A. FUNGSI MATA
1. Menghalang benda asing yang masuk kedalam mata merupakan fungsi dari ….
A. Bulu mata
B. Iris
C. Kornea
D. Pupil
2. Menahan keringat agar mata tidak masuk ke bola mata merupkan fungsi dari ….
A. Bulu mata
B. Alis mata
C. Iris
D. Kornea
3. Berfungsi untuk menutupi dan melindungi mata merupakan fungsi dari ….
A. Iris
B. Kornea
C. Retina
D. Kelopak mata
4. Melindungi bagian sensitif di belakangnya dan membantu mata memfokuskan bayangan pada retina merupakan fungsi dari ….
A. Iris
B. Kornea
C. Bintik buta
D. Otot siliaris
5. Bagian dinding mata yang berwarna putih, tebal rata-rata 1 mm, tebal 3 mm (insersi otot) merupakan fungsi dari ….
A. Kornea
B. Otot siliaris
C. Sklera
D. Retina
6. Menerima cahaya dari kornea, menentukan kuantigas cahaya yang masuk ke bagian mata, dan melebar dikondisi gelap, dan menyempit dikondisi terang merupkan fungsi dari …..
A. Retina
B. Bulu mata
C. Iris
D. Pupil
7. Sebagai diafragma mata, memberi warna pada mata merupkan fungsi dari ….
A. Iris
B. Pupil
C. Lensa mata
D. Otot siliaris
8. Menerima cahaya dari pupil, menersukannya ke Retina, dan memfokuskan cahaya ke retina merupakan fungsi dari ….
A. Iris
B. Lensa mata
C. Otot siliari
D. Bintuk buta
9. Layar yang menangkap bayangan, paling peka terhadap cahaya (bintik kuning), cahaya akan diteruskan ke sarap optik, terdapat tiga selaput sel kerucut merupakan ciri dari bagian mata ….
A. Iris
B. Bintik buta
C. Saraf optik
D. Retina
10. Lapisan pembuluh darah pada mata, mencegah refleksi atau pemantulan internal berkas cahaya, mamasok darah dan nutrisi ke retina dan ke struktru lainnya merupakan ciri bagian mata ….
A. Iris
B. Retina
C. Koroid
D. Saraf optik
11. Mengirimkan informasi peglihatan dari retina ke otak, informasi penglihatan akan diproses dan diterjemahkan oleh otak manusia merupkan fungsi bagian mata ….
A. Iris
B. Koroid
C. Iris
D. Saraf optik
12.
Mengapa kita perlu berkedip?
A.
Untuk membuat mata lebih indah
B.
Untuk melembapkan mata
C.
Untuk membuat mata lebih tajam
D.
Untuk mengurangi kelelahan otot mata
13.
Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah ….
A.
Membaca dalam cahaya yang redup
B.
Menonton televisi terlalu dekat
C.
Menggunakan kacamata hitam saat berkendara
D.
Menggosok mata terlalu keras
14.
Jika kita berada di tempat yang gelap, maka pupil mata kita
akan ….
A.
Menyempit
B.
Melebar
C.
Tetap
D.
Berubah warna
15.
Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan hal-hal berikut
ini, kecuali ….
A.
Membaca dengan jarak yang ditentukan
B.
Membaca dengan penerangan yang baik
C.
Melihat objek dekat terlalu lama
D.
Mengkonsumsi vitamin A secara teratur
B. JARING-JARING MAKANAN
1. Proses makan dan dimakan yang disertai perpindakan energi disebut .....
A. jaring-jaring makanan
B. jaring-jaring kehidupan
C. piramida makanan
D. rantai makanan
2. Perhatikan rantai makanan di bawah ini
1) Padi --> tikus --> ular --> burung elang
2) Fitoplankton --> zooplankton --> udang --> cumi-cumi
3) Rumput --> zebra --> singa
4) Tanaman tomat --> ulat --> ayam --> ular
Rantai makanan yang terjadi di ekosistem kebun ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
3. Pada sebuah rantai makanan, aliran energi dimulai dari ….
A. konsumen
B. pengurai
C. sinar matahari
D. tumbuhan hijau
4. Perhatikan rantai makanan berikut !
Tumbuhan --> serangga --> katak --> ular
Berdasarkan rantai makanan tersebut, pernyataan yang benar adalah...
A. tumbuhan berperan sebagai konsumen I
B. serangga berperan sebagai konsumen II
C. katak berperan sebagai produsen
D. ular berperan sebagai konsumen III
5. Perhatikan rantai makanan berikut !
Tumbuhan --> tikus --> ular --> burung elang
Berdasarkan rantai makanan di atas tikus berperan sebagai ....
A. Konsumen I
B. Konsumen II
C. Konsumen III
D. Produsen
6. Perhatikan rantai makanan di bawah ini!
Berdasarkan rantai makanan di atas, ular berperan sebagai ….
A. produsen
B. konsumen I
C. konsumen I dan II
D. konsumen II dan III
7. Di ekosistem kebun ditemukan beberapa jenis makhluk hidup berikut.
(1) Ayam, (2) Ulat, (3) Tanaman tomat, (4) Musang, (5) Ular
Urutan rantai makanan yang terjadi di ekosistem kebun tersebut adalah....
A. (1) -->(3) --> (2) -->(5) --> (4)
B. (2) --> (4)--> (3) --> (5) --> (1)
C. (3) --> (2) -->(1) -->(4) --> (5)
D. (3) --> (4) -->(1) --> (2) -->(5)
8. Pada rantai makanan dekomposer berfungsi atau berperan sebagai ....
A. Produsen
B. konsumen I
C. Konsumen II
D. pengurai
9. Ekosistem dikatakan seimbang bila jumlah ….
A. konsumen lebih banyak dari pengurai
B. produsen lebih banyak dari konsumen
C. konsumen sama dengan produsen
D. produsen lebih sedikit dari konsumen
10. Dalam ekosistem padang rumput, organisme yang berperan sebagai dekomposer adalah ….
A. kerbau
B. Bakteri
C. serangga
D. rumput
11. Dalam ekosistem persawahan terdapat jaring makanan sebagai berikut.
Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang dapat diupayakan manusia agar hama tikus tidak mengganggu pertanian padi adalah ….
A. menjaga kelestarian elang
B. menjaga kelestarian katak
C. membasmi hama belalang dengan pestisida
D. mengusir burung pemakan padi
12. Tipe rantai makan yang melibatkan mahkluk hidup yang hidupnya sebagai menumpang pada mahkluk hidup lain dengan "merebut" makanan dari mahkluk hidup yang ditumpanginya), disebut rantai makan tipe ....
A. Parasit
B. detritus
C. Perumput
D. Hama
13. Tipe rantai makan yang melibatkan tumbuhan hijau sebagai produsen ,disebut tipe rantai makan ....
A. Parasit
B. detritus
C. Perumput
D. Hama
14. Tipe rantai makanan yang melibatkan sisa-sisa bagian tubuh mahkluk hidup yang terlepas dari tubuh berupa fragmen atau hancuran, disebut rantai makanan tipe....
A. Parasit
B. detritus
C. Perumput
D. Hama
15. Perbandingan jumlah produsen dan konsumen pada suatu ekosistem tergambar pada sebuah piramida makanan. Yang menempati posisi terbawah pada piramida tersebut adalah ….
A. Konsumen tingkat I
B. Produsen
C. Konsumen tingkat II
D. Konsumen puncak
16. Perhatikan gambar berikut!
Jika pada kedua jaring – jaring makanan ini belalang dibasmi oleh petani maka yang akan terjadi adalah ....
A. Katak dikebun dan di sawah akan punah
B. Burung pipit dikebun dan ayam di sawah akan punah
C. Katak di kebun akan punah sedangkan di sawah tetap hidup
D. Tikus di keduanya akan mengalami peningkatan.
17. Perhatikan gambar berikut!
Jumlah rantai makanan pada jaring-jaring makanan pada gambar adalah ....
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
18. Perhatikan gambar berikut!
Dari gambar di atas maka susunan rantai makanan yang benar adalah ....
A. Tikus - elang - pengurai - tumbuhan
B. Tumbuhan - elang - tikus - pengurai
C. Tumbuhan - tikus - burung - elang - pengurai
D. Tumbuhan - tikus - elang - pengurai
19. Perhatikan gambar berikut!
Dalam ekosistem sawah terdapat rantai makanan sebagai berikut ! Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang akan terjadi adalah ....
A. Populasi ular meningkat
B. Tanaman padi tumbuh dengan baik
C. Populasi elang punah
D. Populasi belalang meningkat
20. Perhatikan gambar berikut !
Berdasarkan gambar rantai makan di atas, jika populasi burung pipit berkurang akan menakibatkan ....
A. Populasi ulat meningkat
B. Populasi elang meningkat
C. Populasi belalang berkurang
D. Populasi tikus meningkat
C.
MENGIDENTIFIKASI GEJALA MEDAN MAGNET
1.
Jika dua buah kutub magnet sejenis berdekatan maka yang terjadi
yaitu ….
A.
tolak menolak
B.
tidak tentu
C.
tarik-menarik
D.
kedua magnet menyatu
2.
Dalam keadaan bebas, kutub magnet batang selalu menunjuk ke
arah utara dan selatan bumi karena ….
A.
letak kutub bumi berada di kutub magnet bumi
B.
letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub
utara bumi
C.
letak kutub magnet bumi berada di kutub utara bumi
D.
letak kutub utara bumi berada di sekitar kutub utara bumi
3.
Orang yang berpendapat bahwa bumi merupakan sebuah magnet
yaitu . . . .
A.
Yohannes Keppler
B.
Blaise Pascal
C.
Michael Faraday
D.
Wiliiam Gelbert
4.
Perhatikan Tabel Berikut!
No. |
Pernyataan |
1. |
Magnet mempunyai dua kutub yaitu kutub utara dan
selatan |
2. |
Kutub magnet senama akan tolak-menolak dan kutub
berlawanan akan tarik-menarik |
3. |
Magnet dapat manarik semua jenis banda |
4. |
Magnet dapat dibuat dengan cara dipukul dengan benda
keras |
5. |
Kekuatan tarikan magnet dapat menembus kaca dan keras |
Pernyataan pada tabel yang merupakan sifat magnet ditunjukkan oleh nomor
....
A.
2, 4, dan 5
B.
2, 3, dan 4
C.
1, 2, dan 5
D.
1, 3, dan 4
5.
Daerah yang berada di sekitar magnet yang terdapat gaya-gaya
magnet dinamakan ….
A.
garis gaya magnet
B.
medan magnet
C.
kutub magnet
D.
magnet elementer
6.
Bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet disebut ….
A.
magnetis
B.
paramagnetik
C.
feromagnetik
D.
diamagnetik
7.
Daerah magnet yang mempunyai gaya tarik atau gaya tolak
terbesar adalah ….
A.
induksi magnet
B.
garis gaya magnet
C.
kutub magnet
D.
medan magnet
8.
Sebuah besi didekatkan dengan sebuah magnet. Besi tersebut
menjadi magnet sehingga dapat menarik sebuah besi di dekatnya. Pernyataan tersebut
merupakan pembuatan magnet dengan menggunakan cara ….
A.
elektromagnet
B.
mengaliri arus listrik
C.
menggosok
D.
induksi
9.
Perhatikan gambar di bawah ini!
N dan O tolak menolak. Jika N adalah kutub Selatan, maka Kutub M, O dan P
secara berturut-turut adalah ….
A.
M = Selatan, O = Utara, dan P = Selatan
B.
M = Selatan, O = Utara, dan P = Utara
C.
M = Utara, O = Utara, dan P = Selatan
D.
M = Utara, O = Selatan, dan P = Utara
10.
Seorang murid melakukan investigasi untuk menguji kekuatan
magnet. Murid tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk dan massa
yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur
kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung ….
A.
massa magnet yang mengangkat klip logam
B.
ukuran magnet yang mengangkat klip logam
C.
klip logam yang tetap menempel pada magnet
D.
jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet
11.
Magnet dapat dibuat dengan cara digosok, induksi, dan
elektromagnetik. Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang
bersifat ….
A.
kuat
B.
sementara
C.
tetap
D.
permanen
12.
Perhatikan gambar berikut!
Berikut dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet
didekatkan maka akan saling tolak menolak adalah gambar ….
A.
1 dan 4
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
13.
Berikut kelompok alat yang memanfaatkan sifat-sifat magnet
yaitu ….
A.
kursi, penutup pintu kulas, dan kipas angin
B.
kompas, ujung obeng, dan penutup kotak pensil
C.
penutup kotak pensil, kursi, dan ujung obeng
D.
penutup kotak pensil, meja, dan kipas angin
14.
Bahan-bahan berikut yang tergolong benda paramagnetik yaitu
….
A.
baja, aluminium, dan kertas
B.
baja, timah, dan aluminium
C.
aluminium, besi, dan tembaga
D.
aluminium, timah, dan tembaga
15.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Kutub magnet yang benar sesuai gambar tersebut adalah
A.
A dan B kutub Utara, C dan D kutub Selatan
B.
A dan C kutub Utara, B dan D kutub Selatan
C.
A dan D kutub Selatan, B dan C kutub Utara
D.
A dan D kutub Utara, B dan C kutub Selatan
16.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
Memiliki medan magnet,
2)
memiliki dua kutub,
3)
dapat menarik semua jenis benda,
4)
kutub magnet yang senama didekatkan akan saling menolak,
5)
kutub magnet yang tak senama saling menarik.
Sifat-sifat magnet ditunjukkan oleh nomor ….
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (2), dan (4)
C.
(2), (3), dan (5)
D.
(3), (4), dan (5)
17.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
memiliki daya tarik paling kuat
2)
berada di ujung magnet
3)
diberi simbol S dan U
Pernyataan tersebut menggambarkan bagian magnet, yaitu ….
A.
sumbu magnet
B.
badan magnet
C.
kutub magnet
D.
pusat magnet
18.
D Arah jarum pada kompas selalu
menunjuk utara dan selatan karena pengaruh ….
A.
ketinggian tempat
B.
magnet buatan
C.
magnet bumi
D.
medan magnet
19.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Cara pembuatan magnet seperti pada gambar secara berurutan adalah ….
A.
(1) menggosok, (2) induksi, (3) elektromagnet, (4) menggosok,
dan (5) elektromagnet
B.
(1) menggosok, (2) elektromagnet, (3) induksi, (4)
elektromagnet, dan (5) menggosok
C.
(1) elektromagnet, (2) induksi, (3) elektromagnet, (4)
menggosok, dan (5) induksi
D.
(1) elektromagnet, (2) menggosok, (3) menggosok, (4) induksi,
dan (5) elektromagnet
20.
d Berikut ini yang bukan merupakan cara
membuat magnet yaitu ….
A.
paku dililit kawat berisolasi dan dialiri listrik DC
B.
baja digosok dengan magnet ke segala arah
C.
besi diletakkan di sekitar magnet
D.
besi digosok dengan magnet ke satu arah
D.
Menerapkan Perilaku Hemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari
1.
Berikut ini yang merupakan usaha untuk menghemat energi
listrik ialah ….
A.
menyalakan lampu di setiap ruangan rumah
B.
menghidupkan kipas angin di ruangan kosong
C.
mencabut charger telepon genggam jika baterai sudah
penuh
D.
menghidupkan mesin pompa air setiap mandi dan mencuci
2.
Menghidupkan televisi dalam waktu lama
A.
Menghidupkan televisi dalam waktu lama
B.
Mematikan peralatan listrik lain saat menghidupkan televisi
C.
Mengatur volume suara sehingga sangat keras
D.
Mengatur intensitas cahaya sehingga tidak terlalu
terang
3.
Cara menghemat energi dalam penggunaan setrika ialah ….
A.
menyesuaikan pengatur panas sehingga panas yang
dihasilkan tidak terlalu tinggi
B.
menggunakan alas setrika yang dapat menyerap panas sehingga
panas dapat digunakan secara optimal
C.
menggunakan setrika yang memiliki daya tinggi sehingga
menghasilkan panas yang optimal
D.
menghubungkan setrika dengan arus listrik dalam waktu lama
sehingga panas yang dihasilkan lebih besar
4.
Salah satu cara menghemat energi listrik pada penggunaan
kipas angin ialah ….
A.
mengatur kecepatan baling-baling kipas
B.
menyalakan kipas di ruangan kosong
C.
membersihkan kipas setiap hari
D.
memilih kipas dengan daya tinggi
5.
Berikut ini yang merupakan usaha untuk menghemat energi
listrik ialah ….
A.
menyalakan lampu di setiap ruangan rumah
B.
menghidupkan kipas angin di ruangan kosong
C.
mencabut charger telepon genggam jika baterai sudah
penuh
D.
menghidupkan mesin pompa air setiap mandi dan mencuci
6.
Dudi senang menonton televisi sepanjang hari hingga larut
malam. Tindakan Dudi ini tidak baik karena ….
A.
Dudi menjadi malas belajar
B.
Dudi menjadi anak yang bodoh
C.
Dudi menggunakan energi listrik berlebihan
D.
Dudi tidak mendengarkan nasehat orang tuanya
7.
Berikut ini yang bukan akibat pemborosan energi listrik yaitu
A.
Dmeningkatnya suhu global yang akan menyebabkan
perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut
B.
meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrim
C.
pembayaran tagihan listrik juga membesar
D.
cadangan listrik semakin bertambah
8.
Penggunaan listrik dipengaruhi oleh sumber energi listrik.
Namun, cadangan sumber listrik sudah mulai berkurang. Langkah yang paling tepat
untuk melakukan penghematan listrik adalah ….
A.
mengganti semua lampu listrik pada malam hari
B.
mengganti lampu pijar dengan LED
C.
mengganti lampu listrik dengan lampu minyak
D.
membangun sumber energi baru
9.
Tindakan berikut ini yang tidak menghemat energi listrik
adalah ….
A.
mematikan lampu meja belajar setelah selesai belajar
B.
mematikan televisi setelah acara selesai
C.
mematikan lampu kamar saat tidur
D.
menyalakan pendingin ruangan saat udara di ruangan
dingin
10.
Salah satu contoh penghematan energi listrik adalah ….
A.
menghidupkan radio sepanjang hari
B.
menyalakan lampu teras pada siang hari
C.
memilih peralatan listrik yang berdaya tinggi
D.
menggunakan mesin cuci saat pakaian kotor sudah banyak
E.
Menentukan planet berdasarkan karakteristik yang dimilikinya
1.
Kumpulan dari matahari, planet dan benda langit lainnya
disebut ….
A.
Galaksi
B.
Tata surya
C.
Bima sakti
D.
Satelit
2.
