A. PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI
TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.
1.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Tanaman putri malu akan mengatup
ketika terkena sentuhan
2.
Tumbuhan memerlukan CO2
dan H2O untuk melakukan fotosintesis
3.
Seorang anak berkeringat hingga
bajunya basah setelah berlari mengelilingi lapangan
4.
Lumba-lumba secara periodik akan
mencul ke permukaan air
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang menunjukan ciri makhluk hidup memerlukan energi dan
mengeluarkan zat sisa adalah ….
A.
1 dan 2 C.
2 dan 3
B.
1 dan 3 D. 2 dan
4
2.
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Makhluk hidup ada yang tersusun
dari satu sel (uniseluler) seperti Paramaecium, Amoeba dan Euglena
dan ada yang tersusun dari banyak sel (multiseluler) contohnya
manusia, hewan dan jamur. Virus tidak termasuk ke dalam makhluk hidup karena
tidak tersusun dari sel. Tubuh vitus hanya tersusun dari protein yang di
dalamnya terdapat materi genetik berupa DNA dan RNA.
Kesimpulan yang dapat kita peroleh tentang perbedaan makhluk hidup dan
benda mati berdasarkan bacaan di atas adalah ….
A.
virus tergolong bukan
makhluk hidup karena tidak tersusun dari sel, sedangkan makhluk hidup secara
srtuktural tersusun dari sel
B.
virus tergolong makhluk hidup
karena tersusun dari protein yang didalamnya terdapat materi genetik berupa DNA
dan RNA
C.
secara struktural virus memiliki
sel sehingga dapat digolongkan ke dalam bukan makhluk hidup
D.
Paramaecium dan Amoeba bukan tergolong makhluk hidup karena secara struktural
tubuhnya tersusun dari sel
3.
Syifa diberi tugas oleh guru IPA
untuk mengamati tumbuhan yang terdapat di halaman rumahnya dan mencari nama
ilmiah tumbuhan tersebut. Terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ditemukan oleh
Syifa diantaranya adalah tumbuhan cabai dan tomat. Setelah menelusuri informasi
dari berbagai sumber yang dipercaya, Syifa mendapatkan nama ilmiah kedua
tumbuhan tersebut yaitu Capsicum annum untuk cabai dan Solanum
lycopersicum untuk tomat.
Dari data yang diperoleh Syifa kita dapat mengambil kesimpulan bahwa
tanaman cabai dan tomat memiliki ….
A.
marga (genus) dan spesies yang sama
B.
marga (genus) sama, spesies berbeda
C.
marga (genus) berbeda, spesies sama
D.
marga (genus) dan spesies
berbeda
4.
Boni membuat kunci determinasi
tumbuhan sebagai berikut.
1.
a. Tidak memiliki pembuluh angkut
……….. 2
b. Memiliki pembuluh angkut ……………...
2
2.
a. Berkembangbiak menggunakan spora
….. Briophyta
b. Berkembangbiak menggunakan biji …….
3
3.
a. Biji tidak dilindungi daging
buah………... Gymnospermae
b. Biji dilindungi daging buah ……………...
4
4.
a. Berakar serabut
………………………….. Monokotil
b. Berakar tunggang ………………………..
Dikotil
Urutan identifikasi yang benar untuk tumbuhan padi berdasarkan kunci
determinasi di atas adalah ….
A.
1a, 2a C. 1b, 2b, 3b, 4a
B.
1b, 2b, 3a D.
1b, 2b, 3b, 4b
5.
Diva dan Tata melakukan pengamatan untuk
melakukan identifikasi pada tumbuhan lumut dan tumbuhan paku dan menyajikan data
pengamatan sebagai berikut:
1. Tidak
dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun
2. Daun
muda menggulung
3. Hidup
menempel pada bebatuan, tembok atau kulit kayu
4. Sudah
dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun
5.
Perkembangbiakan terjadi dengan pergiliran
keturunan adanya generasi gametofit dan generasi sporofit
Berdasarkan
data di atas ciri yang paling sesuai dengan tumbuhan paku adalah ….
A. 1, 2
dan 4 C. 2, 3 dan 4
B. 1, 3,
dan 5 D. 2, 4 dan 5
Berdasarkan ciri-ciri morfologinya, hewan tersebut
tergolong ke dalam kelompok ….
A. mollusca C. echinodhermata
B. annelida D.
arthropoda
7.
Berikut ini adalah grafik
pertumbuham kecambah kacang hijau berdasarkan hasil percobaan ditempat terang
dan ditempat gelap:
Kesimpulan
berdasarkan grafik data percobaan tersebut adalah ….
A.
Pertumbuhan kecambah kacang hijau
di tempat terang lebih cepat
B.
Pertumbuhan kecambah kacang hijau
di tempat gelap lebih lambat
C.
Pertumbuhan kecambah
kacang hijau di tempat terang lebih lambat
D.
Pertumbuhan kecambah kacang hijau
tidak dipengaruhi oleh cahaya
8. Perhatikan gambar ekosistem berikut!
Berikut ini
pernyataan yang sesuai berdasarkan gambar di atas adalah .…
A.
komponen abiotik dalam ekosistem
terdiri dari, cahaya, udara, air dan hewan
B.
komponen biotik dalam ekosistem
adalah produsen, konsumen pengurai dan kayu dipinggir perairan
C.
interaksi antara konsumen dengan
tumbuhan hijau adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan abiotik
D.
tumbuhan hijau
membutuhkan air dan cahaya matahari
adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik
9.
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada hari minggu
Angga bersama adik pergi ke sawah dekat rumah. Dia melihat banyak tanaman dan
hewan di sawahnya, Angga merasa banyak hal menarik yang ia temukan di sawah
diantaranya tanaman padi yang sedang dihinggapi belalang dan ulat, terlihat
juga beberapa katak yang sedang melompat-lompat di sawah. Selain itu dari
kejauhan Angga melihat ada burung elang yang sedang terbang mendekati
persawahan. Angga merasa sangat senang bermain di sawah.
Ketika Angga dan
adiknya sedang asik bermain tiba-tiba ia melihat ada ular yang siap memangsa
tikus yang berada di dekat tanaman padi. Angga dan adiknya merasa takut dan
berusaha untuk menjauh dari ular tersebut.
Berdasarkan
ilustrasi tersebut, rantai makanan yang dapat terbentuk dalam ekosistem sawah
adalah ….
A.
tanaman padi - > ulat - >
belalang - > ular - > tikus
B.
tanaman padi - >
belalang - > katak - > ular - > burung elang
C.
tanaman padi - > belalang - >
ular - > katak - > burung blang
D.
tanaman padi - > tikus - >
belalang - >ular - > burung elang
10. Perhatikan jaring-jaring makanan pada perkebunan milik petani berikut!
Jika dalam
ekosistem seperti digambarkan pada jaring-jaring makanan tersebut belalang dan
ulat sangat mengganggu petani karena sayuran yang dihasilkan menjadi tidak
maksimal. Kemungkinan apa yang akan terjadi apabila belalang dan ulat dibasmi
oleh petani?
A.
Populasi katak dan ular akan
meningkat
B.
Populasi katak burung kecil menurun
C.
Panen sawi meningkat dan jumlah
katak menurun
D.
Panen sawi menurun dan populasi katak
meningkat
11.
Tumbuhan menyerap karbondioksida
dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan
oleh tumbuhan digunakan oleh manusia, hewan dan organisme lainnya dalam proses
respirasi. Respirasi menghasilkan gas karbondioksida yang dilepas ke udara.
Tumbuhan, hewan dan organisme lainnya yang mati akan diuraikan oleh dekomposer
menghasilkan gas karbondioksida.
Pernyataan
berikut yang menunjukan posisi dari tumbuhan, hewan dan dekomposer dalam daur
karbon yang tepat adalah ….
A.
1 hewan, 2 tumbuhan
B.
1 tumbuhan, 3 hewan
C.
2 dekomposer, 3 hewan
D.
2 tumbuhan, 3 dekomposer
12.
Menurut Webber Persebaran fauna di
Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yaitu fauna wilayah barat (orientalis),
wilayah fauna tengah (peralihan) dan wilayah fauna timur (australis). Ketiga
wilayah fauna tersebut memiliki ciri khas fauna masing-masing, berikut ini
beberapa fauna yang masuk kelompok wilayah barat (orientalis) adalah ….
A.
gajah sumatera, badak
bercula satu, orang utan
B.
harimau sumatera, anoa, burung
kasuari
C.
komodo, burung cendrawasih, burung
kakaktua
D.
orang utan, komodo, burung kasuari
13.
Keanekaragaman hayati di Indonesia
harus dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestariannya dilakukan melalui pembentukan
kawasan konservasi. Ada banyak jenis kawasan konservasi, salah satunya adalah taman
nasional. Taman nasional adalah pelestarian kawasan alam yang memiliki
ekosistem asli dengan sistem zonasi. Salah satu taman nasional yang ada di
Indoesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.
Pernyataa-pernyataan di bawah ini yang menunjukan manfaat penetapan
kawasan Taman Nasional Komodo bagi kelestarian ekosistem adalah ….
A.
menurunkan populasi komodo dengan
cara membuat penangkaran
B.
mencegah komodo agar
tidak mengalami kepunahan dan menjaga habitatnya
C.
membatasi daerah persebaran komodo
agar mudah diburu oleh masyarakat
D.
mengatur populasi komodo agar tetap
terkendali sehingga keseimbangan ekosistem dapat berubah
14.
Perhatikan bacaan berikut ini!
Apa Itu Global Warming ?
Global warming atau pemanasan
global terjadi karena ragam aktivitas manusia yang setiap tahunnya semakin
parah. Aktivitas manusia yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global
adalah penggunaan bahan bakar fosil yang terus meningkat, penebangan hutan dan
penggunaan lahan pertanian untuk perumahan atau area industi. Aktifitas
tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan iklim yang membahayakan kehidupan
di bumi serta seluruh isinya, termasuk manusia itu sendiri.
Global warming atau pemanasan global sebenarnya merupakan fenomena
perubahan iklim drastis akibat naiknya suhu rata-rata pada atmosfer, daratan
atau bahkan lautan. Kondisi tersebut akan membuat lapisan ozon juga semakin
menipis, menipisnya lapisan ozon akan
menyelimuti bumi dan pengaruhnya sangat pekat terhadap perubahan udara dan
sumber air yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan. Sebenarnya
kondisi ini bisa terjadi alamiah, namun aktivitas manusia juga menjadi
penyumbang terbesar konsentrasi berbagai gas, terutama karbon dioksida.
Dari bacaan di atas, apakah dampak terjadinya global warming atau
pemanasan global bagi kehidupan manusia?
A. Meningkatnya suhu bumi, diakibatkan tingginya karbondioksida
(CO2) di udara
B. Meningkatnya keanekaragam hayati diakibatkan oleh perubahan
pola curah hujan
C. Menurunnya frekuensi bencana alam disebabkan terjadinya
perubahan iklim
D. Menipisnya lapisan ozon (O3), diakibatkan adanya
penebangan pohon secara liar
15.
Ahnaf dan Bondan mendapatkan tugas
dari gurunya untuk melakukan percobaan pengaruh kondisi air terhadap perilaku
ikan. Setelah melakukan percobaan mereka menyajikan data pengamatan sebagai
berikut:
Waktu |
Ikan
dalam air bersih |
Ikan
dalam air detergen |
09.00 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
09.07 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Gerakan
ikan mulai melambat |
09.15 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Insang
ikan membengkak dan keluar darah |
09.17 |
Ahnaf dan Bondan menghentikan
percobaannya |
Kesimpulan
yang sesuai berdasarkan data pengamatan yang telah disajikan adalah ….
A.
ikan adalah hewan yang mudah
beradapatasi pada lingkungan apapun
B.
ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada di dalam
air bersih dan gerakan melambat ketika dalam air detergen
C.
ikan bergerak lincah dan sehat
ketika berada dalam air detergen dan gerakan melambat ketika dalam air bersih
D.
penambahan detergen pada air bersih
yang berisi ikan tidak menyebabkan pengaruh apapun bagi ikan
16.
Bacalah artikel berikut!
Ancaman Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut
Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia
dan juga negara lain di dunia. Di Nusantara, sampah plastik tak hanya dijumpai
di wilayah darat saja, tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang
luasnya mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. Semua pihak dihimbau
untuk terus terlibat dalam penanganan sampah plastik yang ada di lautan.
Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun
sedikitnya sebanyak 1,29 juta ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di
lautan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap
kilometer persegi setiap tahunnya. Fakta tersebut menasbihkan Indonesia menjadi
negara nomor dua di dunia dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan. Sekretaris
Jenderal KIARA Susan Herawati mengatakan, semakin banyak sampah plastik di
lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski
ancaman kerusakan tak hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap
mengingatkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat
berbahaya. Untuk itu mari selamatkan laut Indonesia dan ekosistem dari sampah
plastik.
Sumber :
https://www.mongabay.co.id/2018/07/26/ancaman-sampah-plastik-untuk-ekosistem-laut-harus-segera-dihentikan-bagaimana-caranya/
Usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah sampah
plastik sesuai artikel di atas adalah ….
A.
memproduksi kantong plastik lebih
banyak lagi karena sangat praktis digunakan
B.
mengumpulkan sampah plastik yang
telah digunakan kemudian dibakar
C.
kantong plastik yang sudah tidak
digunakan ditimbun kemudian di kubur di dalam tanah
D. mengurangi
penggunaan sampah plastik dan memilah sampah plastik yang masih dapat
dimanfaatkan kembali
17.
Perhatikan pernyataan berikut!
1.
Merupakan satelit bumi
2.
Memancarkan cahaya sendiri
3.
Mempunya kala rotasi dan revolusi
yang sama
4.
Makin jauh jarakya dari Matahari
kala revolusinya makin besar
Berdasarkan
pernyataan di atas, yang merupakan ciri-ciri dari bulan adalah ….
A.
1 dan 2 C. 2 dan 3
B. 1 dan 3 D. 2 dan 4
18.
Bumi berotasi dan berevolusi secara
bersamaan. Rotasi bumi dapat menyebabkan beberapa peristiwa, antara lain ….
A.
pergantian musim
B.
terjadinya siang dan malam
C.
perubahan lamanya siang dan malam
D.
gerak semu tahunan matahari
19.
Gambar berikut ini menunjukan pergantian
musim berkaitan dengan empat kedudukan bumi pada orbitnya!
Pada saat
bumi berada di posisi tanggal 22 desember sampai dengan tanggal 21 maret,
pernyataan yang tepat terkait dengan yang terjadi di belahan bumi utara dan selatan
adalah ….
A.
belahan bumi utara mengalami musim
semi dan belahan bumi selatan mengalami musim gugur
B.
belahan bumi utara mengalami musim
gugur dan belahan bumi selatan mengalami musim semi
C.
belahan bumi utara selatan
mengalami mengalami musim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin
D. belahan bumi utara
mengalami musim dingin dan belahan bumi selatan mengalami musim panas
20. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas posisi bulan
yang mengakibatkan terjadinya pasang surut air laut terbesar adalah ….
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
B. PASANGKAN PERNYATAAN BERIKUT DENGAN
PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN MENULIS HURUF ATAU JAWABAN
PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
21. Tumbuhan teratai memiliki daun lebar agar dapat mengapung di atas air
22. Cara pengelompokan organisme dengan memperlihatkan adanya hubungan kekerabatan
23. Tanaman anggrek bulan menempel pada tumbuhan mangga
24. Upaya pelestarian ekosistem di luar habitat aslinya
25. Planet terbesar di tata surya
A. Jupiter B. In situ C. Mutualisme D. Ex situ E.
Saturnus F.
Komensalisme G. Adaptasi H. Taksonomi I.
Klasifikasi J.
Iritabilitas |
C. PILIHLAH JAWABAN B JIKA PERNYATAAN
BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA
HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
26.
Monera adalah
salah satu kingdom makhluk hidup bersel satu dan tidak memiliki membran inti.
27.
Rhizobium
leguminosarum salah satu
bakteri yang berperan dalam siklus nitrogen.
28.
Kromosfer
merupakan lapisan matahari yang paling dingin.
29.
Gerhana bulan
terjadi ketika bumi berada diantara matahari dan bulan.
30.
Pencemaran
udara dapat diatasi dengan memperbanyak penggunaan produk yang mengandung CFC.
D. LENGKAPILAH PERNYATAAN BERIKUT
DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
31. Peristiwa jatuhnya air ke permukaan bumi
melalui hujan dalam sikus air dinamakan ….
32. Pencemaran adalah peristiwa masuknya zat
atau komponen lainnya ke dalam lingkungan. Ssalah satu zat pencemar yang dapat
menyebabkan adanya hujan asam adalah ….
33. Upaya penggunaan tanaman atau
bagian-bagiannya untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan baik air atau
lahan dinamakan ….
34. Bahan bakar alternatif yang dihasilkan
dengan memanfaatkan gas metana yang dihasilkan dari pembusukan sampah organik
dinamakan ….
35. Benda-benda kecil yang terdapat pada
ruang antarplanet dan sebagian berasal dari pecahan asteroid dan komet
merupakan ciri dari salah satu benda langit yang dinamakan ….
E.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN DI
BAWAH INI DENGAN BENAR!
36.
Zahra sedang mempelajari tentang
perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil, kemudian ia melakukan pengamatan
terhadap bentuk batang, akar dan daun pada dua jenis tumbuhan tersebut. Hasil
pengamatan menunjukan bahwa tumbuhan yang pertama memiliki ciri batang
bercabang, berakar tunggang dan memiliki pertulangan daun menyirip, sedangkan
tumbuhan yang kedua memiliki ciri batang tidak bercabang, berakar serabut dan
memiliki pertulangan daun sejajar.
Berdasarkan data pengamatan yang telah dilakukan Zahra,
identifikasikanlah kedua jenis tumbuhan tersebut dengan melengkapi tabel di
bawah ini:
No |
Jenis
Tumbuhan |
Ciri
yang dimiliki berdasarkan hasil pengamatan |
Contoh
tumbuhan |
1 |
Monokotil |
|
|
2 |
Dikotil |
|
|
37.
Perhatikan kunci determinasi berikut
!
1.
a. Tidak memiliki tulang belakang
…………………………. Invertebrata
b. Memiliki tulang belakang ………………………………… 2
2.
a. Bergerak dengan sirip
…………………………………….. Pisces
b. Tidak bergerak dengan sirip ……………………………… 3
3.
a. Penutup tubuh berupa bulu
……………………………….. Aves
b. Penutup tubuh tidak berupa bulu …………………………. 4
4.
a. Mempunyai kelenjar susu
…………………………………. Mamalia
b. tidak memiliki kelenjar susu ………………………………. 5
5.
a. Memiliki kulit kering
……………………………………... Reptilia
b. Berkulit lembab …………………………………………… Amfibia
Berdasarkan kunci determinasi di atas, buatkanlah kunci
determinasi/klasifikasi dari hewan-hewan ikan nila, buaya dan katak dengan
melengkapi tabel berikut ini :
No |
Nama Hewan |
Kelompok Hewan |
Urutan kunci
Klasifikasi |
1. |
Ikan lele |
Pisces |
…………………………… |
2. |
Buaya |
………………….. |
…………………………… |
3.
|
Katak |
………………….. |
…………………………… |
38.
Perhatikan jaring-jaring makanan
berikut!
Tuliskan rantai makanan yang terdapat dalam jaring-jaring makanan
tersebut dan tentukan peranan masing-masing makhluk hidup dalam rantai makanan
tersebut!
39.
Seorang guru meminta siswanya untuk
melakukan pengujian air di lingkungan sekolah. Pengujian tersebut dilakukan
untuk mengetahui kondisi fisik, kimia dan biologis air. Sifat fisik yang di
amati meliputi (1) tingkat kejernihan, (2) perubahan suhu air, (3) bau dan
warna air, (4) unsur biologis yaitu dengan mengetahui adanya pathogen pencemar
yang terdapat di dalam air, dan pathogen tersebut dapat mengakibatkan penyakit
pada manusia.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, analisislah perbedaan air
bersih dengan air tercemar pada tabel berikut ini :
No |
Air
Bersih |
Air
tercemar |
(1) |
|
|
(2) |
|
|
(3) |
|
|
(4) |
|
|
40.
Guru IPA memberikan data tentang
kondisi dua buah planet, yakni planet Bumi dan planet imajiner, dan meminta
siswanya untuk berdiskusi jika planet imajiner itu benar ada, apakah manusia
akan dapat hidup di planet tersebut.
Berikut data mengenai kedua planet tersebut:
Kondisi
Atmosfer Planet |
Planet
Bumi |
Planet
Imajiner |
Komponen Gas |
21 % oksigen 0.03 %
karbondioksida 78 % nitrogen |
4 % oksigen 13 %
karbondioksida 83 % nitrogen |
Lapisan ozon |
Ada |
Tidak ada |
Awan |
Ada |
Tidak ada |
Berdasarkan data kedua planet, menurut kalian apakah planet
imajiner dapat dihuni oleh manusia? Berikan alasannya jika planet tersebut ada!