1.
Ki
Hadjar Dewantara mendefinisikan
“Pendidikan” sebagai “Tuntunan”. Artinya …
A. Tuntunan guru untuk
membimbing murid
B. Tuntunan dalam proses
pembelajaran
C. Tuntunan murid untuk
beradaptasi
D. Tuntunan dalam hidup
tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya
2.
Apa definisi dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki
Hadjar Dewantara?
A. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai
keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia
maupun anggota masyarakat
B. Menuntun kehidupan murid
agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial
dan budaya yang ada di sekitarnya
C. Mengajarkan murid mengenai
hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi lebih tahu agar
wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
D. Menetapkan kebutuhan murid
dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat
berjalan dengan lebih optimal
3.
Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
A. Guru menyampaikan cara
membuat puisi
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
C. Murid mempelajari ragam
puisi yang disampaikan guru
D. Guru meminta murid membuat
puisi sesuai teori yang diajarkan
4.
Menurut Ki Hadjar Dewantara, … merupakan cara menyampaikan
ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
A. Menuntun
B. Tuntunan
C. Pendidikan
D. Pengajaran
5.
Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari “tuntunan”
orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah …
A. Perubahan dasar hidup dan
tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin
meningkat
D. Arah minat dan perubahan
karakteristik diri
6.
Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap
kata “pendidikan” dan “pengajaran” menurut Ki Hadjar Dewantara …
A. Tuntunan adalah salah satu
bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu
bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu
bagian dari tuntunan
7.
Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat
menyebabkan…
A. Murid malas belajar
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
C. Murid tertekan untuk sekolah
D. Sistem penilaian tidak
sesuai
8.
Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat
mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya….
A. pendidikan emosional dan
kecerdasan
B. olah rasa dan pendidikan
intelektual
C. pendidikan intelektual dan
emosional
D. pendidikan emosional dan olah rasa
9.
Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk
mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid
untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini,
kecuali…
A. berpikir merdeka dalam
ketertiban bersama
B. berperasaan
C. dapat bekerja berdasar
kehendak
D. mengatur orang lain
10. Sifat pendidikan yang paling
sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah …
A. Humanis, Oportunis,
Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatan, dan
Praktis
C. Humanis, Kerakyatan dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan, dan
Intelektualistis
11. Penanda manusia merdeka
menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali…
A. berdaya
B. berbudi pekerti
C. beriman
D. berkuasa atas kehendak diri
12. Pengembangan budi pekerti
(olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid
melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena…
A. Penting untuk masa depan
B. Membuat diri murid menjadi seimbang
C. Akan menuntun bagaimana cara
hidup dan memelihara hidup murid
D. Merupakan pokok pembelajaran
dalam pendidikan
Untuk Kunci Jawaban Klik di Sini