Perputaran bumi mengelilingi porosnya disebut ....
A.
rotasi bumi
B.
revolusi bumi
C.
evolusi bumi
D.
gerak parabolik
3.
Lintasan planet untuk mengelilingi matahari disebut ....
A.
sirkuit
B.
orbit
C.
jalur planet
D.
asteroid
4.
Dalam satu kali berotasi bumi memerlukan waktu ….
A.
356 hari
B.
365 hari
C.
1 bulan
D.
24 jam
5.
Dalam melakukan satu kali revolusi, bumi memerlukan waktu ....
A.
356 hari
B.
365 ¼ hari
C.
1 bulan
D.
24 jam
6.
Galaksi tempat bumi kita berada saat ini adalah ....
A.
andromeda
B.
bima sakti
C.
nebula
D.
keppler
7.
Phobos dan Deimos adalah satelit yang dimiliki planet ….
A.
Merkurius
B.
Jupiter
C.
Mars
D.
Saturnus
8.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian yang ditunjukkan pada nomor 1 adalah ....
A.
bayangan kabur
B.
bayangan semu
C.
umbra
D.
penumbra
9.
Berikut ini adalah planet-planet yang termasuk anggota planet
dalam adalah ….
A.
Merkurius dan mars
B.
Merkurius, Venus dan Mars
C.
Merkurius, Venus dan Bumi
D.
Merkurus dan Venus
10.
Berikut ini yang bukan akibat rotasi bumi adalah ....
A.
terjadinya siang dan malam
B.
terjadinya gerakan semu harian
C.
terjadinya perbedaan pembagian waktu
D.
terjadinya pergantian musim
11.
Pada bulan Juni kutub selatan bumi berjauhan dengan matahari,
hal ini menyebabkan di kutub selatan terjadi ....
A.
musim semi
B.
musim gugur
C.
musim dingin
D.
dmusim panas
12.
Pasang surut air laut disebabkan oleh ....
A.
rotasi bumi
B.
rotasi bulan
C.
gravitasi bumi
D.
gravitasi bulan
13.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Perubahan fase bulan disebabkan oleh ....
A.
rotasi bulan
B.
revolusi bulan
C.
rotasi bumi
D.
revolusi bumi
14.
Dasar perhitungan tahun masehi adalah ....
A.
peredaran bulan mengitari bumi
B.
peredaran bumi pada porosnya
C.
peredaran bumi mengitari matahari
D.
perputaran bulan mengitari matahari
15.
Bumi memasuki bayang-bayang inti (umbra) bulan, peristiwa ini
menyebabkan terjadinya ....
A.
gerhana matahari sebagian
B.
gerhana matahari total
C.
gerhana bulan sebagIan
D.
gerhana bulan total
16.
Perhitungan kalender hijriah berdasarkan ....
A.
rotasi bumi
B.
revolusi bumi
C.
rotasi bulan
D.
revolusi bulan
17.
Benda langit yang mempunyai garis edar antara lintasan mars
dan yupiter adalah ...
A.
komet
B.
asteroid
C.
meteor
D.
meteorit
18.
Ekor komet terlihat memanjang dan selalu ....
A.
berputar-putar
B.
mendekati matahari
C.
membelakangi arah matahari
D.
dmengarah ke arah matahari
19.
Planet yang memiliki jarak paling jauh dari matahari adalah
....
A.
mars
B.
yupiter
C.
saturnus
D.
neptunus
20.
Cincin yang dimiliki saturnus terdiri dari ....
A.
debu halus, kerikil, dan butiran es
B.
besi, perak, dan
emas
C.
es, debu kasar, dan alumunium
D.
gas, perak, dan
kerikil
21.
meteor yang jatuh sampai ke permukaan bumi disebut ....
A.
meteoroid
B.
komet
C.
bintang jatuh
D.
meteorit
22.
Bintang kejora merupakan julukan dari planet ....
A.
mars
B.
uranus
C.
neptunus
D.
venus
23.
Perhatikan gambar berikut!
urutan planet yang ke 7 adalah ....
A.
bumi
B.
mars
C.
uranus
D.
yupiter
24.
Planet-planet yang berada di tata surya tidak bertabrakan
karena ....
A.
mempunyai berat sendiri-sendiri
B.
mempunyai satelit sendiri-sendiri
C.
mempunyai rotasi sendiri
D.
mempunyai orbit sendiri-sendiri
25.
Gerakan matahari yang seolah-olah terbit di sebelah timur dan
terbenam di sebelah barat disebut ....
A.
gerak semu harian
B.
gerak semu tahunan
C.
gerakan mengelilingi matahari
D.
rotasi bumi
26.
Berikut ini yang termasuk planet dalam adalah ....
A.
merkurius, venus, bumi, mars
B.
yupiter, saturnus, uranus, neptunus
C.
merkurius, bumi, yupiter, uranus
D.
venus, mars, yupiter, saturnus
27.
Planet yang sering disebut kembaran bumi adalah ....
A.
venus
B.
mars
C.
uranus
D.
neptunus
28.
Planet yang memiliki satelit paling banyak adalah ....
A.
bumi
B.
mars
C.
yupiter
D.
neptunus
29.
Bagian bumi yang paling banyak mendapatkan sinar matahari
adalah ....
A.
daerah pegunungan
B.
daerah pantai
C.
daerah kutub
D.
daerah katulistiwa
30.
Kala rotasi dan revolusi bulan yang sama mengakibatkan ....
A.
bagian bulan yang menghadap bumi selalu sama
B.
terjadi pasang surut air laut
C.
terjadi bulan purnama
D.
terjadi bulan sabit
F.
PECAHAN
1.
Aliza memanen 2 2/5
A.
5 20/30
B.
5 11/30
C. 5 14/15
D.
5 11/15
2.
Aishwa memiliki 4 meter pita. Ia menggunakan 1 1/5
A.
1 6/10
B.
1 3/10
C.
1 3/20
D.
1 2/20
3.
Seorang tukang membuat 2/3
A.
2 2/3
B.
2 1/3
C.
1 2/3
D.
1 1/3
4.
Sebuah tangki berisi 5 1/2
A.
10
B.
11
C.
10 1/2
D.
11 1/2
5.
Dalam satu resep dibutuhkan 4/5
A.
2 4/5
B.
2 3/5
C.
2 2/5
D.
2 1/5
6.
Sebuah kolam memuat 3 1/2 galon air. Digunakan untuk menyiram tanaman
sebanyak 1 1/4
A.
2 1/4
B.
2 1/2
C.
2 2/4
D.
2 3/4
7.
Ayah membeli 6 3/4
A.
7
B.
8
C.
9
D.
10
8.
Dalam satu botol terdapat 3/5 liter minyak. Jika ibu membeli 3 1/2 botol. Berapa liter minyak yang ia dapatkan?
A.
2 4/10
B.
2 3/10
C.
2 2/10
D.
2 1/10
9.
Seorang siswa membawa 2 2/3 liter air. Ia minum 3/4 liter saat istirahat dan 4/6
A.
1 1/2
B.
1 1/4
C.
1 2/4
D.
1 3/4
10.
Dalam satu minggu, Edo menghabiskan 1 1/2
A.
9 1/4
B.
9 1/2
C.
10 1/4
D.
10 1/2
11.
Ibu membeli 5 1/2
A. 1/4 m
B. 1/2 m
C. 3/4 m
D.
1 1/4
12. Lisa
membeli 3 1/3
A.
B.
C.
D.
13.
Fendy mempunyai 5 1/4
A.
18
B.
19
C.
21
D.
22
14.
Perhatikan pecahan berikut!
2 1/5
Urutkan pecahahan dari paling besar yaitu ….
A.
2 1/5
B.
2 5/6
C.
2 3/10
D.
2 3/10
15.
Perhatikan pecahan berikut!
6 1/6
Urutan pecahan dari paling kecil yaitu …
A.
6 1/6
B.
6 1/6
C.
6 3/8
D.
6 3/8
16.
Perhatikan gambar berikut
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik dari gambar yang diasir adalah
….
A. >
B.
≥
C. <
D.
=
17.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik dari gambar yang diasir adalah
….
A. >
B.
≥
C. <
D.
=
18.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik dari gambar yang diasir adalah
…
A. >
B.
≥
C. <
D.
d
19. 3/6 ..... 3/5
A. >
B. <
C. ≥
D. =
20. 1 1/3 .... 5/3
A.
>
B.
<
C.
≥
D. =
G.
SIFAT BANGUN DATAR
1.
Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut ini!
1)
Mempunyai 2 pasang sisi sama panjang
2)
Mempunyai sepasang sudut sama besar
3)
Diagonal-diagonalnya berpotongan tegak lurus
Bangun datar yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah ....
A.
persegi
B.
jajargenjang
C.
layang-layang
D.
belah ketupat
2.
Sebuah bangun datar memiliki sifat-sifat berikut ini!
1)
Memiliki 4 sisi sama panjang
2)
Memiliki dua pasang sudut sama besar
3)
Kedua diagonal saling berpotongan tegak lurus
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
persegi
B.
persegi panjang
C.
belah ketupat
D.
jajargenjang
3.
Perhatikan sifat berikut!
1)
simetri lipat dan simetri putar tidak terhingga
2)
merupakan kurva tutup sederhana
3)
mempunyait titik pusat
4)
mempunyai garis tengah (diameter) panjangnya 2x jari-jari
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
persegi panjang
B.
lingkaran
C.
trapesium
D.
jajar genjang
4.
Perhatikan sifat berikut!
1)
Memiliki 1 simetri lipat
2)
Mempunyai 4 sisi, dengan sepasang sisi sejajar
3)
Mempunyai 4 sudut
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
Trapesium sama kaki
B.
Segitiga
C.
Jajar genjang
D.
Trapesium siku-siku
5.
Perhatikan sifat berikut!
1)
Memiliki dua sisi sejajar:
2)
Tidak memiliki sumbu simetri:
3)
Dua diagonal berbeda panjang:
4)
Memiliki 2 sudut besarnya 900
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
Trapesium sama kaki
B.
segitiga
C.
Jajar genjang
D.
Trapesium siku-siku
6.
Perhatikan sifat berikut!
1)
Memiliki 4 simetri lipat dan 4 simetri putar
2)
Keempat sisinya sama panjang
3)
Keempat sudutnya sama besar
4)
Memiliki 2 diagonal yang sama panjang, saling tegak lurus dan
berpotongan di suatu titik
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
Persegi
B.
Persegi panjang
C.
Segitiga
D.
Jajar genjang
7.
Perhatikan sifat berikut!
1)
mempunyai 2 simetri putar dan tidak memiliki simetri lipat
2)
mempunyai 4 sisi,dengan sisi yang berhadapan sama panjang dan
sejajar
3)
mempunyai 4 sudut ,terdiri atas dua sudut lancip dan dua
sudut tumpul
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
layang layang
B.
trapesium
C.
jajar genjang
D.
lingkaran
8.
Perhatikan sifat berikut!
1)
memiliki empat sisi, dengan sisi yang berhadapan sama panjang
dan sejajar.
2)
keempat sudutnya adalah sudut siku-siku (90 derajat)
3)
diagonalnya sama panjang serta saling membagi dua sama
panjang
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
layang-layang
B.
persegi
C.
jajar genjang
D.
persegi panjang
9.
Perhatikan sifat bangun datar berikut!
1)
Memiliki 2 sisi yang sama panjang.
2)
Memiliki 2 sudut yang sama besar.
3)
Memiliki 3 sudut, dan 3 sisi
4)
Memiliki 1 sumbu simetri.
5)
Memiliki 1 simetri lipat.
6)
Memiliki 1 simetri putar.
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
segitiga sama kaki
B.
segitiga siku-siku
C.
segitiga sama sisi
D.
jajar genjang
10.
Perhatikan sifat bangun datar berikut!
1)
memiliki 3 sisi sama besar
2)
memiliki Memiliki 3 sumbu simetri.
3)
memiliki 3 sudut sama besar
4)
Memiliki 3 sumbu simetri.
5)
Memiliki 3 simetri lipat.
6)
Memiliki 3 simetri putar.
Bangun datar yang dimaksud adalah ....
A.
Segitiga sama kaki
B.
Segitiga siku-siku
C.
Segitiga sama sisi
D.
Jajar genjang
H.
KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR
1.
Sebuah persegi memiliki panjang sisi 5 cm, maka keliling
persegi tersebut adalah ….
A.
15 cm
B.
20 cm
C.
25 cm
D.
30 cm
2.
Sebuah persegi panjang memiliki ukuran panjang 10 cm dan
lebar 4 cm, maka keliling persegi panjang tersebut adalah ….
A.
14 cm
B.
18 cm
C.
24 cm
D.
28 cm
3.
Sebuah segitiga sama sisi memiliki panjang sisinya 7 cm, maka
keliling segitiga tersebut adalah ….
A.
21 cm
B.
24 cm
C.
27 cm
D.
28 cm
4.
Perhaikan gambar segitiga di bawah ini!
Luas segitiga
pada gambar di atas adalah ….
A.
34 cm2
B.
68 cm2
C.
120 cm2
D.
240 cm2
5.
Ayah membeli sebuah tanah berbentuk persegi panjang dengan
ukuran panjangnya 25 m dan lebarnya 10 m. Luas tanah yang dibeli Ayah adalah ….
A.
35 cm2
B.
50 cm2
C.
70 cm2
D.
250 cm2
6.
Kakak berlari mengelilingi sebuah lapangan yang berbentuk
persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan 20 m dan lebar 12 m. Jarak
tempuh kakak berlari jika ia berlari mengelilingi lapangan tersebut sebanyak 2
kali adalah ….
A.
300 cm
B.
240 cm
C.
128 cm
D.
64 cm
I.
SOAL MEAN, MEDIAN DAN MODUS
1.
Perhatikan nilai di bawah ini!
5, 6, 7, 4, 3, 5, 4, 9, 5,
10, 7, 6, 3, 4, 5, 4 10, 4
Modus dari data di atas adalah ....
A.
4
B.
5
C.
6
D.
10
2.
Nilai hasil ulangan matematika dari 12 siswa adalah sebagai
berikut:
6, 8, 5, 7, 6, 8, 5, 9, 6, 6, 8, 7
Median dari data tersebut adalah . . . .
A.
6,5
B.
6
C.
7
D.
8
3.
Perhatikan nilai di bawah ini!
4,5,5,2,3,3,2,8
Rata-rata dari data di atas adalah ....
A.
40
B.
4
C.
24
D.
256
4.
Perhatikan tabel di bawah ini!
Mean dari tabel di samping adalah ....
A.
4,8
B.
5,0
C.
5,2
D.
5,4
5.
Seorang pedagang semangka dalam 10 hari terakhir dapat
menjual mangga (dalam kg) sebagai berikut.
15, 18, 20, 22, 17, 10, 15, 17, 14, 12,
Rata-rata melon yang terjual setiap hari sebanyak .... kg
A.
16
B.
17
C.
18
D.
19
J.
MENENTUKAN KONDISI ALAM SUATU NEGARA DAN PEMANFAATANNYA
1.
New Zealand merupakan sebuah negara di Benua Australia yang
sangat terkenal dengan produk pertanian dan peternakannya. Cara yang dilakukan
negara tersebut agar hasil pertanian dan peternakan berkualitas yaitu ….
A.
Meningkatkan jumlah produksinya
B.
Memberi subsidi kepada petani dan peternak
C.
Inovasi teknologi di sektor agrikltur
D.
Menekan biaya produksi agar dijual mura
2.
Belanda merupakan negara yang rawan banjir. Dua pertiga
wilayahh Belanda lebih rendah dari permukaan ari laut. Alat yang digunakan
Belanda agar air keluar dari dataran rendah ke sungau yaitu ….
A.
Kincir angin
B.
Kincir air
C.
Panel surya
D.
generator
3.
Letak Islandia di wilayah punggung tengah samudera atlantik
dan batas lempeng tektonik menyebabkan Islandia kaya akan pans bumi. Potensi
panas bumi di negara tersebut dimanfaatkan untuk ….
A.
Sumber energi fosil
B.
Pembangkit listrik
C.
Perkembangan teknologi
D.
Pertanian dan peternakan
4.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukan bentang alam yang ada di Swiss. Bentang alam
tersebut dipergunakan sebagai industri pariwisata dan olahraga musim dingin
seperti …..
A.
Panjat tebing
B.
Hoki es
C.
snowboarding
D.
snorkeling
5.
Denmark berara di antara Laut Utara dan Laut Baltic. Kondisi
ini membuat Denmark menjadi area yang banyak mengalami angin kencang. Angin
kencang tersebut dimanfaatkan sebagai ….
A. Penggerak kapal-kapal barang
B. Pengatur panas bumi
C. Sumber energi fosil
D. Sumber energi terbarukan
6.
Negara yang memanfaatkan karakteristik kondisi geografisnya
untuk mengembangkan turbin angin yatu …..
A.
Argentina
B.
Rusia
C.
Filipina China
D.
China
7.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar di atas menunjukan kondisi geografis negara Australia. Potensi yang
dapat dioptimalkan dari kondisi tersebut yaitu ….
A.
Industri
B.
Ekonomi kreatif
C.
Peternakan
D.
Manufaktur
8.
Perhatikan tabel berikut!
No. |
Negara |
1 |
Belgia |
2 |
Italia |
3 |
Indonesia |
4 |
Brunei Darussalam |
Negara-negara yang memiliki sumber daya alam melimpah karena kondisi
geografisnya ditunjukan oleh nomor …..
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
9.
Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, yang membuatnya rentan
terhadap gempa bumi. Jepang mengupayakan mitigasi gempa bumi, salah satunya
dengan cara ….
A.
Membuat teknologi pencegah gempa bumi
B.
Inovasi pada struktur bangunan
C.
Memberikan edukasi pencegahan gempa
D.
Membangun bendungan dan waduk
10.
Indonesia harus belajar dari negara-negara maju seperti
Belanda, Denmark, dan Jepang. Hal yang dapat dicontoh Indonesia dari negara
maju tersebut yaitu ….
A.
Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam
B.
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
C.
Restrukturisasi industri menjadi padat karya
D.
Merekut pegawai pemerintahan sebanyak-banyaknya
11.
Selandia Baru memanfaakan kondisi geografisnya melalui
peternakan dan pertanian. Kondisi geografis dari Selandia Baru yaitu ….
A.
Negara kepulauan
B.
Dataran rendah dan padang rumput
C.
Berada di antara dua laut
D.
Gurun dan sahara
12.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Negara pada gambar di atas dapat menjadi negara maju karena mampu mengoptimalisasi
potensi negaranya yaitu ….
A.
Memaksimalkan sumber daya alam
B.
Kegiatan impor lebih banyak daripada ekspor
C.
Masysarakatnya dituntut menguasai teknologi mutakhir
D.
Destinasi pariwisata unggul dan terbaik di dunia
13.
Perhatikan tabel berikut!
No. |
Negara |
1 |
Indonesia |
2 |
Laos |
3 |
Nepal |
4 |
Afghanistan |
Negara yang memanfaatkan keindahan pantainya untuk destinasi wisata yaitu ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
14.
Komoditas unggulan Indonesia yang banyak diminati oleh
negara-negara di dunia yaitu ….
A.
Gandum
B.
Beras
C.
Batu bara
D.
Semen
15.
Thailand memiliki tanah yang subur dan dilewati sungi-sungai
besar. Iklim tropis yang lembab di Thailand sangat cocok untuk mengembangkan
pertanian. Hasil pertanian unggulan Thailand yaitu ….
A.
beras
B.
kentang
C.
jagung
D.
singkong
K.
MENENTUKAN BUDAYA KHAS INDONESIA (SENI DAN BUDAYA)
1.
Kesenian yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dan
biasanya dilakukan pada saat acara pernikahan adalah?
A.
Jaipongan
B.
Gending
C.
Tari Piring
D.
Tari Topeng
2.
Alat musik tradisional yang biasa dimainkan oleh masyarakat
Sunda adalah?
A.
Angklung
B.
Kolintang
C.
Gong
D.
Gamelan
3.
Salah satu teknik melukis dengan menggunakan bahan lilin
sebagai penghalang pada permukaan kertas atau kanvas adalah?
A.
Kolase
B.
Batik
C.
Ukir kayu
D.
Grafis
4.
Karya seni rupa yang dibuat dengan teknik memotong kertas
atau bahan lainnya untuk dijadikan bentuk gambar atau hiasan adalah?
A.
Kolase
B.
Patung
C.
Mural
D.
Tato
5.
Teknik pembuatan karya seni rupa dengan memahat atau memotong
bahan kayu, batu, atau logam disebut?
A.
Grafis
B.
Batik
C.
Patung
D.
Ukir kayu
6.
Pakaian adat dari Sumatera Barat yang terkenal dengan
motifnya yang berwarna-warni adalah ....
A.
Kebaya
B.
Songket
C.
Ulos
D.
Sarung
7.
Lukisan batik berasal dari daerah?
A.
Yogyakarta
B.
Bali
C.
Sumatra Barat
D.
Aceh
8.
Contoh benda yang termasuk seni rupa murni adalah...
A.
Bingkai lukisan
B.
Patung
C.
Topeng
D.
Kerajinan Perak
9.
Pembuatan patung dari bahan batu dilakukan dengan teknik ....
A.
Ukir
B.
Pahat
C.
Tempa
D.
dTempel
10.
Daerah-daerah berikut adalah penghasil keramik di Indonesia,
kecuali...
A.
Yogyakarta
B.
Lombok
C.
Papua
D.
Purwakarta
11.
O Ina Ni Keke merupakan Lagu daerah yang berasal dari...
A.
Sulawesi Utara
B.
Sulawesi Selatan
C.
Kalimantan Utara
D.
Lampung
12.
Alat musik Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal
dari ....
A.
Papua
B.
Aceh
C.
Sulawesi
D.
Jawa Timur
13.
Fungsi pola lantai pada sebuah tarian adalah ….
A.
Tampilan tari lebih menarik dan indah
B.
Memudahkan dalam mengingat gerakan
C.
Meminimalisasi kesalahan dalam gerakan
D.
Memadukan gerakan dasar dan gerakan kreasi
14.
Suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan,
mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa)
kepada konsumen disebut ….
A.
Seni kriya
B.
Seni murni
C.
Etalase
D.
Reklame
15.
Yang bukan termasuk alat musik modern adalah...
A.
Gitar Akustik
B.
Gamelan
C.
Saxophone
D.
Gitar Elektrik
L.
PERLAWANAN RAKYAT INDONESIA TERHADAP PENJAJAHAN BELANDA
1.
Tujuan pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam
paksa adalah ….
A.
mengisi kekosongan kas negara Indonesia
B.
meningkatkan produksi barang ekspor
C.
mengatasi kesulitan keuangan kerajaan Belanda
D.
membiayai perang yang dilakukan oleh Belanda
2.
Memasuki abad ke-19 keadaan di Jawa, khususnya di Surakarta
dan Yogyakarta memprihatinkan. Pangeran Diponegoro sangat marah dan menyatakan
perang dibantu pasukan kerjaan. Berikut ini salah satu penyebabnya yaitu ….
A.
Belanda menaikkan pajak
B.
Belanda memunculkan budaya Timur
C.
Belanda menerapkan romusha
D.
Belanda mengadu domba pribumi
3.
Perhatikan gambar di bawah!
Tokoh pahlawan nasional yang terkenal dalam Perang Jawa, memimpin pasukan
kerajaan untuk berperang melawan pasukan Belanda ditunjukkan oleh gambar nomor
….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
4.
Pangeran Diponegoro menerapkan taktik yang dapat membuat
Belanda mengalami banyak kekalahan saat menghadapi pasukan Pangeran Diponegoro.
Bahkan Belanda sampai harus memanggil bala bantuan tentara Belanda dari wilayah
lain. Taktik tersebut dinamakan gerilya yaitu perlawanan dengan cara ….
A.
menggunakan senjata tajam
B.
menyebarkan informasi propaganda
C.
menyerbu pasukan terlemah
D.
menyerang secara tiba-tiba
5.
Belanda yang dipimpin Jenderal de Kock menerapkan strategi
baru yang dapat mempersempit ruang gerak pasukan Diponegoro sehingga terpaksa
berunding dengan Belanda. Strategi baru yang dimaksud bernama ….
A.
cultuurstelsel
B.
devide et impera
C.
benteng Stelsel
D.
diplomatik
6.
Alasan Perang Diponegoro atau dikenal dengan Perang Jawa
dimasukkan dalam The Great War oleh Eropa yaitu karena ….
A.
berhasil mengalahkan seluruh pasukkan Belanda
B.
berhasil membuat Belanda sampai mengerahkan 50.000
tentara
C.
berhasil menangkap pimpinan pasukan Belanda, Jenderal de Kock
D.
berhasil mengusir pasukan Belanda dari Surakarta dan
Yogyakarta
7.
Pangeran Diponegoro meninggal di pengasingan pada tahun 1855,
di daerah ….
A.
Jawa Barat
B.
Jawa tengah
C.
Kalimantan Timur
D.
Sulawesi Selatan
8.
Perhatikan gambar di bawah!
Perang Padri merupakan perang yang bermula dari pertentangan antara kaum
adat dengan kaum agama terkait praktek keagamaan. Perang tersebut terjadi di
wilayah Indonesia yang ditunjukkan oleh nomor ….
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
9.
Perhatikan tabel berikut!
No |
Pernyataan-pernyataan |
1 |
Jenderal Soedirman adalah salah satu pahlawan perang
Padri |
2 |
Kaum adat di tanah Minangkabau disebut juga kaum
Padri |
3 |
Tuanku Imam Bonjol memimpin kaum Padri di Minangkabau |
4 |
Jabatan Datuk Bandaro digantikan oleh Tuanku Imam
Bonjol |
Pernyataan di samping yang benar berkaitan dengan Perang Padri ditunjukkan
oleh pernyataan nomor …
A.
1 dan 2
B.
1 dan 4
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
10.
Pihak yang mengalami kekalahan dalam perang sehingga meminta
bantuan tentara Belanda yang ada di wilayah Minangkabau yaitu ….
A.
kaum Adat
B.
kaum Agama
C.
kaum Ambarawa
D.
rakyat Indonesia
11.
Strategi yang digunakan oleh pimpinan pasukan dalam
melaksanakan perlawanan terhadap Belanda saat Perang Padri, sehingga berhasil
mengacukan pasukan Belanda yaitu ….
A.
gerilya
B.
benteng stelsel
C.
gerakan bawah tanah
D.
gencatan senjata
12.
Tuanku Imam Bonjol berhasil ditangkap Belanda pada tanggal 25
Oktober 1837. Kemudian, Tuanku Imam Bonjol diasingkan ke ….
A.
Kudus
B.
Boyolali
C.
Cianjur
D.
Semarang
13.
Siapakah tokoh pahlawan Indonesia yang memimpin perlawanan di
Maluku melawan penjajah Belanda?
A.
Tuanku Imam Bonjol
B.
Cut Nyak Dien
C.
Pattimura
D.
Sultan Hasanuddin
14.
Siapakah tokoh dari Aceh yang dikenal gigih melawan Belanda
dan gugur di medan perang?
A.
Sultan Agung
B.
Sultan Hasanuddin
C.
Teuku Umar
D.
Pattimura
15.
Di antara tokoh berikut, siapa yang dikenal sebagai pemimpin
perlawanan rakyat Banten melawan penjajah Belanda pada abad ke-19?
A.
Sultan Hasanuddin
B.
Pangeran Diponegoro
C.
Sultan Ageng Tirtayasa
D.
Cut Nyak Dien
16.
Apa nama perang yang terjadi di Bali pada tahun 1906 saat
rakyat Bali melakukan perlawanan terakhir melawan Belanda?
A.
Perang Padri
B.
Perang Diponegoro
C.
Perang Puputan
D.
Perang Aceh
17.
Di bawah ini, siapa yang dikenal sebagai tokoh dari
perlawanan rakyat Aceh melawan penjajahan Belanda selain Teuku Umar?
A.
Sultan Agung
B.
Diponegoro
C.
Pattimura
D.
Cut Nyak Dien
18.
Pahlawan nasional dari Sulawesi Selatan yang dikenal karena
perjuangannya melawan VOC pada abad ke-17 adalah ….
A.
Sultan Hasanuddin
B.
Sultan Mahmud Badaruddin
C.
Pattimura
D.
Gajah Mada
19.
Perlawanan rakyat Tapanuli melawan Belanda pada awal abad
ke-20 dipimpin oleh seorang tokoh yang bernama …..
A.
Sisingamangaraja XII
B.
Sultan Agung
C.
Tuanku Imam Bonjol
D.
Pangeran Diponegoro
20.
Perusahaan dagang Belanda yang datang ke Indonesia untuk menguasai
perdagangan rempah-rempah adalah ….
A.
VOC
B.
EIC
C.
VOCM
D.
KNIL
21.
Pertempuran yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945
diperingati sebagai ….
A.
Hari Kebangkitan Nasional
B.
Hari Pahlawan
C.
Hari Kemerdekaan
D.
Hari Sumpah Pemuda
22.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan gambar di samping ….
A.
lahirnya organisasi Muhammadiyah
B.
organisasi yang bersifat radikal
C.
awal mula masa pergerakan nasional
D.
dorganisasi yang mengatasnamakan daerah
23.
Peristiwa apakah yang terjadi pada 20 Mei 1908 dan menjadi
tonggak awal kebangkitan nasional di Indonesia?
A.
Proklamasi Kemerdekaan
B.
Sumpah Pemuda
C.
Lahirnya Boedi Oetomo
D.
Pertempuran Surabaya
24.
Pada tahun 1928, para pemuda dari seluruh Nusantara
mengadakan kongres yang menghasilkan Sumpah Pemuda. Dimanakah kongres tersebut
berlangsung?
A.
Jakarta
B.
Surabaya
C.
Bandung
D.
Yogyakarta
25.
Perhatikan tabel di bawah ini!
No |
Pernyataan-pernyataan |
1 |
Perjuangan masih bersifat ke daerahan |
2 |
Kurang banyaknya rakyat Indonesia yang berjuang |
3 |
Belum ada rasa persatuan dan kesatuan atas nama
Indonesia |
4 |
Kurang banyaknya organisasi pergerakan nasional dari
kaum terpelajar |
Pada masa penjajahan, kehidupan rakyat Indonesia sangat menderita. Adanya
rasa ingin terbebas dari penindasan dan penjajahan dari rakyat Indonesia
melalui berbagai perlawanan. Namun, perjungan tersebut gagal mengusir para
penjajah. Alasan kegagalan tersebut ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
26.
Beberapa organisasi yang muncul pada masa pergerakan nasional
dan berhaluan moderat yaitu ….
A.
Partindo dan PI
B.
MIAI dan PKI
C.
GAPI dan PI
D.
Partindo dan GAPI
27.
Berikut ini salah satu faktor penyebab lahirnya pergerakan
nasional di Indonesia yaitu ….
A.
masuknya paham komunisme
B.
kalahnya angkatan laut Amerika
C.
lahirnya cendikiawan
D.
adanya perang saudara di daerah
28.
Sumpah Pemuda dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 1928
yang menandakan adanya upaya untuk mempersatukan para pemuda dan pemudi di
Indonesia. Bait ketiga dari teks Sumpah Pemuda yaitu."Kami putra dan putri
Indonesia ….
A.
menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
B.
mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
C.
menghargai perbedaan yang ada, perbedaan suku dan agama
D.
mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
29.
Setelah proklamasi kemerdekaan, peristiwa penting yang
melibatkan pertempuran besar di Ambarawa pada bulan Desember 1945 dipimpin oleh
….
A.
Jenderal Soedirman
B.
Jenderal Gatot Subroto
C.
Jenderal Nasution
D.
Jenderal Ahmad Yani
30.
Agresi militer yang dilancarkan oleh Belanda setelah
kemerdekaan Indonesia bertujuan untuk ….
A.
Mengajak Indonesia bergabung dalam persemakmuran
B.
Memperkuat hubungan dagang dengan Indonesia
C.
Membantu Indonesia melawan penjajah lain
D.
Menguasai kembali daerah-daerah strategis di Indonesia
M.
PRODUK UNGGULAN DAN DAERAH ASAL
1.
Daerah yang memiliki ciri khas, keunggulan dan keistimewaan
akan memuat daerah tersebut dikenal masyarakat. Salah satu wujudnya tampak
dalam warisan budaya seperti alat musik angklung yang berasal dari daerah ….
A.
Sumatera Utara
B.
Jawa Barat
C.
Jawa Timur
D.
Bali
2.
Pempek merupakan makanan tradisional yang saat ini sudah
mendunia. Makanan tersebut berasal dari daerah ….
A.
Lampung
B.
Sumatera Selatan
C.
Sumatera Utara
D.
Sumatera barat
3.
Rendang merupakan masakan berbahan dasar daging yang berasal
dari daerah ….
A.
Banten
B.
Sumatera Selatan
C.
Sumatera Utara
D.
Sumatera Barat
4.
Berikut contoh makanan khas dari Jakarta yaitu ….
A.
Kacang Asin
B.
Gado-gado
C.
Tahu Sumedang
D.
Bolang baling
5.
Gudeg merupakan makanan khas daerah ….
A.
Sumatera Utara
B.
Kalimantan Barat
C.
Jawa Timur
D.
Yogyakarta
6.
Contoh makanan khas dari Jawa Timur yaitu ….
A.
Rujak cingur
B.
Lumpia
C.
Wingko babat
D.
Gudeg
7.
Daerah membuat makanan khas daerah Bika Ambon yaitu ….
A.
Jawa Tengah
B.
Jawab Barat
C.
Jawa Timur
D.
Sumatera Utara
8.
Banyak mengguakan santan dalam masakan, merupakan ciri
makanan khas daerah ….
A.
Kalimantan Timur
B.
Jawa Barat
C.
Jawa Timur
D.
Jawa Tengah
9.
Golok berasal dari daerah ….
A.
Lampung
B.
Surabaya
C.
Jawa Tengah
D.
Banten
10.
Kujang senjata dari daerah ….
A.
Sumatera barat
B.
Kalimantan barat
C.
Jawa Barat
D.
NTB
11.
Rumah adat Gendang Purang. Rumah yang memiliki 12 sisi
pancuran untuk air hujan pada bagian atap ini merupakan rumah adat suku yang
tinggal di wilayah?
A.
Gayo
B.
Mamasa
C.
Manggarai
D.
Gorontalo
12.
Contoh produk unggulan daerah Jawa Tengah adalah ….
A.
Batik Pekalongan
B.
Ikan Asin
C.
Kopi Gayo
D.
Tahu Sumedang
13.
Kuah Sie Itek merupakan kuliner khas ….
A.
Riau
B.
Aceh
C.
Banten
D.
Bali
14.
Alat musik Sasando merukan alat musik yang menyerupai kecapi
atau harpa yang berasal dari daerah ….
A.
Bali
B.
NTB
C.
NTT
D.
Maluku
15.
Alat musik Tifa yang berbentuk tabung, menyerupai gendang,
dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan merupakan alat musik dari
daerah ….
A.
Aceh
B.
Kalimantan Barat
C.
Sulawesi Utara
D.
Papua
N.
TEKS SASTRA
1.
Perhatikan pantun rumpang berikut!
Kalau ada jarum yang patah
Jangan disimpan di dalam peti
...............................................
……………………………..
Baris isi yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah …
A.
Kita harus rajin bersekolah,
Janganlah dulu utamakan main.
B.
Kalau ada kata yang salah,
Jangan disimpan di dalam hati.
C.
Ayo kawan rajin membaca,
Tuk meluaskan wawasan.
D.
Rindu aku pada sekolah,
Sekolah yang bersih dan indah.
2.
Perhatikan pantun rumpang berikut!
……………………………………
Kalau tidak bisa berenang.
Buat apa berparas cantik,
Kalau tidak mau sembahyang.
Baris untuk melengkapi isi pantun adalah ...
A.
Buat apa berparas cantik.
B.
Siapa yang banyak duit.
C.
Untuk orang yang sakit.
D.
Buat apa membawa itik.
3.
Perhatikan pantun rumpang berikut!
Sungguh cantik ikan louhan
…………………………..
Ayo kawan jaga kebersihan
Kebersihan itu sebagian dari iman
Baris yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
A.
Berenang bebas di kolam
B.
Hidup nyaman di kolam taman
C.
Tak secantik wajah ibuku
D.
Berenang bersama ikan emas
4.
Perhatikan pantun rumpang berikut!
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
………………………….
…………………………
Larik yang tepat untuk melengkapi isi pantun adalah ….
A.
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya hidupmu bahagia
B.
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya kamu tidak sengsara
C.
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya kamu tidak ketinggalan
D.
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya selamat dunia akhirat
5.
Perhatikan pantun rumpang berikut!
Kalau piknik di tepi pantai,
pulanglah sebelum hari senja.
………………………………
……………………………..
Baris untuk melengkapi pantun adalah ....
A.
Kalau adik ingin pandai,
belajarlah sambil berdoa
B.
Berkawanlah jangan berkelahi
agar kita banyak uangnya
C.
Mari kawan kita bersantai
hidup kita pasti kan bahagia
D.
Kalau kamu ingin pandai,
jangan lupa sering berkelana
6.
Perhatikan pantun berikut!
Bunga melati semerbak nan wangi
terlihat mekar berseri di dalam taman
Hilangkanlah congkak dan iri hati
Agar banyak teman hidup pun nyaman
esan dalam pantun di atas adalah ....
A.
Kita harus bebas dari rasa congkak dan iri hati agar dipuji
teman.
B.
Orang yang congkak dan iri hati, hidupnya nyaman serta banyak
teman.
C.
Kita tidak boleh iri hati terhadap teman yang hidupnya
nyaman.
D.
Jadi orang jangan congkak dan iri hati agar hidup
nyaman dan banyak teman
7.
Perhatikan pantun di bawah ini!
Jalan-jalan di pagi hari
Memakai topi berwarna merah
Olahraga setiap hari
Memperlancar peredaran darah
Makna yang terkandung dalam pantun di atas adalah ….
A.
Memakai topi dapat memperlancar peredaran darah
B.
Jalan - jalan pagi harus memakai topi
C.
Olahraga setiap hari dapat memperlancar peredaran darah
D.
Topi merah biasa dipakai untuk olahraga
8.
Perhatikan pantun di bawah ini!
Jalan-jalan ke pulau Seribu
Bersama-sama orang tua
Tekun belajar menuntut ilmu
Untuk bekal di hari tua
Amanat yang disampaikan pada pantun di atas adalah ….
A.
Kalau jalan - jalan harus mengajak orangtua
B.
Orangtua senang menuntut ilmu
C.
Kita harus tekun belajar sebagai bekal kita di hari tua
nanti
D.
Kita harus belajar bersama orangtua
9.
Perhatikan pantun berikut!
Tinta hitam untuk menulis
Pensil warna untuk melukis
Ilmu itu tak pernah habis
Turun temurun ke ahli waris
Pesan dalam pantun di atas adalah ....
A.
Ilmu adalah sesuatu yang dapat diwariskan secara turun
temurun
B.
Ilmu adalah harta yang bisa diberikan kepada ahli waris
C.
Ilmu dapat membuat kita memiliki banyak warisan
D.
Ilmu ternilai harganya sehingga bisa menjadi sebuah warisan
10.
Perhatikan pantun berikut!
Di tepi kali saya singgah
Menghilang penat menahan jerat
Orang tua jangan disanggah
Agar selamat dunia akhirat
Pesan dari pantun tersebut adalah ….
A.
Jika lelah istirahatlah di tepi sungai.
B.
Kita kadang-kadang harus menghormati orang tua.
C.
Kita tidak boleh membantah perintah orang tua.
D.
Kita harus menyayangi orang tua.
11.
Lengkapilah puisi akrostik berikut agar membentuk kata
"IBU":
I - Indah senyummu di pagi hari
B - __________
U - Utuh kasihmu sepanjang waktu
Kalimat yang tepat melengkapi awaln B adalah ….
A.
Bintang di langit jadi temanmu
B.
Bimbinganmu jadi cahaya hidupku
C.
Bercanda riang bersama teman
D.
Baru pulang dari belanja
12.
Lengkapilah puisi akrostik berikut agar membentuk kata
“CINTA”:
C - Canda tawa hadir setiap hari
I - __________
N - Nyaman bersamamu tak terganti
T - Tiada hari tanpa senyuman
A - Aku bahagia mengenalmu
Kalimat yang tepat melengkapi awaln I adalah ….
A.
Ingatanku selalu tentangmu
B.
Isi lemari penuh makanan
C.
Indah nian pemandangan itu
D.
Ikat rambutku longgar sekali
13.
Lengkapilah puisi akrostik berikut agar membentuk kata
“ALAM”:
A - Alam semesta penuh warna
L - Lembut hembusan angin menyejukkan
A - __________
M - Menyimpan berjuta keindahan
Kalimat yang tepat melengkapi awaln A adalah ….
A.
Aku pergi ke sekolah
B.
Anak-anak bermain bola
C.
Air mengalir dari pegunungan
D.
Asyik bermain di halaman
14.
Lengkapilah puisi akrostik berikut agar membentuk kata
“SAHABAT”:
S - Senyummu selalu kurindukan
A - Aku tak ingin kehilanganmu
H - Hadirmu memberi warna hidup
A - __________
B - Bersamamu tak pern
A - Aku bersyukur memilikimu
T - Teman sejati yang setia
Kalimat yang tepat melengkapi awaln A adalah ….
A.
Aku lapar dan haus
B.
Aku pergi ke pasar
C.
Aku tertawa karena lucu
D.
Aku percaya kau sahabatku
15.
Lengkapilah puisi akrostik berikut agar membentuk kata “MERDEKA”:
M - Menjadi bangsa yang berani
E - Enggan dijajah kembali
R - Rakyat bersatu membela negeri
D - Damai selalu dalam hati
E - __________
K - Kita jaga tanah pusaka
A - Aman dan makmur selamanya
Kalimat yang tepat melengkapi awaln E adalah ….
A.
Es krim rasanya enak
B.
Esok cerah menyinari pagi
C.
Engkau pahlawan sejati
D.
Elang terbang tinggi sekali
16.
Perhatikan puisi berikut!
Ibu
Dalam pelukmu, aku tenang
Dalam doamu, aku kuat
Kau cahaya dalam gelap
Penuntun langkah tanpa lelah
Apa isi utama dari puisi tersebut?
A.
Ibu selalu menyuruh anaknya belajar
B.
Ibu adalah sosok yang penuh kasih dan pengorbanan
C.
Ibu senang berjalan di malam hari
D.
Ibu suka berbicara dalam gelap
17.
Perhatikan puisi berikut!
Hujan
Rintik-rintik menari di jendela
Membasuh bumi yang gersang
Daun menengadah, tanah tersenyum
Alam bersyukur atas karunia
Apa makna yang dapat diambil dari puisi tersebut?
A.
Hujan membuat semua orang malas
B.
Hujan adalah bencana yang harus dihindari
C.
Hujan membawa berkah bagi alam
D.
Hujan hanya membuat jendela basah
18.
Perhatikan puisi berikut!
Sekolahku
Di sinilah aku belajar
Mengenal dunia dan masa depan
Bersama guru dan teman
Menggapai cita penuh harapan
Apa isi utama dari puisi tersebut?
A.
Tentang kegiatan bermain di rumah
B.
Tentang tempat anak-anak berkumpul untuk liburan
C.
Tentang pentingnya sekolah sebagai tempat belajar
D.
Tentang guru yang sedang marah
19.
Perhatikan puisi berikut!
Sahabat
Saat aku jatuh, kau datang
Saat aku sedih, kau hibur
Kita tertawa, menangis bersama
Sahabat sejati tak terganti
Apa isi utama dari puisi tersebut?
A.
Persahabatan yang tulus dan saling mendukung
B.
Sahabat sering bertengkar
C.
Sahabat hanya datang saat senang
D.
Persahabatan harus dijauhi
20.
Perhatikan puisi berikut!
Mentari Pagi
Mentari pagi tersenyum cerah,
Mengusir dingin yang semalam lelah.
Burung bernyanyi penuh suka,
Menyambut hari dengan semangat jiwa.
Apa isi utama dari puisi tersebut?
A.
Tentang burung yang sedang tidur
B.
Tentang malam yang gelap dan menyeramkan
C.
Tentang suasana pagi yang indah dan membangkitkan
semangat
D.
Tentang matahari yang tenggelam di sore hari
O.
TEKS SEDERHANA
1.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Setiap sore sepulang sekolah, Nabila selalu menyempatkan diri ke taman
kecil di belakang rumah. Ia menanam berbagai jenis bunga seperti mawar, melati,
dan lavender. Ia menyiram tanaman dengan hati-hati, memotong daun-daun yang
kering, dan memberi pupuk secara berkala. Tak jarang, Nabila berbicara sendiri
seolah sedang mengajak bunga-bunganya bercakap. Bagi Nabila, merawat tanaman
bukan hanya hobi, tetapi juga cara menenangkan pikiran. Ia merasa bahagia
melihat tanaman-tanamannya tumbuh subur dan berbunga indah.
Apa tema utama dari bacaan tersebut?
A.
Kegiatan Nabila saat liburan
B.
Hobi bermain di kebun
C.
Kecintaan seseorang terhadap tanaman
D.
Cara membuat pupuk kompos
2.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Hari Minggu pagi, warga Kampung Cempaka berkumpul di balai RT. Mereka
sepakat untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Pak Rudi
membawa alat pemotong rumput, Bu Tini membawa sapu lidi, sementara anak-anak
membantu mengumpulkan sampah plastik. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan
ringan untuk peserta kerja bakti. Kegiatan itu berlangsung dengan penuh
semangat dan kebersamaan. Setelah semua selesai, jalan-jalan di kampung
terlihat bersih, dan warganya merasa bangga atas kerja sama yang dilakukan.
Apa tema utama dari bacaan tersebut?
A.
Makanan sehat buatan ibu-ibu kampung
B.
Kegiatan belanja warga di hari Minggu
C.
Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan
D.
