Sabtu, 23 Desember 2023

 

A.      PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.

 

1.         Perhatikan pernyataan berikut!

1.      Tanaman putri malu akan mengatup ketika terkena sentuhan

2.      Tumbuhan memerlukan CO2 dan H2O untuk melakukan fotosintesis

3.      Seorang anak berkeringat hingga bajunya basah setelah berlari mengelilingi lapangan

4.      Lumba-lumba secara periodik akan mencul ke permukaan air

Berdasarkan pernyataan di atas, yang menunjukan ciri makhluk hidup memerlukan energi dan mengeluarkan zat sisa adalah ….

A.        1 dan 2                                                               C. 2 dan 3

B.        1 dan 3                                                               D. 2 dan 4

 

2.         Bacalah teks berikut dengan cermat!

Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel (uniseluler) seperti Paramaecium, Amoeba dan Euglena dan ada yang tersusun dari banyak sel (multiseluler) contohnya manusia, hewan dan jamur. Virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup karena tidak tersusun dari sel. Tubuh vitus hanya tersusun dari protein yang di dalamnya terdapat materi genetik berupa DNA dan RNA.

Kesimpulan yang dapat kita peroleh tentang perbedaan makhluk hidup dan benda mati berdasarkan bacaan di atas adalah ….

A.    virus tergolong bukan makhluk hidup karena tidak tersusun dari sel, sedangkan makhluk hidup secara srtuktural tersusun dari sel

B.     virus tergolong makhluk hidup karena tersusun dari protein yang didalamnya terdapat materi genetik berupa DNA dan RNA

C.     secara struktural virus memiliki sel sehingga dapat digolongkan ke dalam bukan makhluk hidup

D.    Paramaecium dan Amoeba bukan tergolong makhluk hidup karena secara struktural tubuhnya tersusun dari sel

 

3.         Syifa diberi tugas oleh guru IPA untuk mengamati tumbuhan yang terdapat di halaman rumahnya dan mencari nama ilmiah tumbuhan tersebut. Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ditemukan oleh Syifa diantaranya adalah tumbuhan cabai dan tomat. Setelah menelusuri informasi dari berbagai sumber yang dipercaya, Syifa mendapatkan nama ilmiah kedua tumbuhan tersebut yaitu Capsicum annum untuk cabai dan Solanum lycopersicum untuk tomat.

Dari data yang diperoleh Syifa kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tanaman cabai dan tomat memiliki ….

A.        marga (genus) dan spesies yang sama

B.        marga (genus) sama, spesies berbeda

C.        marga (genus) berbeda, spesies sama

D.       marga (genus) dan spesies berbeda

 

4.         Boni membuat kunci determinasi tumbuhan sebagai berikut.

1.      a. Tidak memiliki pembuluh angkut ………..  2

b. Memiliki pembuluh angkut ……………...   2

2.      a. Berkembangbiak menggunakan spora …..    Briophyta

b. Berkembangbiak menggunakan biji …….    3

3.      a. Biji tidak dilindungi daging buah………...   Gymnospermae

b. Biji dilindungi daging buah ……………...   4

4.      a. Berakar serabut …………………………..    Monokotil

b. Berakar tunggang ………………………..    Dikotil

Urutan identifikasi yang benar untuk tumbuhan padi berdasarkan kunci determinasi di atas adalah ….

A.        1a, 2a                                                     C. 1b, 2b, 3b, 4a

B.        1b, 2b, 3a                                               D. 1b, 2b, 3b, 4b

 

5.         Diva dan Tata melakukan pengamatan untuk melakukan identifikasi pada tumbuhan lumut dan tumbuhan paku dan menyajikan data pengamatan sebagai berikut:

1.    Tidak dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun

2.    Daun muda menggulung

3.    Hidup menempel pada bebatuan, tembok atau kulit kayu

4.    Sudah dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun

5.    Perkembangbiakan terjadi dengan pergiliran keturunan adanya generasi gametofit dan generasi sporofit

Berdasarkan data di atas ciri yang paling sesuai dengan tumbuhan paku adalah ….

