Rabu, 14 November 2018

Assalamualaikum guys... jumpa lagi dengan Juragan Les yang selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pengunjung Education Blog ini. Ketika musim penghujan seperti sekarang ini, tentunya kalian sering mendengar atau melihat berita banjir terjadi dimana-mana disebabkan debit air yang terlalu besar. Mungkin ada yang sudah paham dan mungkin ada juga yang belum mengerti sama sekali sebenarnya apa sih debit itu ?

Pembelajaran debit air

Tentang Debit

Debit adalah kecepatan aliran zat cair per satuan waktu. Sebenarnya debit adalah materi Fisika, namun saat ini, debit merupakan materi yang harus dipelajari anak kelas VI SD. Wow...amazing ! Math often makes them dizzy and confused.

But, don't worry...! kali ini saya akan berbagi cara mudah belajar debit dengan metode otak kanan. Debit yang saya maksud adalah debit air, bukan debit bank ya guys hehe.

Seperti yang kita ketahui, Matematika seringkali membuat anak-anak menjadi stress dan akhirnya mereka membenci Matematika bahkan menganggap Matematika sebagai momok yang menakutkan. Betul apa betul ? Pertanyaannya, bagaimanakah caranya agar anak menyukai Matematika ? Caranya cukup sederhana, yaitu jangan memaksa anak untuk menyukai Matematika. Ciptakan suasana rilex sehingga anak merasa nyaman ketika belajar. Disinilah pentingnya metode pembelajaran dengan otak kanan. Maaf, bukan maksud saya menggurui ya. Tapi sekedar sharing saja.

Mengenal otak kiri dan otak kanan
Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan segala kesempurnaan. Disebut sempurna karena manusia dikarunia otak yang sangat menakjubkan. Hal inilah yang membuat manusia berada dalam kasta tertinggi diantara ciptaan Tuhan yang lainnya.

Berbicara mengenai otak manusia, saya tidak akan membahasnya secara detail. Sekedar untuk diketahui, otak besar manusia (cerebrum) terbagi menjadi dua bagian, yakni otak kiri (left brain) dan otak kanan (right brain).

Jika dilihat dari cara kerjanya otak kiri cenderung linier. Otak kiri adalah otak rasional yang erat kaitannya dengan IQ, lebih bersifat logis, aritmatik, verbal, segmental, fokus dan bergantung pada waktu (memory jangka pendek). Sedangkan otak kanan adalah otak emosional, yang erat kaitannya dengan EQ, bersifat intuitif, spasial, visual, holistik, difus, pararel dan tidak bergantung pada waktu (memory jangka panjang). Meskipun demikian, keduanya bekerja beriringan dan saling mendukung.

Berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa kemampuan dalam mata pelajaran seperti Matematika sebenarnya lebih kuat ketika kedua bagian otak bekerja sama. Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya harus berfungsi secara optimal. Anak yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi.

Belajar Debit dengan Otak Kanan

Salah satu perbedaan fungsi otak kiri dan kanan adalah bentuk pemikiran otak kiri dituangkan dalam kata-kata, sementara pemikiran otak kanan berupa gambar(visual). Kelebihan belajar dengan metode otak kanan adalah membantu mengingat dan menghafal dengan cepat salah satunya menghafal rumus debit air.

Sebelum masuk materi debit, ajak adik kalian berlatih mengubah satuan jarak, volume dan waktu seperti di bawah ini.
  • 1 m3 = ... cm3                              
  • 100 dm3 = ... m3                          
  • 1 liter = ... dm3                          
  • 1 m3/jam = ... dm3/jam                
  • 1 menit = ...  detik
  • 1  jam = ...  menit
  • 180 detik = ... menit
  • 3 liter/jam = ... cm3/menit
Sebaiknya kita juga mempelajari ini dulu ya...
Menghafal tangga satuan jarak


Menghafal Satuan Jarak

Untuk menghafalkan tangga satuan jarak, bisa diajarkan dengan menyanyikannya menggunakan lirik lagu anak-anak (Makan apa, makan apa, makan apa sekarang). Syair lagu diganti kilometer, hektometer, dekameter, meter ... desimeter, centimeter, milimeter. Selesai. Dengan menyanyikannya, dijamin anak-anak cepat hafal. Sudah terbukti.



Karena ini materi tentang debit, maka setiap tangga harus dipahami bernilai 1000 tiap tingkatnya. Jika naik tangga maka dibagi 1000, jika turun tangga maka dikali 1000. Pada satuan volume terdapat tanda kubik (pangkat 3).

Terangkan pula bahwa satuan volume adalah liter, dm3, ml , cm3, cc.

