Soal Ujian Sekolah IPA SMP 2020-2021 Disertai Kunci Jawaban
1.
Perhatikan pengukuran sisi persegi
berikut!
a.
7,29 m2
b.
2,7 x 10-2 m2
c.
7,29 x 10-4 m2
d.
2,7 x 10-4 m2
2.
Perhatikan gambar peristiwa perpindahan
kalor berikut ini!
a. (1) dan (3)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
3.
Massa 20 gram seperti pada gambar!
Jika percepatan gravitasi 10 m/s dengan gesekan benda dengan
udara diabaikan, dan benda mampu terlontar pada titik tertinggi 81 meter dari
tanah, maka kecepatan benda saat terlepas dari tangan orang tersebut adalah ….
a. 1620 m/s
b. 1600 m/s
c. 40 m/s
d. 28 m/s
4.
Perhatikan gambar dua orang yang menarik dan mendorong
kardus berikut!
Jika besar gaya yang dilakukan Wawan dan Joni berturut-turut
600N dan 400N, serta usaha total kardus adalah 8500 joule. Besar gaya gesek
kardus terhadap lantai adalah ….
a. 85 N
b. 150 N
c. 650 N
d. 850 N
5.
Perhatikan tongkat digantung dengan tali dan empat buah
benda identik berikut!
(1) Benda 2 dilepas dari benda 1
(2) Benda 4 dipasang pada lubang
P
(3) Benda 4 dipasang di lubang O
(4) Benda 3 digeser dan dipasang
di lubang R
Kegiatan-kegiatan yang benar
agar sistem dalam kondisi seimbang adalah nomor ….
a.
(1) dan (2)
b.
(1) dan (4)
c.
(2) dan (3)
d.
(3) dan (4)
6.
Perhatikan empat buah tabung yang terbuat dari bahan
yang sama berikut!
a. (1) dan (4)
b. (2) dan (4)
c. (3) dan (2)
d. (4) dan (3)
7.
Perhatikan dua buah ayunan berikut!
a. Frekuensi ayunan 1 sama
dengan frekuensi ayunan 2 karena digantungi massa benda yang sama
b. Periode ayunan 1 lebih
banyak dibandingkan periode ayunan 2 karena panjang tali ayunan 1 lebih pendek
c. Frekuensi ayunan 1 lebih
banyak dibandingkan frekuensi ayunan 2, karena ayunan 1 memiliki tali yang
lebih pendek
d. Periode ayunan 1 sama dengan
frekuensi ayunan 2 karena disimpangkan dengan sudut yang sama
8.
Sebuah benda berada di depan cermin berjarak dengan
titik O sebesar 12 cm seperti pada gambar!
a. Maya, tegak, dan diperbesar
b. Nyata, terbalik, dan
diperkecil
c. Nyata, terbalik, dan
diperbesar
d. Nyata. Terbalik, dan sama
besar
9.
Perhatikan gambar dua muatan berikut!
a. Mengubah nilai Q1
menjadi +2q dengan tanpa mengubah jarak kedua muatan
b. Tidak mengubah nilai Q1
tetapi menjauhkan jarak kedua muatan menjadi ½ r
c. Memperbesar muatan Q1
menjadi +6q dan jarak kedua muatan dijauhkan menjadi 2r
d. Memperkecil muatan Q1
menjadi +q dan jarak kedua muatan didekatkan menjadi ½ r
10.
Perhatikan rangkaian listik berikut!
Jika kuta arus yang melewati rangkaian hambatan R4
= 1 A, maka besar hambatan R3 adalah ….
a. 6 Ω
b. 4 Ω
c. 3 Ω
d. 1,5 Ω
11.
Perhatikan gambar pembuatan magnet dari logam XY dan PQ
berikut!
a. A
b. B
Pengembangan pembangkit listrik seperti gambar masih memiliki
kendala untuk dikembangkan di indonesia karena ….
a. Menghasilkan listrik tanpa
mengganggu pemukiman penduduk
b. Listrik yang dihasilkan
kurang besar dan biayanya murah
c. Menyebabkan bertambahnya
emisi karbon dan listrik yang dihasilkan sangat besar
d. Memerlukan sumber daya yang
mumpuni dan masih banyak warga yang menolak
13.
Seorang siswa melakukan percobaan empat larutan berbeda
yang diteteskan pada kertas lakmus. Perubahan warna kertas lakmus terlihat pada
tabel berikut:
Larutan |
Perubahan warna pada |
|
Kertas Lakmus Merah |
Kertas Lakmus Biru |
|
(P) |
Biru |
Biru |
(Q) |
Merah |
Biru |
(R) |
Merah |
Merah |
(S) |
Biru |
Biru |
Larutan (P),(Q), (R), dan (S) berturut-turut adalah ….
a.
Air murni, air jeruk, obat maag, dan NaOH
b.
Obat maag, air aki, NaOH, dan air jeruk
c.
Obat maag, air murni, air aki, dan NaOH
d.
NaOH, asam cuka, air aki, dan obat maag
14.
Perhatikan beberapa aktivitas berikut!
1. Penampang batu memecah
bongkahan batu sehingga menjadi batu krikil
2. Pengrajin gula menuangkan
nira panas di cetakan sehingga berbentuk gula
3. Petai memberi EM4 pada tumpukan
daun-daun sehingga menjadi kompos
4. Petani garam memanaskan air
latu untuk menghasilkan garam
5. Siswa mencampurkan HCl dan
NaCl untuk memperoleh larutan garam
Aktivitas di atas yang
menunjukan adanya peristiwa perubaan fisika adalah nomor
a.