A.  1, 2 dan 4                                                C. 2, 3 dan 4

B.  1, 3, dan 5                                               D. 2, 4 dan 5

 

6.         Refi dan teman-teman sekolahnya sedang melakukan studi wisata ke pantai. Ketika berjalan-jalan dipinggir pantai mereka menemukan beberapa hewan seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

 

Berdasarkan ciri-ciri morfologinya, hewan tersebut tergolong ke dalam kelompok ….

A.  mollusca                                                   C. echinodhermata

B.  annelida                                                    D. arthropoda

 

7.         Berikut ini adalah grafik pertumbuham kecambah kacang hijau berdasarkan hasil percobaan ditempat terang dan ditempat gelap:

Kesimpulan berdasarkan grafik data percobaan tersebut adalah ….

A.    Pertumbuhan kecambah kacang hijau di tempat terang lebih cepat

B.     Pertumbuhan kecambah kacang hijau di tempat gelap lebih lambat

C.     Pertumbuhan kecambah kacang hijau di tempat terang lebih lambat

D.    Pertumbuhan kecambah kacang hijau tidak dipengaruhi oleh cahaya

 

8.         Perhatikan gambar ekosistem berikut!

 

Berikut ini pernyataan yang sesuai berdasarkan gambar di atas adalah .…

A.    komponen abiotik dalam ekosistem terdiri dari, cahaya, udara, air dan hewan

B.     komponen biotik dalam ekosistem adalah produsen, konsumen pengurai dan kayu dipinggir perairan

C.     interaksi antara konsumen dengan tumbuhan hijau adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan abiotik

D.    tumbuhan hijau membutuhkan air dan cahaya matahari  adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik

 

9.         Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada hari minggu Angga bersama adik pergi ke sawah dekat rumah. Dia melihat banyak tanaman dan hewan di sawahnya, Angga merasa banyak hal menarik yang ia temukan di sawah diantaranya tanaman padi yang sedang dihinggapi belalang dan ulat, terlihat juga beberapa katak yang sedang melompat-lompat di sawah. Selain itu dari kejauhan Angga melihat ada burung elang yang sedang terbang mendekati persawahan. Angga merasa sangat senang bermain di sawah.

Ketika Angga dan adiknya sedang asik bermain tiba-tiba ia melihat ada ular yang siap memangsa tikus yang berada di dekat tanaman padi. Angga dan adiknya merasa takut dan berusaha untuk menjauh dari ular tersebut.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, rantai makanan yang dapat terbentuk dalam ekosistem sawah adalah ….

A.    tanaman padi - > ulat - > belalang - > ular - > tikus

B.     tanaman padi - > belalang - > katak - > ular - > burung elang

C.     tanaman padi - > belalang - > ular - > katak - > burung blang

D.    tanaman padi - > tikus - > belalang - >ular - > burung elang

 

10.     Perhatikan jaring-jaring makanan pada perkebunan milik petani berikut!

 

Jika dalam ekosistem seperti digambarkan pada jaring-jaring makanan tersebut belalang dan ulat sangat mengganggu petani karena sayuran yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. Kemungkinan apa yang akan terjadi apabila belalang dan ulat dibasmi oleh petani?

A.      Populasi katak dan ular akan meningkat

B.       Populasi katak burung kecil menurun

C.       Panen sawi meningkat dan jumlah katak menurun

D.      Panen sawi menurun dan populasi katak meningkat

 

11.     Tumbuhan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan digunakan oleh manusia, hewan dan organisme lainnya dalam proses respirasi. Respirasi menghasilkan gas karbondioksida yang dilepas ke udara. Tumbuhan, hewan dan organisme lainnya yang mati akan diuraikan oleh dekomposer menghasilkan gas karbondioksida.

Bagan berikut menunjukan pergerakan karbondioksida pada siklus karbon yang memperlihatkan keberadaan karbondioksida di atmosfer (udara) serta pada tumbuhan hewan dan dekomposer.

Pernyataan berikut yang menunjukan posisi dari tumbuhan, hewan dan dekomposer dalam daur karbon yang tepat adalah ….

A.      1 hewan, 2 tumbuhan

B.       1 tumbuhan, 3 hewan

C.       2 dekomposer, 3 hewan

D.      2 tumbuhan, 3 dekomposer

 

12.     Menurut Webber Persebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yaitu fauna wilayah barat (orientalis), wilayah fauna tengah (peralihan) dan wilayah fauna timur (australis). Ketiga wilayah fauna tersebut memiliki ciri khas fauna masing-masing, berikut ini beberapa fauna yang masuk kelompok wilayah barat (orientalis) adalah ….

