I.
PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG
(X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
1.
Perhatikan gambar berikut secara berurutan dari kiri ke
kanan.
Ciri makhluk hidup yang sesuai dengan
gambar tersebut adalah ….
A.
melakukan ekskresi
B.
melakukan respirasi
C.
tumbuh dan berkembang
D.
berreproduksi
2.
Seorang siswa menemukan roti yang sudah lama tersimpan di
lemari. Siswa tersebut melihat ada noda hitam dipermukaan roti. Kemudian siswa
mengambil sampel objek dan mengamati di bawah mikroskop sehingga terlihat
seperti gambar berikut.
Siswa menyimpulkan bahwa objek tersebut
adalah ….
A.
bakteri, karena memiliki dinding sel
B.
bakteri, karena memiliki hifa
C.
jamur, karena tidak terdapat spora
D.
jamur, karena memilki hifa
3.
Perhatikan pernyataan berikut:
1)
Solanum lycopersicum
2)
Capsicum annum
3)
Manihot utilissima
4)
Arachis hypogaea
Penulisan nama ilmiah yang benar sesuai
aturan binomial nomenklatur ditunjukkan oleh nomor….
A.
(1) dan (3)
B.
(2) dan (3)
C.
(2) dan (4)
D.
(1) dan (4)
4.
Perhatikan kunci determinasi berikut.
1 |
a. |
Tumbuhan berpembuluh …………………………………….. |
2 |
|
b. |
Tumbuhan tidak berpembuluh ………………………………. |
Bryophyta |
2 |
a. |
Tumbuhan berbiji ……………………………………………. |
3 |
|
b. |
Tumbuhan berspora …………………………………………. |
Pterydophyta |
3 |
a. |
Berbiji terbuka ………………………………………………. |
Gymnospermae |
|
b. |
Berbiji tertutup ………………………………………………. |
4 |
4 |
a. |
Berkeping satu ………………………………………………. |
Monocotyledonae |
|
b. |
Berkeping dua ……………………………………………….. |
Dicotyledonae |
Berdasarkan kunci determinasi tersebut,
maka urutan kunci dikotom yang tepat untuk tanaman salak (Salacca zalacca)
adalah ….
A. 1a, 2a, 3b, 4a
B. 1a, 2b, 3b, 4b
C. 1b, 2a, 3a, 4b
D. 1b, 2b, 3a, 4a
5.
Berikut adalah tingkatan takson
Berdasarkan tingkatan takson tersebut,
yang memiliki persamaan ciri paling banyak diantara anggotanya adalah ….
A.
kingdom
B.
filum
C.
genus
D.
spesies
6.
Di taman sekolah Wiliam terdapat tanaman dan pohon yang
rindang yang setiap tanaman diberi nama ilmiah seperti tampak pada gambar
berikut:
Berdasarkan nama ilmiah pada gambar
tersebut, pernyataan berikut ini yang benar adalah ….
A.
Anthurium menunjukkan spesies dan plowmanii menunjukkan genus
B.
Anthurium menunjukkan famili dan plowmanii menunjukkan genus
C.
Anthurium menunjukkan genus dan plowmanii menunjukkan spesies
D.
Anthurium menunjukkan genus dan plowmanii menunjukkan famili
7.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1)
Menutupnya daun putri malu ketika disentuh
2)
Mengembunnya air pada dinding gelas yang berisi es
3)
Naiknya suhu badan setelah berolahraga
4)
Keluarnya asap dari knalpot kendaraan bermotor
Pernyataan yang menunjukan gejala alam
biotik ditunjukkan nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
8.
Sekelompok mahasiswa melakukan observasi keanekaragaman
hayati di Hutan Nglimut, Kabupaten Kendal. Mereka berhasil menemukan sebuah
organisme seperti tampak pada gambar berikut:
Berdasarkan karakteristik yang dimiliki
organisme tersebut, maka dapat digolongkan dalam kingdom ….
A.
Plantae, karena dapat melakukan fotosintesis
B.
Plantae, karena memiliki akar, batang, dan daun
C.
Fungi, karena dapat membuat makanan sendiri
D.
Fungi, karena memiliki hifa dan tidak dapat melakukan
fotosintesis
9.
Di kebun sekolah sekelompok siswa menemukan tumbuhan dengan ciri-ciri
sebagai berikut:
1)
Ditemukan ditempat lembab, dekat kolam ikan, dekat sumber air
2)
Tubuh berwarna hijau, memiliki bagian mirip daun
3)
Pada tumbuhan muda tampak bagian ujung yang menggulung
4)
Tidak memiliki bunga maupun buah
Dari ciri-ciri tersebut dapat dipastikan bahwa tumbuhan
yang dimaksud termasuk kelompok tumbuhan ….
A.
berbiji terbuka
B.
lumut
C.
berbiji tertutup
D.
paku
10. Perhatikan
tabel perbedaan hewan vertebrata berikut
Perbedaan |
Hewan A |
Hewan B |
Hewan C |
Hewan D |
Hewan E |
Permukaan
Tubuh |
Sisik
|
Kulit
basah berlendir |
Sisik
|
Bulu |
Rambut
|
Alat
gerak |
Sirip
|
Kaki |
Kaki |
Kaki
dan sayap |
Kaki
dan tangan |
Suhu |
Poikiloterm
|
Poikiloterm |
Poikiloterm |
Homoiterm
|
Homoiterm |
Fertilisasi
|
Eksternal
|
Eksternal |
Internal |
Internal |
Internal |
Ciri-ciri
yang dimiliki oleh hewan kelas pisces (ikan) dan reptil (melata) ditunjukkan
secara berturut-turut pada hewan ….
A. A dan B
B. A dan C
C. B dan D
D. C dan E
11. Jasmin dan teman-temannya mendapat tugas melakukan
observasi tentang ekosistem di lingkungan sekolah. Pada saat Jasmin melakukan
pengamatan ternyata banyak ditemukan rumput atau tanaman daripada makhluk hidup
lain. Hal tersebut dikarenakan ….
A.
makhluk hidup lain kekurangan atau tidak mendapat nutrisi
B.
perkembangan rumput atau tanaman lebih cepat daripada makhluk
hidup lain
C.
tanaman sebagai sumber makanan bagi konsumen sehingga
jumlahnya harus melebihi konsumen
D.
makhluk hidup lain tidak dapat beradaptasi dengan jumlah
rumput yang banyak
12. Pada
sebuah ekosistem air terdapat tumbuhan hydrilla, plankton, burung bangau, dan
ikan. Seorang nelayan berhasil menemukan cara menangkap ikan dengan cepat dan
banyak. Apa yang akan terjadi jika ikan ditangkap secara berlebih?
A. Populasi
plankton turun, populasi bangau naik
B. Populasi
hydrilla turun, pipulasi plankton naik
C. Populasi
plankton naik, populasi burung bangau berkurang
D. Populasi
bangau turun, populasi hydrilla tetap
13. Di
suatu ekosistem ada beberapa ekor hewan A yang suka memangsa hewan B, hewan D
menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang karena dimakan hewan D. Pada
saat tertentu seekor hewan E mengitari tempat tersebut untuk memangsa A. Hewan
C adalah makanan favorit hewan A. Hewan B menjadi pemangsa produsen.
Berikut
ini adalah jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas ….
A |
|
B |
|
C |
|
D |
14. Pasangan
keterangan dan tingkatan organisasi berikut yang tepat adalah ….
|
Keterangan |
Tingkat Organisasi |
A |
Sebatang kayu,
sekelompok batu |
Individu |
B |
Serumpun bambu, seekor
tikus |
Individu |
C |
Serumpun rumput,
sekelompok harimau |
Populasi |
D |
Seekor kambing,
sebatang pohon kelapa |
Populasi |
15.
Pada sebuah ekosistem terjadi interaksi antar komponen biotik
seperti pada jaring-jaring makanan berikut.
Berdasarkan jaring-jaring makanan
tersebut, beruang kutub berperan sebagai ….
A.
produsen
B.
konsumen 1
C.
konsumen 2
D.
dekomposer
16.
Perhatikan daur biogeokimia berikut.
Proses yang terjadi pada X adalah ….
A.
pembakaran
B.
pengendapan
C.
fotosintesis
D.
respirasi
17.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
1)
Burung memangsa belalang
2)
Harimau dan rusa
3)
Belalang memakan rumput
4)
Benalu yang hidup di pohon
Interakasi antar komponen ekosistem yang
menunjukkan predasi adalah ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (4)
D.
(3) dan (4)
18.
Dalam suatu ekosistem hutan terdapat rantai makanan sebagai berikut:
Rumput à kijang à harimau à pengurai
Jika padang rumput dibakar dan didirikan bangunan, maka
dampak yang akan terjadi adalah ....
A.
meningkatnya populasi harimau karena tidak ada saingan
B.
menurunnya populasi kijang dan harimau
C.
populasi haimau tidak berpengaruh karena bukan herbivor
D.
meningkatnya populasi kijang dan pengurai
19.
Perhatikan gambar hewan berikut.
Hewan tersebut merupakan salah satu
fauna yang terdapat pada wilayah….
A.
Oriental
B.
Australis
C.
Peralihan
D.
Tengah
20.
Pemerintah mendirikan Taman Nasional Ujung Kulon di Provinsi
Banten. Manfaat penetapan kawasan Taman Nasional ini bagi kelestarian
lingkungan adalah ….
A.
mencegah kepunahan badak bercula satu yang merupakan salah
satu hewan langka
B.
meningkatkan populasi badak bercula satu agar dapat
dimanfaatkan culanya sebagai bahan obat
C.
mengatur populasi badak bercula satu agar tetap terkendali
sehingga tidak merusak tanaman budidaya
D.
menurunkan populasi badak bercula satu yang banyak sehingga
tidak mengganggu kehidupan masyarakat disekitarnya
II.
PASANGKAN
PERNYATAAN BERIKUT DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN
MENULIS HURUF ATAU JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
21. Bakteri
yang berperan dalam pembuatan nata de coco.
22. Tubuh
tertutup duri dan memiliki alat gerak ambulakral dan hidup di kedalaman laut.
23. Interaksi
rumput alang-alang mengeluarkan beberapa Senyawa kimia untuk menghambat
pertumbuhan tanaman kacang.
24. Lapisan
bumi yang didalamnya terdapat kehidupan.
25. Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati pada habitat aslinya.
A.
Echinodermata B.
Lactobacillus
cassei C.
Alelopati D.
Parasitisme E.
Habitat F.
Biota G.
Acetobacter
xylinum H.
In
situ I.
Eks
situ J.
Mollusca |
III. PILIHLAH
JAWABAN B JIKA PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN
MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
26. Hewan
merupakan organisme autotrof yaitu yang dapat membuat makanan sendiri dengan
bantuan energi cahaya atau energi kimia.
27. Upaya
pelestarian lingkungan adalah melakukan tebang pilih dan tidak membakar hutan
demi membuka lahan
28. Semakin
tinggi tingkatan takson maka semakin banyak anggota takson
29. Mangga
memiliki nama ilmiah Mangifera indica. Kata indica pada nama
ilmiah tersebut menunjukkan genus.
30. Saat
seseorang tanpa sengaja memegang benda panas, dengan cepat tangan ditarik. Hal ini
menunjukkan ciri makhluk hidup yaitu menanggapi rangsang.
IV. LENGKAPILAH
PERNYATAAN BERIKUT DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
Konservasi Anggrek Gunung Ungaran
Anggrek merupakan
tanaman hias yang banyak digemari dan minati oleh masyarakat karena bentuk
bunganya yang indah dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Oleh sebab itu
banyak masyarakat yang mengambil anggrek alam dari (31…) aslinya yaitu hutan
Gunung Ungaran untuk diperjualbelikankan tanpa dibudidayakan kembali.
Jika hal tersebut
dilakukan terus menerus, populasi anggrek yang ada di Gunung Ungaran akan
(32…). Padahal anggrek epifit yang hidupnya menempel pada pohon inang memiliki
manfaat secara ekologi yaitu menyediakan habitat utama bagi hewan tertentu
seperti semut dan rayap.
Hubungan
interaksi antara tanaman anggrek dengan pohon inangnya merupakan simbiosis (33…). Dengan demikian,
dibutuhkan suatu upaya untuk melestarikan anggrek tersebut tanpa merusak
habitat dan menghabiskannya.
Pelestarian anggrek yang
dilakukan di luar habitat aslinya disebut (34…). Salah satu upaya pelestarian
yang dapat dilakukan yaitu dengan aklimatisasi anggrek. Aklimatisasi merupakan
upaya (35…) atau penyesuaian suatu makhluk hidup terhadap lingkungannya.
V. JAWABLAH
PERNYATAAN DAN PERTANYAAN BERIKUT DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
36. Di halaman rumah, Mail menemukan enam tumbuhan yang
diberi nama tumbuhan A, B, C, D, E dan F dengan masing-masing bagian
ditunjukkan gambar berikut.
Tentukan tumbuhan tersebut ke dalam
kelompok dikotil dan monokotil!
37. Bertambahnya
populasi manusia yang semakin pesat menyebabkan pengalihfungsian lahan seperti
yang terjadi di Provinsi Riau. Banyak hutan dijadikan lahan perkebunan
menimbulkan dampak pada ekosistem hutan. Masalah tersebut kian memburuk di saat
terjadi musim kemarau panjang mengakibatkan kabut asap yang sangat tebal.
Jelaskan pendapat kalian mengenai hal
tersebut dan hubungkan dengan keanekaragaman hayati!
38. Semua
makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakan dirinya dengan makhluk tak
hidup atau benda mati.
Bagaimana cara kita menentukan makhluk
hidup dan benda mati?
39. Pada
ekosistem sawah terdapat peristiwa makan dan dimakan yang membentuk rantai
makanan. Beberapa rantai makanan di dalam ekosistem sawah saling berhubungan
membentuk jaring-jaring makanan. Buatlah jaring-jaring makanan dalam ekosistem
sawah yang terdiri dari 3 rantai makanan!
40. Wallace
membagi persebaran fauna di Indonesia menjadi dua wilayah, yaitu fauna wilayah
barat (Orientalis) dan fauna wilayah timur (Australis). Bagaimana karakteristik
fauna pada kedua wilayah tersebut? Sebutkan minimal 3 fauna yang terdapat pada
masing-masing wilayah tersebut!
0 comments:
Posting Komentar