Konversi satuan volume


Konversi satuan volume

Konversi satuan waktu 


Konversi satuan waktu

Mengubah satuan waktu

Setelah menghafal satuan jarak, memahami konversi satuan volume dan waktu, kita akan menemukan jawaban dari latihan soal di atas dengan mudah.
  • 1 m3 = 1x1000.000=1000.000 cm3                              
  • 100 dm3 = 100x1000=100.000 m3                          
  • 1 liter = 1 dm3                          
  • 1 m3/jam = 1x1000=1000 dm3/jam                
  • 1 menit = 1x60 = 60 detik
  • 1  jam = 1x60=60 menit
  • 180 detik = 180 : 60=3 menit
  • 3 liter/jam = 3x1000=3000 : 60= 50 cm3/menit
Saatnya menghitung debit
Bila adik-adik sudah mampu mengubah satuan volume dan waktu seperti contoh di atas, maka kita dapat melanjutkan dan masuk pada materi utama, yaitu debit.

Rumus debit adalah :

Rumus Debit Air

Debit  =  Volume : Waktu
Segitiga ini bisa membantu anak-anak untuk mencari volume atau waktu. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan dari soal debit. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :
Debit = Volume : Waktu,
Waktu = Volume : Debit 
Volume = Debit x Waktu.

Ada juga yang menghafal rumus dengan mengganti huruf V, D, W dengan Isi DeWe. Isi (volume), De (debit), We (waktu) yang dalam bahasa Jawa, isi dewe = isi sendiri. Atau juga dengan menggunakan istilah Vokalis DeWa (Vokalis=volume, De=debit, Wa=waktu).

Contoh soal :
1. Menentukan Debit


Menentukan debit

Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 36 liter bensin diisikan dalam waktu 2 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?

Diketahui :
Volume = 36 liter
Waktu = 2 menit
Ditanyakan debit ?
Jawab :
Debit = Volume : waktu
         = 36 liter : 2 menit
         = 18 liter/menit
Jadi, debit aliran bensin adalah 18 liter/menit.

2. Menentukan Waktu


Menentukan waktu

Jika debit air 10 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 160.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?

Diketahui :
Debit = 10 m3 /menit
Volume =  160.000 liter = 160.000 d m3 = 160 m3
Ditanyakan waktu ?
Jawab :
Waktu = Volume : Debit
           = 160 : 10
           = 16
Jadi, waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam adalah 16 menit.

3. Menentukan Volume 


Menentukan volume

Suatu hari, debit air sungai Brantas 140 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 8 jam ?

Diketahui :
Debit =  140 mm3/menit = 0,140 cm3/menit
Waktu = 8 jam = 480 menit
Ditanyakan Volume ?
Jawab :
Volume = Debit x Waktu
            = 0,140 cm3/menit x 480 menit
            = 67,2 cm3
Jadi volume air yang mengalir selama 8 jam adalah 67,2 cm3.



Soal Debit Kelas V Download Dan Kunci Jawaban Download

Sabtu, 22 September 2018

Untuk Adik-Adik Ini soal PTS Gasal tahun Pelajaran 2018-2019 Kurikulim 2013

KELAS VII

1.   Bahasa Indonesia Download Kunci Jawaban Download
2.   Pendidikan Agama Islam Download Kunci Jawaban Download
3.   Matematik Download Kunci Jawaban Download
4.   PKn Download Kunci Jawaban Download
5.   Bahasa Inggris Download Kunci Jawaban Download
6.   Penjasorkses Download Kunci Jawaban Download
7.   IPA Download Kunci Jawaban Download
8.   Seni Budaya Download Kunci Jawaban Download
9.   IPS Download Kunci Jawaban Dowload
10. Bahasa Jawa Download Kunci Jawaban Download
11. Prakarya Download Kunci Jawaban Download