A.      gajah sumatera, badak bercula satu, orang utan

B.      harimau sumatera, anoa, burung kasuari

C.       komodo, burung cendrawasih, burung kakaktua

D.      orang utan, komodo, burung kasuari

 

13.     Keanekaragaman hayati di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestariannya dilakukan melalui pembentukan kawasan konservasi. Ada banyak jenis kawasan konservasi, salah satunya adalah taman nasional. Taman nasional adalah pelestarian kawasan alam yang memiliki ekosistem asli dengan sistem zonasi. Salah satu taman nasional yang ada di Indoesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Pernyataa-pernyataan di bawah ini yang menunjukan manfaat penetapan kawasan Taman Nasional Komodo bagi kelestarian ekosistem adalah ….

A.   menurunkan populasi komodo dengan cara membuat penangkaran

B.   mencegah komodo agar tidak mengalami kepunahan dan menjaga habitatnya

C.    membatasi daerah persebaran komodo agar mudah diburu oleh masyarakat

D.   mengatur populasi komodo agar tetap terkendali sehingga keseimbangan ekosistem dapat berubah

 

14.     Perhatikan bacaan berikut ini!

Apa Itu Global Warming ?

 

Global warming atau  pemanasan global terjadi karena ragam aktivitas manusia yang setiap tahunnya semakin parah. Aktivitas manusia yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil yang terus meningkat, penebangan hutan dan penggunaan lahan pertanian untuk perumahan atau area industi. Aktifitas tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan iklim yang membahayakan kehidupan di bumi serta seluruh isinya, termasuk manusia itu sendiri.

Global warming atau pemanasan global sebenarnya merupakan fenomena perubahan iklim drastis akibat naiknya suhu rata-rata pada atmosfer, daratan atau bahkan lautan. Kondisi tersebut akan membuat lapisan ozon juga semakin menipis, menipisnya lapisan ozon akan menyelimuti bumi dan pengaruhnya sangat pekat terhadap perubahan udara dan sumber air yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan. Sebenarnya kondisi ini bisa terjadi alamiah, namun aktivitas manusia juga menjadi penyumbang terbesar konsentrasi berbagai gas, terutama karbon dioksida.

Dari bacaan di atas, apakah dampak terjadinya global warming atau pemanasan global bagi kehidupan manusia?

A.    Meningkatnya suhu bumi, diakibatkan tingginya karbondioksida (CO2) di udara

B.     Meningkatnya keanekaragam hayati diakibatkan oleh perubahan pola curah hujan

C.     Menurunnya frekuensi bencana alam disebabkan terjadinya perubahan iklim

D.    Menipisnya lapisan ozon (O3), diakibatkan adanya penebangan pohon secara liar

 

15.  Ahnaf dan Bondan mendapatkan tugas dari gurunya untuk melakukan percobaan pengaruh kondisi air terhadap perilaku ikan. Setelah melakukan percobaan mereka menyajikan data pengamatan sebagai berikut:

Waktu

Ikan dalam air bersih

Ikan dalam air detergen

09.00

Ikan bergerak lincah dan sehat

Ikan bergerak lincah dan sehat

09.07

Ikan bergerak lincah dan sehat

Gerakan ikan mulai melambat

09.15

Ikan bergerak lincah dan sehat

Insang ikan membengkak dan keluar darah

09.17

Ahnaf dan Bondan menghentikan percobaannya

Kesimpulan yang sesuai berdasarkan data pengamatan yang telah disajikan adalah ….

A.    ikan adalah hewan yang mudah beradapatasi pada lingkungan apapun

B.     ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada di dalam air bersih dan gerakan melambat ketika dalam air detergen

C.     ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada dalam air detergen dan gerakan melambat ketika dalam air bersih

D.    penambahan detergen pada air bersih yang berisi ikan tidak menyebabkan pengaruh apapun bagi ikan

           

16.  Bacalah artikel berikut!

Ancaman Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut

Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di dunia. Di Nusantara, sampah plastik tak hanya dijumpai di wilayah darat saja, tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang luasnya mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. Semua pihak dihimbau untuk terus terlibat dalam penanganan sampah plastik yang ada di lautan.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun sedikitnya sebanyak 1,29 juta ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap tahunnya. Fakta tersebut menasbihkan Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan. Sekretaris Jenderal KIARA Susan Herawati mengatakan, semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski ancaman kerusakan tak hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap mengingatkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat berbahaya. Untuk itu mari selamatkan laut Indonesia dan ekosistem dari sampah plastik.

Sumber : https://www.mongabay.co.id/2018/07/26/ancaman-sampah-plastik-untuk-ekosistem-laut-harus-segera-dihentikan-bagaimana-caranya/

 

Usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah sampah plastik sesuai artikel di atas adalah ….

A.   memproduksi kantong plastik lebih banyak lagi karena sangat praktis digunakan

B.   mengumpulkan sampah plastik yang telah digunakan kemudian dibakar

C.    kantong plastik yang sudah tidak digunakan ditimbun kemudian di kubur di dalam tanah

D.   mengurangi penggunaan sampah plastik dan memilah sampah plastik yang masih dapat dimanfaatkan kembali

 

17.  Perhatikan pernyataan berikut!

1.      Merupakan satelit bumi

2.      Memancarkan cahaya sendiri

3.      Mempunya kala rotasi dan revolusi yang sama

4.      Makin jauh jarakya dari Matahari kala revolusinya makin besar

Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan ciri-ciri dari bulan adalah ….

A.   1 dan 2                                                   C. 2 dan 3

B.   1 dan 3                                                   D. 2 dan 4

 

18.  Bumi berotasi dan berevolusi secara bersamaan. Rotasi bumi dapat menyebabkan beberapa peristiwa, antara lain ….

A.        pergantian musim

B.        terjadinya siang dan malam

C.         perubahan lamanya siang dan malam

D.        gerak semu tahunan matahari

 

19.  Gambar berikut ini menunjukan pergantian musim berkaitan dengan empat kedudukan bumi pada orbitnya!


Pada saat bumi berada di posisi tanggal 22 desember sampai dengan tanggal 21 maret, pernyataan yang tepat terkait dengan yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan adalah ….

A.        belahan bumi utara mengalami musim semi dan belahan bumi selatan mengalami musim gugur

B.        belahan bumi utara mengalami musim gugur dan belahan bumi selatan mengalami musim semi

C.        belahan bumi utara selatan mengalami mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin

D.       belahan bumi utara mengalami musim dingin dan belahan bumi selatan mengalami musim panas

 

20.  Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas posisi bulan yang mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut terbesar adalah ….

A.    1) dan 2)

B.     1) dan 3)

C.     2) dan 3)

D.    2) dan 4)

 

B.       PASANGKAN PERNYATAAN BERIKUT DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN MENULIS HURUF ATAU JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

21. Tumbuhan teratai memiliki daun lebar agar dapat mengapung di atas air

22.  Cara pengelompokan organisme dengan memperlihatkan adanya hubungan kekerabatan

23. Tanaman anggrek bulan menempel pada tumbuhan mangga

24.  Upaya pelestarian ekosistem di luar habitat aslinya

25.   Planet terbesar di tata surya 

            A.       Jupiter

           B.       In situ

           C.       Mutualisme

           D.       Ex situ

           E.        Saturnus

           F.        Komensalisme

           G.       Adaptasi

           H.       Taksonomi

            I.          Klasifikasi

            J.          Iritabilitas


C.      PILIHLAH JAWABAN B JIKA PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

26.      Monera adalah salah satu kingdom makhluk hidup bersel satu dan tidak memiliki membran inti.

27.      Rhizobium leguminosarum salah satu bakteri yang berperan dalam siklus nitrogen.

28.      Kromosfer merupakan lapisan matahari yang paling dingin.

29.      Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada diantara matahari dan bulan.

30.      Pencemaran udara dapat diatasi dengan memperbanyak penggunaan produk yang mengandung CFC.

 

D.      LENGKAPILAH PERNYATAAN BERIKUT DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

31.      Peristiwa jatuhnya air ke permukaan bumi melalui hujan dalam sikus air dinamakan ….

32.      Pencemaran adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan. Ssalah satu zat pencemar yang dapat menyebabkan adanya hujan asam adalah ….

33.      Upaya penggunaan tanaman atau bagian-bagiannya untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan baik air atau lahan dinamakan ….

34.      Bahan bakar alternatif yang dihasilkan dengan memanfaatkan gas metana yang dihasilkan dari pembusukan sampah organik dinamakan ….

35.      Benda-benda kecil yang terdapat pada ruang antarplanet dan sebagian berasal dari pecahan asteroid dan komet merupakan ciri dari salah satu benda langit yang dinamakan ….

 

 

E.       JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR!

 

36.      Zahra sedang mempelajari tentang perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil, kemudian ia melakukan pengamatan terhadap bentuk batang, akar dan daun pada dua jenis tumbuhan tersebut. Hasil pengamatan menunjukan bahwa tumbuhan yang pertama memiliki ciri batang bercabang, berakar tunggang dan memiliki pertulangan daun menyirip, sedangkan tumbuhan yang kedua memiliki ciri batang tidak bercabang, berakar serabut dan memiliki pertulangan daun sejajar.

Berdasarkan data pengamatan yang telah dilakukan Zahra, identifikasikanlah kedua jenis tumbuhan tersebut dengan melengkapi tabel di bawah ini:

No

Jenis Tumbuhan

Ciri yang dimiliki berdasarkan hasil pengamatan

Contoh tumbuhan

1

Monokotil

 

 

2

Dikotil

 

 

 

37.      Perhatikan kunci determinasi berikut !

1.      a. Tidak memiliki tulang belakang …………………………. Invertebrata

b. Memiliki tulang belakang ………………………………… 2

2.      a. Bergerak dengan sirip ……………………………………..  Pisces

b. Tidak bergerak dengan sirip ………………………………  3

3.      a. Penutup tubuh berupa bulu ………………………………..  Aves

b. Penutup tubuh tidak berupa bulu …………………………. 4

4.      a. Mempunyai kelenjar susu …………………………………. Mamalia

b. tidak memiliki kelenjar susu ………………………………. 5

5.      a. Memiliki kulit kering ……………………………………...  Reptilia

b. Berkulit lembab ……………………………………………  Amfibia

 

Berdasarkan kunci determinasi di atas, buatkanlah kunci determinasi/klasifikasi dari hewan-hewan ikan nila, buaya dan katak dengan melengkapi tabel berikut ini :

No

Nama Hewan

Kelompok Hewan

Urutan kunci Klasifikasi

1.

 

Ikan lele

Pisces

……………………………

2.

 

Buaya

…………………..

……………………………

3.                   

Katak

 

…………………..

……………………………

 

38.      Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!

 

Tuliskan rantai makanan yang terdapat dalam jaring-jaring makanan tersebut dan tentukan peranan masing-masing makhluk hidup dalam rantai makanan tersebut!

 

39.      Seorang guru meminta siswanya untuk melakukan pengujian air di lingkungan sekolah. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik, kimia dan biologis air. Sifat fisik yang di amati meliputi (1) tingkat kejernihan, (2) perubahan suhu air, (3) bau dan warna air, (4) unsur biologis yaitu dengan mengetahui adanya pathogen pencemar yang terdapat di dalam air, dan pathogen tersebut dapat mengakibatkan penyakit pada manusia.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, analisislah perbedaan air bersih dengan air tercemar pada tabel berikut ini :

No

Air Bersih

Air tercemar

 

(1)

 

 

(2)

 

 

(3)

 

 

(4)

 

 

 

40.      Guru IPA memberikan data tentang kondisi dua buah planet, yakni planet Bumi dan planet imajiner, dan meminta siswanya untuk berdiskusi jika planet imajiner itu benar ada, apakah manusia akan dapat hidup di planet tersebut.

Berikut data mengenai kedua planet tersebut:

Kondisi Atmosfer Planet

Planet Bumi

Planet Imajiner

Komponen Gas

21 % oksigen

0.03 % karbondioksida

78 % nitrogen

4 % oksigen

13 % karbondioksida

83 % nitrogen

Lapisan ozon

Ada

Tidak ada

Awan

Ada

Tidak ada

Berdasarkan data kedua planet, menurut kalian apakah planet imajiner dapat dihuni oleh manusia? Berikan alasannya jika planet tersebut ada!

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer