Kamis, 21 Desember 2023

 

I.         PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

1.      Perhatikan gambar berikut secara berurutan dari kiri ke kanan.

Ciri makhluk hidup yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ….

A.    melakukan ekskresi

B.     melakukan respirasi

C.     tumbuh dan berkembang

D.    berreproduksi

2.      Seorang siswa menemukan roti yang sudah lama tersimpan di lemari. Siswa tersebut melihat ada noda hitam dipermukaan roti. Kemudian siswa mengambil sampel objek dan mengamati di bawah mikroskop sehingga terlihat seperti gambar berikut.

Siswa menyimpulkan bahwa objek tersebut adalah ….

A.    bakteri, karena memiliki dinding sel

B.     bakteri, karena memiliki hifa

C.     jamur, karena tidak terdapat spora

D.    jamur, karena memilki hifa

3.      Perhatikan pernyataan berikut:

1)      Solanum lycopersicum

2)      Capsicum annum

3)      Manihot utilissima

4)      Arachis hypogaea

Penulisan nama ilmiah yang benar sesuai aturan binomial nomenklatur ditunjukkan oleh nomor….

A.    (1) dan (3)

B.     (2) dan (3)

C.     (2) dan (4)

D.    (1) dan (4)

4.      Perhatikan kunci determinasi berikut.

1

a.

Tumbuhan berpembuluh ……………………………………..

2

 

b.

Tumbuhan tidak berpembuluh ……………………………….

Bryophyta

2

a.

Tumbuhan berbiji …………………………………………….

3

 

b.

Tumbuhan berspora ………………………………………….

Pterydophyta

3

a.

Berbiji terbuka ……………………………………………….

Gymnospermae

 

b.

Berbiji tertutup ……………………………………………….

4

4

a.

Berkeping satu ……………………………………………….

Monocotyledonae

 

b.

Berkeping dua ………………………………………………..

Dicotyledonae

Berdasarkan kunci determinasi tersebut, maka urutan kunci dikotom yang tepat untuk tanaman salak (Salacca zalacca) adalah ….

A.    1a, 2a, 3b, 4a

B.     1a, 2b, 3b, 4b

C.     1b, 2a, 3a, 4b

D.    1b, 2b, 3a, 4a

5.      Berikut adalah tingkatan takson

Berdasarkan tingkatan takson tersebut, yang memiliki persamaan ciri paling banyak diantara anggotanya adalah ….

A.    kingdom

B.     filum

C.     genus

D.    spesies

6.      Di taman sekolah Wiliam terdapat tanaman dan pohon yang rindang yang setiap tanaman diberi nama ilmiah seperti tampak pada gambar berikut:

Berdasarkan nama ilmiah pada gambar tersebut, pernyataan berikut ini yang benar adalah ….

A.    Anthurium menunjukkan spesies dan plowmanii menunjukkan genus

B.     Anthurium menunjukkan famili dan plowmanii menunjukkan genus

C.     Anthurium menunjukkan genus dan plowmanii menunjukkan spesies

D.    Anthurium menunjukkan genus dan plowmanii menunjukkan famili

7.      Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

1)      Menutupnya daun putri malu ketika disentuh

2)      Mengembunnya air pada dinding gelas yang berisi es

3)      Naiknya suhu badan setelah berolahraga

4)      Keluarnya asap dari knalpot kendaraan bermotor

Pernyataan yang menunjukan gejala alam biotik ditunjukkan nomor ….

A.    (1) dan (2)

B.     (1) dan (3)

C.     (2) dan (3)

D.    (3) dan (4)

8.      Sekelompok mahasiswa melakukan observasi keanekaragaman hayati di Hutan Nglimut, Kabupaten Kendal. Mereka berhasil menemukan sebuah organisme seperti tampak pada gambar berikut:

Berdasarkan karakteristik yang dimiliki organisme tersebut, maka dapat digolongkan dalam kingdom ….

A.    Plantae, karena dapat melakukan fotosintesis

B.     Plantae, karena memiliki akar, batang, dan daun

C.     Fungi, karena dapat membuat makanan sendiri

D.    Fungi, karena memiliki hifa dan tidak dapat melakukan fotosintesis

9.      Di kebun sekolah sekelompok siswa menemukan tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

1)      Ditemukan ditempat lembab, dekat kolam ikan, dekat sumber air

2)      Tubuh berwarna hijau, memiliki bagian mirip daun

3)      Pada tumbuhan muda tampak bagian ujung yang menggulung

4)      Tidak memiliki bunga maupun buah

Dari ciri-ciri tersebut dapat dipastikan bahwa tumbuhan yang dimaksud termasuk kelompok tumbuhan ….

A.    berbiji terbuka

B.     lumut

C.     berbiji tertutup

D.    paku

10.  Perhatikan tabel perbedaan hewan vertebrata berikut

Perbedaan

Hewan A

Hewan B

Hewan C

Hewan D

Hewan E

Permukaan Tubuh

Sisik

Kulit basah berlendir

Sisik

Bulu

Rambut

Alat gerak

Sirip

Kaki

Kaki

Kaki dan sayap

Kaki dan tangan

Suhu

Poikiloterm

Poikiloterm

Poikiloterm

Homoiterm

Homoiterm

Fertilisasi

Eksternal

Eksternal

Internal

Internal

Internal

Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan kelas pisces (ikan) dan reptil (melata) ditunjukkan secara berturut-turut pada hewan ….

A.    A dan B

B.     A dan C

C.     B dan D

D.    C dan E

11.  Jasmin dan teman-temannya mendapat tugas melakukan observasi tentang ekosistem di lingkungan sekolah. Pada saat Jasmin melakukan pengamatan ternyata banyak ditemukan rumput atau tanaman daripada makhluk hidup lain. Hal tersebut dikarenakan ….

A.    makhluk hidup lain kekurangan atau tidak mendapat nutrisi

B.     perkembangan rumput atau tanaman lebih cepat daripada makhluk hidup lain

C.     tanaman sebagai sumber makanan bagi konsumen sehingga jumlahnya harus melebihi konsumen

D.    makhluk hidup lain tidak dapat beradaptasi dengan jumlah rumput yang banyak

12.  Pada sebuah ekosistem air terdapat tumbuhan hydrilla, plankton, burung bangau, dan ikan. Seorang nelayan berhasil menemukan cara menangkap ikan dengan cepat dan banyak. Apa yang akan terjadi jika ikan ditangkap secara berlebih?

A.    Populasi plankton turun, populasi bangau naik

B.     Populasi hydrilla turun, pipulasi plankton naik

C.     Populasi plankton naik, populasi burung bangau berkurang

D.    Populasi bangau turun, populasi hydrilla tetap

13.  Di suatu ekosistem ada beberapa ekor hewan A yang suka memangsa hewan B, hewan D menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang karena dimakan hewan D. Pada saat tertentu seekor hewan E mengitari tempat tersebut untuk memangsa A. Hewan C adalah makanan favorit hewan A. Hewan B menjadi pemangsa produsen.

Berikut ini adalah jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas ….

A

B

C

D

14.  Pasangan keterangan dan tingkatan organisasi berikut yang tepat adalah ….

 

Keterangan

Tingkat Organisasi

A

Sebatang kayu, sekelompok batu

Individu

B

Serumpun bambu, seekor tikus

Individu

C

Serumpun rumput, sekelompok harimau

Populasi

D

Seekor kambing, sebatang pohon kelapa

Populasi

15.  Pada sebuah ekosistem terjadi interaksi antar komponen biotik seperti pada jaring-jaring makanan berikut.

Berdasarkan jaring-jaring makanan tersebut, beruang kutub berperan sebagai ….

A.    produsen

B.     konsumen 1

C.     konsumen 2

D.    dekomposer

16.  Perhatikan daur biogeokimia berikut.

Proses yang terjadi pada X adalah ….

A.    pembakaran

B.     pengendapan

C.     fotosintesis

D.    respirasi

17.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut

1)      Burung memangsa belalang

2)      Harimau dan rusa

3)      Belalang memakan rumput

4)      Benalu yang hidup di pohon

Interakasi antar komponen ekosistem yang menunjukkan predasi adalah ….

A.    (1) dan (2)

B.     (1) dan (3)

C.     (2) dan (4)

D.    (3) dan (4)

18.  Dalam suatu ekosistem hutan terdapat rantai makanan sebagai berikut:

Rumput à kijang à harimau à pengurai

Jika padang rumput dibakar dan didirikan bangunan, maka dampak yang akan terjadi adalah ....

A.    meningkatnya populasi harimau karena tidak ada saingan

B.     menurunnya populasi kijang dan harimau

C.     populasi haimau tidak berpengaruh karena bukan herbivor

D.    meningkatnya populasi kijang dan pengurai

19.  Perhatikan gambar hewan berikut.

Hewan tersebut merupakan salah satu fauna yang terdapat pada wilayah….

A.    Oriental

B.     Australis

C.     Peralihan

D.    Tengah

20.  Pemerintah mendirikan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi Banten. Manfaat penetapan kawasan Taman Nasional ini bagi kelestarian lingkungan adalah ….

A.    mencegah kepunahan badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan langka

B.     meningkatkan populasi badak bercula satu agar dapat dimanfaatkan culanya sebagai bahan obat

C.     mengatur populasi badak bercula satu agar tetap terkendali sehingga tidak merusak tanaman budidaya

D.    menurunkan populasi badak bercula satu yang banyak sehingga tidak mengganggu kehidupan masyarakat disekitarnya

 

II.         PASANGKAN PERNYATAAN BERIKUT DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN MENULIS HURUF ATAU JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

21.      Bakteri yang berperan dalam pembuatan nata de coco.

22.      Tubuh tertutup duri dan memiliki alat gerak ambulakral dan hidup di kedalaman laut.

23.      Interaksi rumput alang-alang mengeluarkan beberapa Senyawa kimia untuk menghambat pertumbuhan tanaman kacang.

24.      Lapisan bumi yang didalamnya terdapat kehidupan.

25.      Upaya pelestarian keanekaragaman hayati pada habitat aslinya.

A.    Echinodermata     

B.    Lactobacillus cassei

C.   Alelopati               

D.   Parasitisme          

E.    Habitat                     

F.    Biota

G.   Acetobacter xylinum

H.   In situ

I.      Eks situ

J.     Mollusca

III.      PILIHLAH JAWABAN B JIKA PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

26.      Hewan merupakan organisme autotrof yaitu yang dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan energi cahaya atau energi kimia.

27.      Upaya pelestarian lingkungan adalah melakukan tebang pilih dan tidak membakar hutan demi membuka lahan

28.      Semakin tinggi tingkatan takson maka semakin banyak anggota takson

29.      Mangga memiliki nama ilmiah Mangifera indica. Kata indica pada nama ilmiah tersebut menunjukkan genus.

30.  Saat seseorang tanpa sengaja memegang benda panas, dengan cepat tangan ditarik. Hal ini menunjukkan ciri makhluk hidup yaitu menanggapi rangsang.

 

IV.   LENGKAPILAH PERNYATAAN BERIKUT DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

Konservasi Anggrek Gunung Ungaran


Anggrek merupakan tanaman hias yang banyak digemari dan minati oleh masyarakat karena bentuk bunganya yang indah dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang mengambil anggrek alam dari (31…) aslinya yaitu hutan Gunung Ungaran untuk diperjualbelikankan tanpa dibudidayakan kembali.

Jika hal tersebut dilakukan terus menerus, populasi anggrek yang ada di Gunung Ungaran akan (32…). Padahal anggrek epifit yang hidupnya menempel pada pohon inang memiliki manfaat secara ekologi yaitu menyediakan habitat utama bagi hewan tertentu seperti semut dan rayap.

Hubungan interaksi antara tanaman anggrek dengan pohon inangnya merupakan simbiosis (33…). Dengan demikian, dibutuhkan suatu upaya untuk melestarikan anggrek tersebut tanpa merusak habitat dan menghabiskannya.

Pelestarian anggrek yang dilakukan di luar habitat aslinya disebut (34…). Salah satu upaya pelestarian yang dapat dilakukan yaitu dengan aklimatisasi anggrek. Aklimatisasi merupakan upaya (35…) atau penyesuaian suatu makhluk hidup terhadap lingkungannya.

 

V.   JAWABLAH PERNYATAAN DAN PERTANYAAN BERIKUT DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

36.     Di halaman rumah, Mail menemukan enam tumbuhan yang diberi nama tumbuhan A, B, C, D, E dan F dengan masing-masing bagian ditunjukkan gambar berikut.

Tentukan tumbuhan tersebut ke dalam kelompok dikotil dan monokotil!

37.     Bertambahnya populasi manusia yang semakin pesat menyebabkan pengalihfungsian lahan seperti yang terjadi di Provinsi Riau. Banyak hutan dijadikan lahan perkebunan menimbulkan dampak pada ekosistem hutan. Masalah tersebut kian memburuk di saat terjadi musim kemarau panjang mengakibatkan kabut asap yang sangat tebal.

Jelaskan pendapat kalian mengenai hal tersebut dan hubungkan dengan keanekaragaman hayati!

38.     Semua makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakan dirinya dengan makhluk tak hidup atau benda mati.

Bagaimana cara kita menentukan makhluk hidup dan benda mati?

39.     Pada ekosistem sawah terdapat peristiwa makan dan dimakan yang membentuk rantai makanan. Beberapa rantai makanan di dalam ekosistem sawah saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan. Buatlah jaring-jaring makanan dalam ekosistem sawah yang terdiri dari 3 rantai makanan!

40.     Wallace membagi persebaran fauna di Indonesia menjadi dua wilayah, yaitu fauna wilayah barat (Orientalis) dan fauna wilayah timur (Australis). Bagaimana karakteristik fauna pada kedua wilayah tersebut? Sebutkan minimal 3 fauna yang terdapat pada masing-masing wilayah tersebut!


0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer

Arsip Blog