Jumat, 14 September 2018


ILMU BANTU GEOGRAFI
Geografi merupakan ilmu yang bersifat integrase sehingga seringkali disebut jembatan antara ilmu alam dan sosial ditambah teknik. Berbagai fenomena yang berkaitan dengan aspek fisik dan non fisik dikaji dalam geografi mulai dari erupsi, perubahan iklim, migrasi manusia, sebaran hewan hingga zona laut dalam. Tentu untuk menjelaskan fenomena tersebut dengan lebih mendalam, dibutuhkan ilmu pendukung lain sehingga pendeskripsiannya akan lebih mendalam. Berikut ini beberapa ilmu bantu geografi.
1.             Demografi
Ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dinamika penduduk di permukaan bumi mulai dari pertumbuhan hingga perkembangannya. Dengan demikian kita bias mengetahui tentang struktur piramida penduduk, angka pertumbuhan penduduk, faktor migrasi hingga ramalan penduduk di masa depan.
2.             Meteorologi
Ilmu yang mempelajari tentang fenomena cuaca dan dinamikanya. Kita bisa belajar tentang faktor-faktor yang memengaruhi cuaca suatu daerah, ramalan cuaca  dan anomalinya dari waktu ke waktu.
3.             Astronomi
Ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar angkasa serta interaksinya dengan Bumi. Berbagai fenomena seperti gerhana, meteor hingga pasang surut laut merupakan dampak dari interaksi Bumi dengan benda langit lain seperti bulan dan matahari atau asteroid.
4.             Geomorfologi
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses atau mekanisme yang terjadi didalamnya. Ada banyak morfologi seperti patahan, lipatan, kubah garam, cekungan, sand dune dan lainnya yang bisa kita pelajari mekanisme dan sebarannya.
5.             Geologi
Ilmu yang mempelajari struktur, sejarah dan perkembangan Bumi dari masa ke masa. Kita bisa memahami tentang bagaimana sejarah bumi dan umur batuannya.
6.             Oceanografi
Ilmu yang mempelajari perairan laut beserta semua hal yang ada di dalamnya. Contoh fenomena yang bisa dipelajari diantaranya palung laut, salinitas, terumbu karang hingga zona abisal.
7.             Antropogeografi
Ilmu yang mempelajari sebaran bangsa di permukaan bumi dalam sudut geografis. Berbagai suku bangsa tersebar di bumi dan berkembang dengan karakternya masing-masing seperti bangsa Romawi, Nordic, Arab hingga bangsa Aztec.
8.             Paleontologi
Ilmu yang mempelajari fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan di masa pra sejarah. Dengan mempelajari fosil maka kita akan mengetahui sejarah kehidupan di masa lalu sebelum manusia muncul dan melihat perkembangannya dari waktu ke waktu.
9.             Biogeografi
Ilmu yang mempelajari sebaran mahluk hidup terutama flora fauna di permukaan bumi. Contohnya kita bisa mempelajari zonasi fauna Wallace atau pulau-pulau endemic di dunia seperti Socotra, Galapagos, Komodo dan Madagaskar.
10.         Vulkanologi
Ilmu yang mempelajari tentang gunung api dan semua hal yang terkait di dalamnya. Kita bisa mengetahui tipe-tipe gunung api di dunia, kekuatan letusan dan sejarah pembentukannya.
11.         Hidorologi
Ilmu yang mempelajari tentang sistem perairan di daratan. Kita bisa mempelajari tentang sistem akuifer air Tanah, faktor infiltrasi hingga kecepatan infiltrasi Tanah.
12.         Klimatologi
Ilmu yang mempelajari khusus tentang sejarah iklim dan perubahannya di Bumi dari masa ke masa. Fenomena perubahan iklim dapat dianalisa dan diprediksi di masa depan dengan bantuan klimatologi

Dalam Bentuk word download di sini

Selasa, 17 Juli 2018


Buku Guru Download Semester 1
Buku Guru Tema 1, Hidup Rukun Download
Buku Guru Tema 2, Bermain Di Lingkunganku Download
Buku Guru Tema 3, Tugasku Sehari-hari Download
Buku Guru Tema 4, Hidup Bersih dan sehat Download

Buku Siswa Download
Buku Siswa Tema 1, Hidup Rukun Download
Buku Siswa Tema 2, Bermain Di Lingkunganku Download
Buku Siswa Tema 3, Tugasku Sehari-hari Download
Buku Siswa Tema 4, Hidup Bersih dan sehat Download

Kamis, 01 Februari 2018

Soal dan Jawaban
1.      Perhatikan gambar berikut ini, jika besar <KOM = 860 Hitunglah besar <KLM

Penyelesaiana
Untuk menyelesaikan soal diatas, ingat sifat segi empat tali busur bahwa jumlah sudut yang berhadapan = 180 (segi empat tali busur dibentuk oleh 4 sudut keliling, ingat ya sudut keliling bukan sudut pusat..!). <KOM adalah sudut pusat, sehingga untuk mempermudah menjawab soal diatas kita buat sudut keliling yang sehadap dengan sudut pusat (garis kuning), seperti pada gambar berikut..

Maka besar sudut keliling KNM:
Sudut keliling = ½ sudut pusat
<KNM = ½ sudut <KOM
<KNM = ½ 860
<KNM = 430
Sehingga besar <KLM
<KNM + <KLM = 1800
<KLM = 1800  -  430
<KLM = 1370

Sehingga besar <KLM = 1370






Gambar Sistem Pencernaan Pada Manusia

Jawaban

a.  Mulut
b.  Esofagus
c.  Lambung
d.  Hati
e.  Spleen
f.  Galibladder
g.  Duodenum
h.  Pankreas
i.  Transverse colon
j.  Asending colon
k.  Jejunum
l.  desending colon
m. Ileum
n.  cesum
o. umbang cacing
p. sigmo colon
q. vemiform  appendix
r.  anal canal

Minggu, 21 Januari 2018

Soal UN B Indonesia 2016/2017 Download
Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer