I. PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D DI LEMBER JAWABAN YANG TERSEDIA
1.
Perhatikan pernyataan berikut!
1) Tanaman
putri malu akan mengatup ketika terkena sentuhan
2) Tumbuhan
memerlukan CO2 dan H2O untuk melakukan fotosintesis
3) Seorang
anak berkeringat hingga bajunya basah setelah berlari mengelilingi lapangan
4) Lumba-lumba
secara periodik akan muncul ke permukaan air
Berdasarkan pernyataan di atas, yang
menunjukan ciri makhluk hidup memerlukan energi dan mengeluarkan zat sisa
adalah ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
2.
Bacalah teks berikut dengan
cermat!
Makhluk hidup ada yang tersusun dari
satu sel (uniseluler) seperti Paramaecium, Amoeba, dan Euglena
dan ada yang tersusun dari banyak sel (multiseluler) contohnya manusia, hewan,
dan jamur. Virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup karena tidak tersusun dari
sel. Tubuh virus hanya tersusun dari protein yang di dalamnya terdapat materi
genetik berupa DNA dan RNA.
Kesimpulan yang dapat kita peroleh
tentang perbedaan makhluk hidup dan benda mati berdasarkan bacaan di atas
adalah ….
A. virus
tergolong bukan makhluk hidup karena tidak tersusun dari sel, sedangkan makhluk
hidup secara struktural tersusun dari sel
B. Virus
tergolong makhluk hidup karena tersusun dari protein yang didalmnya terdapat
materi genetik berupa DNA dan RNA
C. secara
struktural virus memiliki sel sehingga dapat digolongkan ke dalam bukan makhluk
hidup
D. Paramaecium dan
Amoeba bukan tergolong makhluk hidup karena secara struktural tubuhnya
tersusun dari sel
3.
Syifa diberi tugas oleh guru
IPA untuk mengamati tumbuhan yang terdapat di halaman rumahnya dan mencari nama
ilmiah tumbuhan tersebut. Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ditemukan oleh
Syifa diantaranya adalah tumbuhan cabai dan tomat. Setelah menelusuri informasi
dari berbagai sumber yang dipercaya, Syifa mendapatkan nama ilmiah kedua
tumbuhan tersebut yaitu Capsicum annum untuk cabai dan Solanum
lycopersicum untuk tomat.
Dari data yang diperoleh Syifa kita
dapat mengambil kesimpulan bahwa tanaman cabai dan tomat memiliki ….
A. marga
(genus) dan spesies yang sama
B. marga
(genus) sama, spesies berbeda
C. marga
(genus) berbeda, spesies sama
D. marga
(genus) dan spesies berbeda
4.
Boni membuat kunci dererminasi
tumbuhan sebagai berikut.
1. |
a. |
Tidak memiliki pembuluh angkut
……………………. |
|
2 |
|
b. |
Memiliki pembuluh angkut ………………………….. |
|
2 |
2. |
a. |
Berkembangbiak menggunakan spora
………………. |
|
Briophyta |
|
b. |
Berkembangbiak menggunakan biji
…………………. |
|
3 |
3. |
a. |
Biji tidak dilindungi daging buah
……………………. |
|
Gymnospermae |
|
b. |
Biji dilindungi daging buah
………………………….. |
|
4 |
4. |
a. |
Berakar serabut ……………………………………… |
|
Monokotil |
|
b. |
Berakar tunggang ……………………………………. |
|
Dikotil |
Urutan identifikasi yang benar untuk
tumbuhan padi berdasarkan kunci determinasi di atas adalah ….
A. 1a,
2a
B. 1b,
2b, 3a
C. 1b,
2b, 3b, 4a
D. 1b,
2b, 3b, 4b
5.
Diva dan Tata melakukan
pengamatan untuk melakukan identifikasi pada tumbuhan lumut dan tumbuhan paku
dan menyajikan data pengamatan sebagai berikut:
1) Tidak
dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun
2) Daun
muda menggulung
3) Hidup
menempel pada bebatuan, tembok atau kulit kayu
4) Sudah
dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun
5) Perkmbangbiakan
terjadi dengan pergiliran keturunan adanya generasi gametofit dan generasi
sporofit
Berdasarkan data di atas ciri yang
paling sesuai dengan tumbuhan paku adalah ….
A. 1,
2, dan 4
B. 1,
3, dan 5
C. 2,
3, dan 4
D. 2,
4, dan 5
6.
Refi dan teman-teman sekolahnya
sedang melakukan studi wisata ke pantai. Ketika berjalan-jalan di pinggir
pantai mereka menemukan beberapa hewan seperti terlihat pada gambar di bawah
ini:
Berdasarkan ciri-ciri morfologinya, hewan tersebut tergolong ke dalam kelompok ….
A. mollusca
B. annelida
C. echinodhermata
D. arthropoda
7.
Beriktu ini adlah grafik
pertumbuhan kecambah kacang hijau berdasarkan hasil percobaan ditempat terang
dan ditempat gelap:
Kesimpulan berdasarkan grafik data
percobaan tersebut adalah ….
A. Pertumbuhan
kecambah kacang hijau di tempat terang lebih cepat
B. Pertumbuhan
kecambah kacang hijau di tempat gelap lebih lambat
C. Pertumbuhan
kecambah kacang hijau di tempat terang lebih lambat
D. Pertumbuhan
kecambah kacang hijau tidak dipengaruhi oleh cahaya
8.
Perhatikan gambar ekosistem
berikut ini!
Berikut ini pernyataan yang sesuai
berdasarkan gambar di atas adalah ….
A. Komponen
abiotik dalam ekosistem terdiri dari, cahaya, udara, air dan hewan
B. Komponen
biotik dalam ekosistem adalah produsen, konsumen pengurai dan kayu dipinggir
perairan
C. Interaksi
antara konsumen dengan tumbuhan hijau adalah bentuk interaksi antara komponen
biotik dan abiotik
D. Tumbuhan
hijau membutuhkan air dan cahya matahari adalah bentuk interaksi komponen
biotik dan komponen abiotik
9.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada hari Minggu Angga bersama adik
pergi ke sawah dekat rumah. Dia melihat banyak tanaman dan hewan di sawahnnya,
Angga merasa banyak hal menarik yang ia temukan di sawah diantaranya tanaman
padi yang sedangg dihinggapi belalang dan ulat, terlihat juga beberapa katak
yang sedang melompat-lompat di sawah. Selain itu dari kejauhan Angga melihat
ada burung elang yang sedang terbang mendekati persawahan. Angga merasa sangat
senang bermain di sawah.
Ketika Angga dan adiknya sedang asik
bermain tiba-tiba ia melihat ada ular yang siap memangsa tikus yang berada di
dekat tanaman padi. Angga dan adiknya merasa takut dan berusaha untuk menjauh
dari ular tersebut.
Berdasarkan ilustrasi di atas, rantai
makanan yang dapat terbentuk dalam ekosistem sawah adalah ….
A. Tanaman
padi → ulat → belalang → ular → tikus
B. Tanaman
padi → belalang → katak → ular → burung elang
C. Tanaman
padi → belalang → ular → katak → burung elang
D. Tanaman
padi → tikus → belalang → ular → burung elang
10.
Perhatikan jaring jaring
makanan pada perkebunan milik petani berikut!
A. Populasi
katak dan ular akan meningkat
B. Populasi
katak burung kecil menurun
C. Panen
sawi meningkat dan jumlah katak menurun
D. Petani
sawi menurun dan populasi katak meningkat
11.
Tumbuhan menyerap
karbondioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen
yang dihasilkan oleh tumbuhan digunakan oleh manusia, hewan dan organisme
lainnya dalam proses respirasi. Respirasi menghasilkan gas karbondioksida yang
dilepas ke udara. Tumbuhan, hewan dan organisme lainnya yang mati. Akan
diuraikan oleh dekomposer menghasilkan gas karbondioksida.
Bagan berikut menunjukan pergerakan
karbondioksida pada siklus karbon yang memperlihatkan keberadaan karbondioksida
di atmosfer (udara) serta pada tumbuhan hewan dan dekomposer.
Pernyataan berikut yang menunjukan
posisi dari tumbuhan, hewan dan dekomposer dalam daur karbon yang tepat adalah
….
A. 1
hewan, 2 tumbuhan
B. 1
tumbuhan, 3 hewan
C. 2
dekomposer, 3 hewan
D. 2
tumbuhan, 3 dekomposer
12.
Menurut Webber Persebaran fauna
di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yaitu fauna wilayah barat
(orientals), wilayah fauna tengah (peralihan) dan wilayah fauna timur
(australis). Ketiga wilayah fauna tersebut memiliki ciri khas fauna
masing-masing, berikut ini beberapa fauna yang masuk kelompok wilayah barat
(orientalis) adalah ….
A. Gajah
Sumatera, Badak Bercula Satu, Orang Utan
B. Harimau
Sumatera, Anoa, Burung Kasuari
C. Komodo,
Burung Cendrawasih, Burung Kakaktua
D. Orag
Utan, Komodo, Burung Kasuari
13.
Keanekaragaman hayati di
Indonesai harus dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestariannya dilakukan melalui
pembentukan kawasan konservasi. Ada banyak jenis kawasan konservasi, salah
satunya adalah taman nasional. Taman nasional adalah pelestarian kawasan alam
yang memiliki ekosistem asli dengan sistem zonasi. Salah satu taman nasional
uang ada di Indonesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.
Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang menunjukan manfaat penetapan kawasan
Taman Nasional Komodo bagi kelestarian ekosistem adalah ….
A. menurunkan
populasi komodo dengan cara membuat penangkaran
B. mencagah
komodo agar tidak mengalami kepunahan dan menjaga habitatnya
C. membatasi
daerah persebaran komodo agar mudah diburu oleh masyarakat
D. mengatur
populasi komodo agar tetap terkendali sehingga keseimbangan ekosistem dapat
berubah
14.
Perhatikan bacaan berikut ini!
Apa itu Global
Warming?
Global warming
atau pemanasan global terjadi karena ragam aktivitas manusia yang setiap
tahunnya semakin parah. Aktivitas manusia yang dapat menyebabkan terjadinya
pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil yang terus meningkat,
penebangan hutan dan penggunaan lahan pertanian untuk perumahan atau area
industri. Aktifitas tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan iklim yang
membahayakan kehidupan di bumi serta seluruh isinya, termasuk menusia itu
sendiri.
Global warming atau pemanasan
global sebenarnya merupakan fenomena perubahan iklim drastis akibat naiknya
suhu rata-rata pada atmosfer, daratan atau bahkan lautan. Kondisi tersebut akan
membuat lapisan ozon juga semakin menipis, menipisnya lapisan ozon akan
menyelimuti bumi dan pengaruhnya sangat pekat terhadap perubahan udara dan
sumber air yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan. Sebenarnya kondisi
ini bisa terjadi alamiah, namun aktifitas manusia juga menjadi penyumbang
terbesar konsentrasi berbagai gas, terutama karbon dioksida.
Dari bacaan di atas, apakah
dampak terjadinya global warming atau pemanasan global bagi kehidupan manusia?
A. Meningkatnya
suhu bumi, diakibatkan tingginya karbondioksida (CO2) di udara.
B. Meningkatnya
keanekaragaman hayati diakibatkan oleh perubahan pola curah hujan
C. Menurunnya
frekuensi bencana alam disebabkan terjadinya perubahan iklim
D. Menipisnya
lapisan ozon (O3), diakibatkan adanya penebangan pohon secara liar
15.
Ahnaf dan
Bondan mendapatkan tugas dari gurunya untuk melakukan percobaan pengaruh
kondisi air terhadap prilaku ikan. Setelah melakukan percobaan mereka
menyajikan data pengamatan sebagai berikut:
Waktu |
Ikan dalam Air
Bersih |
Ikan dalam air detergen |
09.00 |
Ikan bergerak lincah dan sehat |
Ikan bergerak lincah dan sehat |
09.07 |
Ikan bergerak lincah dan sehat |
Gerakan ikan mulai melambat |
09.15 |
Ikan bergerak lincah dan sehat |
Insang ikan membengkak dan keluar
darah |
09.17 |
Ahnaf dan Bondan menghentikan
percobaannya |
Kesimpulan di atas yang sesuai
berdasarkan data pengamatan yang telah disajikan adalah …..
A. Ikan adalah hewan yang mudah beradaptasi pada lingkungan
apapun
B. Ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada dalam air bersih
dan gerakan melambat ketika dalam air detergen
C. Ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada dalam air
detergen dan gerakan melambat ketika dalam air bersih
D. Penambahan detergen pada air bersih yang berisi ikan tidak
menyebabkan pengaruh apapun bagi ikan
16.
Bacalah artikel berikut!
Ancaman Sampah
Plastik Bagi Ekosistem Laut
Sampah plastik hingga
kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di
dunia. Di Nusantara, sampah plastik tak hanya dijumpai di wilayah darat saja,
tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang luasnya mencapai dua pertiga
dari total luas Indonesia. Semua pihak dihimbau untuk terus terlibat dalam
penanganan sampah plastik yang ada di lautan.
Koalisi Rakyat untuk
Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun sedikitnya sebanyak 1,29 juta
ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah tersebut,
sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap tahunnya. Fakta
tersebut menasbihkan Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia dengan
produksi sampah plastik terbanyak di lautan. Sekretaris Jenderal KIARA Susan
Herawati mengatakan, semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin
besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski ancaman kerusakan tak
hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap mengingatkan bahwa dampak
yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat berbahaya. Untuk itu mari
selamatkan laut Indonesia dan ekosistem dari sampah plastik.
https://www.mongabay.co.id/2018/07/26/ancaman-sampah-plastik-untuk-ekosistem-laut-harus-segera-dihentikan-bagaimana-caranya/
Usaha yang dapat kita lakukan untuk
mengatasi masalah plastik sesuai artikel di atas adalah ….
A. Memproduksi kantong plastik lebih banyak lagi karena sangat
praktis digunakan
B. Mengumpulkan sampah plastik yang telah digunakan kemudian
dibakar
C. Kantong plastik yang sudah tidak digunakan ditimbun kemudian
dikubur di dalam tanah
D. Mengurangi penggunaan sampah plastik dan memilah sampah
plastik yang masih dapat dimanfaatkan kembali
17.
Perhatikan pernyataan berikut!
1. Merupakan
satelit bumi
2. Memancarkan
cahaya sendiri
3. Mempunyai
kala rotasi dan revolusi yang sama
4. Makin
jauh jaraknya dari matahari kala revolusinya makin besar
Berdasarkan pernyataan di atas, yang
merupakan ciri-ciri dari bulan adalah ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
18.
Bumi berotasi dan berevolusi
secara bersamaan. Rotasi bumi dapat menyebabkan beberapa peristiwa, antara lain
….
A. pergantian
musim
B. terjadinya
siang dan malam
C. perubahan
lamanya siang dan malam
D. gerak
semu tahunan matahari
19.
Gambar berikut ini menunjukan pergantian musim berkaitan dengan empat
kedudukan bumi pada orbitnya!
Pada saat bumi berada di posisi tanggal 22 Desember sampai dengan tanggal
21 Maret, pernyataan yang tepat terkait dengan yang terjadi di belahan bumi
utara dan selatan adalah ….
A. Belahan bumi utara mengalami
musim semi dan belahan bumi selatan mengalami musim gugur
B. Belahan bumi utara mengalami
musim gugur dan belahan bumi selatan mengalami musim semi
C. Belahan bumi utara mengalami
musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin
D. Belahan bumi utara mengalami
musim dingin dan belahan bumi selatan mengalami musim panas
20.
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas posisi
bulan yang mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut terbesar adalah ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
II.
PASANGKAN PERNYATAAN BERIKUT
DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN MENULIS HURUF ATAU
JAWABAN PADA LEMBAR JAWAB YANG TERSEDIA!
21.
Tumbuhan teratai memiliki daun
lebar agar dapat mengapung di atas air. |
A. Jupiter |
22.
Cara mengelompokan organisme dengan
memperlihatkan adanya hubungan |
B. In
situ |
kekerabatan |
C. Mutualisme
|
23.
Tanaman Anggrek Bulan menempel pada
tumbuhan mangga |
D. Ek
situ |
24.
Upaya pelestarian ekosistem di luar
habitat aslinya |
E. Saturnus
|
25.
Planet terbesar di tata surya |
F.
Komensialisme |
|
G. Adaptasi
|
|
H. Taksonomi
|
|
I.
Klasifikasi |
|
J.
Iritabilitas |
III.
PILIHLAH JAWABAN B JIKA
PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN MEMBERI TANDA
SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA
26.
Monera adalah salah satu
kingdom makhluk hidup bersel satu dan tidak memiliki membran inti
27.
Rhizobium leguminosarum salah
satu bakteri yang berperan dalam siklus nitrogen
28.
Kromosom merupakan lapisan
matahari yang paling dingin
29.
Gerhana bulan terjadi ketika
bumi berada diantara matahari dan bulan
30.
Pencemaran udara dapat diatasi
dengan memperbanyak penggunaan produk yang mengandung CFC.
IV.
LENGKAPILAH PERNYATAAN BERIKUT
DENGAN ISISAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA
31.
Peristiwa jatuhnya air ke
permukaan bumi melalui hujan dalam siklus air dinamakan ….
32.
Pencemaran adalah peristiwa
masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan. Salah satu zat pencemar
yang dapat menyebabkan adanya hujan asam adalah ….
33.
Upaya penggunaan tanaman atau
bagian-bagiannya untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan baik air atau
lahan dinamakan ….
34.
Bahan bakar alternatif yang
dihasilkan dengan memanfaatkan gas metana yang dihasilkan dari pembusukan
sampah orgnaik dinamakan ….
35.
Benda-benda kecil terdapat pada
ruang antarplanet dan sebagaian berasal dari pecahan asteroid dan komet
merupakan ciri dari salah satu benda langit yang dinamakan ….
V.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN
DI BAWAH INI DENGAN BENAR!
36.
Zahra sedang mempelajari
tentang perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil, kemudian ia melakukan
pengamatan terhadap bentuk batang, akar dan daun pada dua jenis tumbuhan
tersebut. Hasil pengamatan menunjukan bahwa tumbuhan yang pertama memiliki ciri
batang bercabang, berakar tunggang dan memiliki pertulangan daun menyirip,
sedangkan tumbuhan yang kedua memiliki ciri batang tidak bercabang, berakar
serabut dan memiliki pertulangan daun sejajar.
Berdasarkan data pengamatan yang
telah dilakukan Zahra, identifikasikanlah kedua jenis tumbuhan tersebut dengan
melengkapi tabel di bawah ini:
No |
Jenis Tumbuhan |
Ciri yang
dimiliki berdasarkan hasil pengamatan |
Contoh Tumbuhan |
1 |
Monokpotil |
|
|
2 |
Dikotil |
|
|
37.
Perhatikan kunci determinasi
berikut!
1. |
a. |
Tidak memiliki tulang belakang …………………………………………… |
|
Invertebarata |
|
b. |
Memiliki tulang belakang
…………………………………………………. |
|
2 |
2. |
a. |
Bergerak dengan sirip ……………………………………………………... |
|
Pisces |
|
b. |
Tidak bergerak dengan sirip ……………………………………………….. |
|
3 |
3. |
a. |
Penutup tubuh berupa bulu ………………………………………………… |
|
Aves |
|
b. |
Penutup tubuh tidak berupa bulu
…………………………………………... |
|
4 |
4. |
a. |
Mempunyai kelenjer susu
…………………………………………………. |
|
Mamalia |
|
b. |
Tidak memiliki kelenjar susu
……………………………………………… |
|
5 |
5 |
a. |
Memiliki kulit kering ……………………………………………………… |
|
Reptilia |
|
b. |
Berkulit lembab
…………………………………………………………… |
|
Amfibia |
Berdasarkan kunci determinasi di
atas, buatkanlah kunci detereminasi/klasifikasi dari hewan-hewan ikan nila,
buaya dan katak dengan melengkapi tabel berikut ini:
No |
Nama Hewan |
Kelompok Hewan |
Urutan Kunci Klasifikasi |
1. |
Ikan lele |
Pisces |
…………………………… |
2. |
Buaya |
…………………………… |
…………………………… |
3. |
Katak |
…………………………… |
…………………………… |
38.
Perhatikan jaring-jaring
makanan berikut!
Tuliskan rantai makanan yang terdapat
dalam jaring-jaring makanan tersebut dan tentukan peranan masing-masing makhluk
hidup dalam rantai makanan tersebut!
39.
Seorang guru meminta siswanya
untuk melakukan pengujian air di lingkungan sekolah. Penguian tersebut
dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik, kimia dan biologis air. Sifat fisik
yang di amati meliputi (1) tingkat kejernihan, (2) Perubahan suhu air, (3) Bau
dan warna air, (4) Unsur biologis yaitu dengan mengetahui adanya panthogen
pencemar yang terdapat di dalam air, dan pathogen tersebut dapat mengakibatkan
penyakti pada manusia.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan,
analisislah perbedaan air bersih dengan air tercemar pada tabel berikut ini:
No |
Air Bersih |
Air Tercemar |
(1) |
|
|
(2) |
|
|
(3) |
|
|
(4) |
|
|
40.
Guru IPA memberikan data
tentang kondisi dua buah planet, yakni planet Bumi dan planet imainer, dan
meminta siswanya untuk berdiskusi jika planet imajiner itu benar ada, apakah
manusia akan dapat hidup di planet tersebut.
Berikut data mengenai kedua planet
tersebut:
Kondisi
Atmosfer Planet |
Planet Bumi |
Planet Imajiner |
Komponen Gas |
21 % Oksigen 0,03 % karbondioksida 78% nitrogen |
4 % Oksigen 13 % karbondioksida 83 % nitrogen |
Lapisan ozon |
Ada |
Tidak ada |
Awan |
Ada |
Tidak ada |
Berdasarkan data kedua planet,
menurut kalian apakah planet imajiner dapat dihuni oleh manusia? Berikan
alasannya jika planet tersebut ada!
Kunci Jawaban klik di sini
Kisi - kisi klik di sini