dengan Insang

b.   Cacing Dengan Kulit

c.   Serangga Dengan Trakea

d.  Hewan mamalia dengan Paru-paru

e.   Tumbuhan Dengan Stomata





2.   Memerlukan Makanan
      
   Agar dapat bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan. Makanan berfungsi untuk menghasilkan tenaga (Energi), mengganti sel-sel yang rusak, dan untuk pertumbuhan. Energi yang diperoleh dari makanan digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Manusia dan hewan tingkat tinggi mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain yaitu tumbuhan dan hewan, karena manusia dan tidak dapat membuata makanan sendiri (Organisme Heterotrop) dan tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan organik yang ada dilingkungannya (Organisme Autotrop). Proses pembuatan makanan pada tumbuhan hijau dinamakan fotosintesis, untuk melakukan fotosintesis tumbuhan hijau memerlukan cahaya matahari, air dan karbondioksida.

3.   Bergerak
      Pengertian gerak ada makhluk hidup tidak harus selalu berpindah tempat. Gerak merupakan perubahan posisi suatu makhluk hidup terhadap suatu acuan tertentu. Makhluk hidup dapat melakukan gerak pada sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
    Gerak pada manusia dan hewan jelas tampak terlihat. kamu dapat berjalan, berlari, dan menggerakan tangan. begitu juga dengan hewan dapat berlari, dan terbang, dan lain sebagainya. untuk melakukan gerakan tersebutm, manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak. pada manusia, misalnya tangan dan kaki. sedangkan, pada hewan, seperti sayap, sirip. kaki, silia, dan lainya. gerak hewan dan manusia bersifat aktif karena dapat berpindah tempat.
       Tumbuhan juga melakukan gerakan, tetapi gerakan ini tidak mudah dilihat. Contoh gerakan pada tumbuhan adalah menutupnya daun putri malu bila disentuh. Daun-daun pohon petai cina yang menutup pada sore hari, arah tumbuhanya selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerak tumbuhan merupakan reaksi terhadap faktor lingkungan atau rangsangan. Gerak tumbuhan hanya pada bagian tertentu dari tubuhnya.
           
4.   Beradaptasi
      Adaptasi merupakan suatu upaya makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya, tujuan hidup beradaptasi untuk menjaga kelangsungan hidupnya agar dapat bertahan hidup pada lingkunganya. Makhluk hidup yang mempunyai kemampuan beradaptasi paling tinggi adalah manusia. hal ini disebabkan karena manusia mempunyai akal dan pikiran, hewan dan tumbuhan juga mempunyai kemampuan beradaptasi meskipun tidak sebaik manusia. 

5.   Menerima rangsang
      Semua makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menerima dan memberikan reaksi terhadap rangsang. Pada manusia dan hewan rangsang dapat diterima dengan alat-alat indera dan untuk mereaksi rangsang dengan gerakan. Tumbuhan tidak memiliki organ khusus untuk menerima dan mereaksi rangsang, tetapi tumbuhan mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang yang datang, kemampuan tersenut dinamakan Iritabilita.

6.   Berkembang biak
      Coba kamu amati pohon pisang di sekitar tempat tinggalmu? biasayanya di sekitar pohon pisang terdapat tunas-tunas baru. Hali ini merupakan contoh perkembangbiakan pada tumbuhan. Berkembang biak atu reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Smeua makhluk hidup berkembang biak. sebagai upaya untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu baru, perkembangan mekhluk hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian jenisnya supaya tidak punah.               Cara perkembangbiakan pada hewan di bagi menjadi dua macam, yaitu secara generatif (kawain) dan secara vegetatif (tak kawin). Pada hewan tingkat tinggi umumnya berkembang biak secara kawin. sedangkan pada hewan tingkat rendah dengan vegetatif (tak kawin). Adapun perkembangbiakan alami pada tumbuhan berlangsung secara generatif (kawin). melalui proses penyerbukan dan secara vegetatif (tidak kawin), misalnya membelah diri, Spora, Tunas, Umbi, Geragih, dan Akar tinggal. Perkembangbiakan tumbuhan secara buatan, misalnya stek, cankok, dan merunduk.

7.   Mengeluarkan Zat Sisa
      Semua Makhluk hidup manusia, hewan dan tumbuhan mengeluarkan zat-zat sisa yang merupkan hasil metabolisme di dalam tubuh. Manusia dan hewan mengeluarkan zat sisa melalui respirasi, berupa karbondioksida dan uap air, melalui ekskresi berupa urine, dan melalui proses defekasi berupa feses. Pengeluaran zat-zat sisa pada tumbuhan melalui proses respirasi, transportasi dan gutasi berupa oksigen, karbondioksida dan uap air dan tetesan air. 

8.   Tumbuh dan Berkembang
      Semua Makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan, yaitu proses bertambahnya ukuran, berat dan volume atau dengan kata lain proses terjadinya perubahan dari kecil menjadi besar, misalnya bayi tumbuh menjadi kanak-knak, anak ayam yang kecil menjadi besar, biji tumbuh menjadi pohon, larva menjadi kupu-kupu.
      Berkembang mempunyai arti terjadinya perkembangan secara menal pskologis Misalnya bayi berkembang -> Balita -> Remaja -> Orang Tua -> Lanjut Usia
9.   Memerlukan Suhu Tertentu

Contoh Soal Teka-teki Silang tentan ciri-ciri makhluk hidup
1.  Soal TTS Ciri-ciri makhluk hidup 20 Soal  download kunci jawaban download
1.  Soal TTS Ciri-ciri makhluk hidup 21 Soal download Kunci jawaban download

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer

Arsip Blog