1, 2, dan 4
b.
1, 3, dan 5
c.
2, 3, dan 4
d.
2, 4, dan 5
15.
Perhatikan gambar model atom berikut!
a. Neutron, proton, dan
elektron
b. Neutron, elektron, dan
proton
c. Elektron, proton, dan
neutron
d. Elektron, neutron, dan
proton
16.
Seorang siswa mengamati ekosistem dan memperoleh data
berikut:
1. Batu
2. Cemara
3. Air
4. Kerikil
5. Belalang kayu
6. Tanaman cabai
7. Pasir
8. Beringin
Dari data tersebut komponen
abiotik ditunjukan nomor ….
a.
1, 2, 3, dan 4
b.
1, 3, 4, dan 7
c.
2, 3, 6, dan 8
d.
5, 6, 7, dan 8
17.
Perhatikan gambar berikut!
Ciri-ciri makhluk hidup: bergerak, berkembangbiak, dan
memerlukan nutrisi ditunjukan berturut-turut oleh gambar ….
a. K, L, dan M
b. K, M, dan L
c. L, M, dan K
d. M, K, dan L
18.
Perhatikan gambar berikut!
Pilihan |
Pengelompokan |
|
Kelompok 1 |
Kelompok II |
|
a |
1, 4, dan 6 |
2, 3, dan 5 |
b |
2, 3, dan 6 |
1, 4, dan 5 |
c |
2, 4, dan 5 |
1, 3, dan 6 |
d |
3, 4, dan 5 |
1, 2, dan 6 |
19.
Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!
Siswa |
Interaksi antar hewan |
|
Kompetisi |
Predasi |
|
Abu |
Kelinci dan kambing |
Tikus burung dan burung hantu |
Bondan |
Burung hantu dan ular |
Srigala dan kucing liar |
Cika |
Tikus dan kelicnci |
Elang dan singa |
Dela |
Ular dan kucing liar |
Kelinci dan srigala |
Data yang benar disusun oleh ….
a.
Abu dan Bonda
b.
Abu dan Dela
c.
Bondan dan Cika
d.
Cika dan Dela
20.
Perhatikan gambar berikut!
Jumlah ikan di bendungan air tersebut juga berkurang. Mankah
diantara pernyataan berikut yang lebih mungin menjadi sebab terjadinya fenomena
tersebut?
a. Aliran air pada saluran
irigasi menghanyutkan enceng gondok dari pesawahan sehingga enceng gondok
terkumpul di bendungan air
b. Petani menggunakan herbisida
yang berlebihan saat membasmi gulma sehingga terakumulasi di bendungan air
c. Petani melakukan pemupukan
secara berlebihan saat musim penghujan sehingga terjadi penumpukan nutrisi di
bendungan air
d. Pestisida yang digunakan berlebihan
saat musim penghujan terakumulasi di bendungan air.
21.
Perhatikan tabel kandungan kalori berbagai macam menu
berikut!
Menu |
Jumlah |
Jumlah Energi (kkal) |
Sayur bayam |
1 mangkok |
100 |
Sup tomat |
1 mangkok |
110 |
Ikan tuna goreng |
1 potong |
165 |
Pisang goreng |
1 potong |
170 |
Nasi putih |
1 mangkok |
400 |
Susu |
1 gelas |
150 |
Bu Rieke seorang guru berusia 40 tahun, tiap hari berangkat
kerja pagi sekali sehingga hanya sempat mengonsumsi sarapan dengan menu : 1
gelas susu dan 2 potog pisang goreng. Jika aktivitas Bu Rieke berkategori
sedang sehingga tiap hari memerlukan sebanyak 2.000 kkal, dan saat istirahat
siang Bu Rieke mengonsumsi menu: 1 mangkok nasi putih. 1 mangkok sup tomat, 2
potong ikan tuna goreng. Maka menu makan malam Bu Rieke agar memenuhi kebutuhan
energi harianya adalah ….
a.
1 mangkok nasi putih. 1 pisang goreng, 1 mangkok sup
tomat
b.
1 gelas susu, 2 potong ikan tuna goreng, 1 mangkok nasi
putih
c.
1 mangkok nasi putih, 1 gelas susu, 1 mangkok sayur
bayam
d.
1 potong pisang goreng, 2 gelas susu, 2 mangkok sayur
bayam
22.
Perhatikan skema peredaran darah berikut!
a. Dinding pembuluhnya tebal,
kuat, elastis, dan mengalirkan darah yang banyak mengandung oksigen
b. Dinding pembuluhnya tipis
dan tidak elastis, serta membawa darah yang mengandung CO2
c. Jika terluka darah yang ada
didalamnya memancar dan di dindidng pembuluh darahnya tidak elastis
d. Saat terluka darah yang ada
di dalamnya tidak memancar dan membawa darah keluar dari jantung
23.
Seseorang melukan percobaan seperti pada gambar
berikut:
Tujuan dari percobaan yang dilakukan orang pada gambar
tersebut adalah untuk ….
a.
Mengetahui bahwa bernapas mengeluarkan CO2
b.
Menghitung volume pernapasan paru-paru
c.
Membuktikan bernapas mengambil oksigen
d.
Menentukan jenis-jenis gas yang terkandung di paru-paru
24.
Perhatikan gambar organ reproduksi berikut!
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
25.
Perhatikan diagram persilangan dihibrid kacang kapri
berikut!
a.
0 %
b.
12,5 %
c.
37,5 %
d. 100 %
Untuk Kunci Jawaban Klik Di sini