Lomba kebersihan antar-RT
3.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Raka adalah siswa kelas 6 yang dikenal rajin dan disiplin. Setiap hari ia
datang lebih awal ke sekolah dan selalu membawa buku pelajaran lengkap. Ia suka
bertanya kepada guru jika ada pelajaran yang belum ia pahami. Saat pulang ke
rumah, Raka mengulang pelajaran dan membuat catatan rapi. Meskipun orang tuanya
bukan orang kaya, Raka tidak pernah menyerah untuk meraih cita-cita. Ia ingin menjadi
guru agar bisa mengajar anak-anak di kampungnya nanti.
Apa tema utama dari bacaan tersebut?
A.
Persiapan menghadapi ujian nasional
B.
Semangat belajar dan meraih cita-cita
C.
Kegiatan di sekolah pada pagi hari
D.
Kebiasaan buruk saat belajar
4.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Gunung berapi adalah salah satu bentuk permukaan bumi yang dapat meletus.
Letusannya bisa mengeluarkan lava, abu vulkanik, dan gas panas. Meskipun
berbahaya, gunung berapi juga membawa manfaat. Abu vulkanik dari letusan dapat
menyuburkan tanah di sekitarnya.
Apa gagasan utama dari bacaan tersebut?
A.
Letusan gunung berapi sangat indah dilihat
B.
Gunung berapi dapat meletus dan memiliki dampak positif
dan negatif
C.
Gunung berapi hanya membawa bencana
D.
Lava gunung bisa dijadikan pupuk
5.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Penyu adalah hewan laut yang terancam punah. Banyak penyu yang mati karena
tertangkap jaring nelayan atau memakan sampah plastik di laut. Untuk melindungi
penyu, beberapa daerah di Indonesia membuat kawasan konservasi. Di sana, telur
penyu dijaga hingga menetas dan anak penyu dilepaskan ke laut.
Apa gagasan utama dari bacaan tersebut?
A.
Penyu adalah hewan yang bisa dijadikan peliharaan
B.
Penyu menyukai makan plastik
C.
Usaha pelestarian penyu dari kepunahan
D.
Penyu bertelur di sungai dan rawa
6.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta dapat mengurangi
kemacetan. Selain itu, transportasi umum lebih ramah lingkungan karena
menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan kendaraan pribadi. Oleh
karena itu, masyarakat dianjurkan untuk beralih ke transportasi umum.
Apa gagasan utama dari bacaan tersebut?
A.
Bus lebih nyaman daripada kereta
B.
Transportasi umum lebih cepat dari kendaraan pribadi
C.
Menggunakan transportasi umum memiliki banyak manfaat
D.
Masyarakat tidak boleh naik kendaraan pribadi
7.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Pertanian merupakan sumber penghasilan utama bagi banyak penduduk desa.
Mereka menanam padi, jagung, dan sayuran untuk dijual ke pasar. Namun, petani
sering menghadapi masalah seperti cuaca buruk dan harga jual yang rendah. Oleh
karena itu, pemerintah memberikan bantuan berupa pupuk dan pelatihan untuk
meningkatkan hasil panen.
Apa gagasan utama dari bacaan tersebut?
A.
Petani kesulitan mendapatkan pupuk
B.
Pertanian adalah mata pencaharian utama di desa dan
perlu didukung
C.
Cuaca buruk membuat petani libur bekerja
D.
Harga jagung selalu naik
8.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Lingkungan yang
bersih akan membuat hidup menjadi sehat dan nyaman. Jika lingkungan kotor,
banyak penyakit bisa muncul, seperti demam berdarah dan diare. Oleh karena itu,
setiap warga harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya,
membersihkan selokan, dan tidak membakar sampah sembarangan. Dengan menjaga
lingkungan, kita juga turut melindungi alam.
Ide pokok dari bacaan tersebut adalah .…
A.
Sampah harus dibakar agar cepat habis
B.
Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting untuk
kesehatan dan kenyamanan
C.
Demam berdarah dapat disembuhkan dengan cepat
D.
Selokan tidak perlu dibersihkan jika tidak hujan
9.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Air adalah kebutuhan utama dalam kehidupan. Setiap makhluk hidup
membutuhkan air, mulai dari manusia, hewan, hingga tumbuhan. Air digunakan
untuk berbagai keperluan seperti minum, memasak, mandi, mencuci, dan mengairi
sawah. Kekurangan air dapat menyebabkan kekeringan dan gangguan kesehatan. Oleh
karena itu, kita harus hemat menggunakan air dan tidak mencemari sumber air
seperti sungai dan sumur.
Ide pokok dari bacaan tersebut adalah .…
A.
Air hanya digunakan untuk mandi dan mencuci
B.
Kekeringan disebabkan oleh musim kemarau
C.
Air sangat penting dan harus digunakan secara bijak
D.
Sungai harus dibersihkan setiap hari
10.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Sepeda adalah alat transportasi sederhana yang semakin banyak digunakan.
Selain tidak menimbulkan polusi udara, bersepeda juga baik untuk kesehatan
karena melatih otot dan jantung. Banyak kota kini menyediakan jalur sepeda agar
masyarakat lebih nyaman dan aman saat bersepeda. Sepeda juga membantu
mengurangi kemacetan lalu lintas, terutama di kota-kota besar. Oleh karena itu,
penggunaan sepeda patut didorong sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan.
Ide pokok dari bacaan tersebut adalah .…
A.
Sepeda hanya digunakan oleh orang dewasa
B.
Sepeda adalah alat olahraga yang mahal
C.
Sepeda tidak cocok untuk jalan raya
D.
Sepeda adalah alat transportasi ramah lingkungan dan
sehat
11.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Hutan adalah paru-paru dunia yang memberikan banyak manfaat. Selain
menghasilkan oksigen, hutan juga menjadi tempat tinggal berbagai hewan dan
tumbuhan. Akar pepohonan di hutan membantu menyerap air hujan dan mencegah
banjir. Namun sayangnya, banyak hutan yang kini rusak karena penebangan liar
dan kebakaran. Jika hutan terus dirusak, maka bencana alam akan semakin sering
terjadi. Kita harus menjaga kelestarian hutan demi kehidupan yang lebih baik.
Ide pokok dari bacaan tersebut adalah .…
A.
Hutan adalah tempat wisata terbaik
B.
Hutan hanya berisi hewan buas
C.
Hutan harus dijaga karena memberikan banyak manfaat
D.
Penebangan hutan harus terus dilakukan
12.
Setiap warga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit. Makna
kata menjaga dalam kalimat tersebut
adalah .…
A.
Melihat-lihat saja
B.
Membiarkan begitu saja
C.
Merawat dan memperhatikan
D.
Membuang barang yang rusak
13.
Rina terlihat cemas
saat menunggu pengumuman hasil ulangan dari gurunya. Apa makna kata cemas pada kalimat tersebut?
A.
Bingung dan tidak tahu arah
B.
Takut dan gelisah
C.
Marah dan kecewa
D.
Senang dan gembira
14.
Pak Budi adalah tetangga yang ramah. Ia selalu menyapa siapa saja dengan senyum. Apa arti kata ramah dalam kalimat tersebut?
A.
Pendiam dan pemalu
B.
Ceroboh dan kasar
C.
Sopan dan mudah bergaul
D.
Sibuk dan tertutup
15.
Sekolah itu berada di daerah terpencil yang jauh dari kota dan sulit dijangkau kendaraan. Makna
kata terpencil dalam kalimat
tersebut adalah .…
A.
Berada di tengah kota
B.
Terkenal di mana-mana
C.
Tersembunyi dan jauh dari keramaian
D.
Mudah ditemukan
16.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Hari Minggu kemarin, Dika mengikuti kerja bakti bersama warga di
lingkungannya. Ia membantu membersihkan selokan dan menyapu jalan. Awalnya Dika
merasa malas, tetapi setelah ikut serta, ia merasa senang bisa bekerja sama
dengan tetangga dan menjaga kebersihan lingkungan.
Pengalaman yang didapat Dika dari bacaan di atas adalah .…
A.
Bermain bersama teman di taman
B.
Belajar bekerja sama dan menjaga kebersihan
C.
Membuat selokan baru
D.
Liburan ke luar kota
17.
Perhatikan teks bacaan berikut!
Siswa kelas 6 mengikuti kegiatan berkemah di tepi hutan pinus. Mereka
belajar memasang tenda, memasak bersama, dan mengikuti api unggun di malam
hari. Meskipun cuaca sempat hujan, mereka tetap bersemangat. Kegiatan ini
membuat para siswa lebih mandiri dan saling membantu.
Pengalaman yang didapat para siswa dari kegiatan tersebut adalah .…
A.
Belajar cara menulis puisi
B.
Menjadi lebih mandiri dan saling membantu
C.
Menonton film bersama guru
D.
Bermain di rumah saja
18.
Mentari pagi tersenyum ramah menyambut para petani di
sawah. Majas yang digunakan pada kalimat tersebut adalah…
A.
Hiperbola
B.
Simile
C.
Personifikasi
D.
Metafora
19.
Tangisnya mengguncang
seluruh penjuru desa ketika ayahnya wafat. Majas yang digunakan pada
kalimat tersebut adalah…
A.
Metafora
B.
Hiperbola
C.
Personifikasi
D.
Ironi
20.
Dia dikenal sebagai si
ular licin yang pandai memutarbalikkan fakta. Jenis majas yang digunakan
dalam kalimat di atas adalah .…
A.
Hiperbola
B.
Personifikasi
C.
Metafora
D.
Alegori
Woww
BalasHapuswoww juga
Hapuspak bisakah didownload soalnya buat latian?
BalasHapus