I.
PILIHLAH
JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI
LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.
1.
Korban jiwa manusia
akibat letusan gunung berapi, kebakaran, dan kapal tenggelam yang sekian lama
baru diketemukan seringkali sulit dikenali identitasnya. Hal ini akibat
terjadinya kerusakan bagian-bagian tubuh korban. Oleh karena itu perlu
dilakukan usaha pengungkapan identitas korban diantaranya pencocokan sidik
jari, ciri-ciri fisik dan penelusuran DNA. Cabang ilmu yang terlibat dalam
usaha tersebut diantarannya adalah ….
A. biologi
dan klimatologi
B. forensik
dan genetika
C. fisika
dan planologi
D. geologi
dan kimia
2.
Sekelompok siswa
melakukan penelitian pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman
bunga dengan urutan kegiatan sebagai berikut:
1) Membuat
rancangan percobaan.
2) Melakukan
pengamatan atau observasi.
3) Melakukan
eksperiman atau percobaan.
4) Membuat
hipotesis dan mengidentifikasi variabel.
5) Menarik
kesimpulan.
6) Mengumpulkan
dan menyajikan data.
Bantulah kelompok
tersebut untuk mengurutkan kegiatannya sesuai dengan langkah-langkah metode
ilmiah yang benar ….
A. 2
– 4 – 1 – 3 – 6 – 5
B. 2
– 6 – 1 – 3 – 4 – 5
C. 3
– 4 – 1 – 2 – 6 – 5
D. 3
– 6 – 1 – 2 – 4 – 5
3.
Pak Harjanto memberi
tugas kelompok untuk menentukan massa jenis sebuah logam berbentuk balok
melalui penyelidikan di laboratorium kepada Siswogo dan teman-teman. Pertama
mereka mengukur panjang, lebar dan tinggi logam menggunakan penggaris dan
kemudian menghitung volume balok. Selanjutnya mereka menimbang balok
menggunakan neraca ohauss dan mencatat hasilnya. Langkah terakhir adalah
menghitung hasil bagi antara massa balok dengan volume balok untuk mendapatkan
nilai massa jenis balok.
Berikut
pengelompokan besaran fisika dari kegiatan di atas yang tepat adalah ….
|
Besaran Pokok |
Besaran Turunan |
A. |
massa
dan massa jenis |
panjang
dan volume |
B. |
volume
dan massa jenis |
panjang
dan massa |
C. |
panjang
dan massa |
volume
dan massa jenis |
D. |
panjang
dan massa jenis |
massa
dan volume |
4.
Perhatikan kegiatan
pengukuran besaran fisika berikut!
Hasil pengukuran tersebut
adalah ….
A. 40
m3
B. 20
m3
C. 0,00002
m3
D. 0,000002
m3
5.
Zat cair bersifat mudah
mengalir dan bentuknya dapat menyesuaikan dengan bentuk wadah yang
ditempatinya. Hal disebabkan oleh zat cari memiliki ….
A. gaya
tarik antar partikel kuat
B. jarak
antar partikel selalu tetap
C. gerak
partikel selalu bebas
D. jarak
antar parikel selalu berubah
6.
Perhatikan tabel titik
leleh dan titik didih beberapa materi berikut.
Zat/senyawa |
Titik
Leleh (0C) |
Titik
Didih (0C) |
P |
-101 |
-23 |
Q |
-126 |
8 |
R |
-7 |
59 |
S |
60 |
400 |
Paa tekanan normal, zat atau senyawa yang
berwujud gas pada suhu kamar (25 0C) adalah ….
A. P
dan Q
B. P
dan R
C. Q
dan S
D. R
dan S
7.
Perhatikan tabel massa
jenis beberapa zat yang wujudnya berbeda berikut ini!
Nama |
Massa
Jenis (kg/m3) |
Wujud
zat |
1 |
1.000 |
Cair |
2 |
820 |
Cair |
3 |
920 |
Padat |
4 |
2.700 |
Padat
|
Jika keempat zat di atas dimasukkan ke
dalam bejana, maka keadaan zat yang benar ditunjukkan oleh gambar .…
A. |
|
C. |
|
B. |
|
D. |
|
8.
Perhatikan gambar
pengukuran besaran fisika benda berbentuk kotak berikut.
Massa
jenis benda tersebut adalah ….
A. 0,8
kg/m3
B. 60
kg/m3
C. 800
kg/m3
D. 2880
kg/m3
9.
Kelebihan dan kekurangan
alkohol sebagai zat pengisi termometer yang tepat adalah ….
|
Kelebihan |
Kekurangan |
A. |
Harganya
lebih mahal |
Memiliki
titik didih tinggi |
B. |
Harganya
relatif murah |
Membasahi
dinding |
C. |
Dapat
mengukur suhu rendah |
Tidak
membasahi dinding kaca |
D. |
Mengalami
perubahan volume yang kecil sehingga lebih teliti terhadap perubahan suhu |
Tidak
berwarna |
10. Aliza
memanaskan 10 kg air menggunakan kompor dari suhu 200C menjadi 400C.
Apabila diketahui kalor jenis air 1 kkal/kg 0C, yang terjadi adalah
….
A A. perpindahan 20 kkal
energi kalor dari air ke kompor
B B. kompor memberikan 200
kkal energi kalor ke air
C C.
kompor memindahkan 20
kkal energi kalor ke air
D D. kompor menyerap 200 kkal
energi kalor dari air
11. Grafik
berikut menggambarkan pemanasan satu kilogram es di bawah terik matahari selama
30 menit!
Pernyataan yang sesuai dengan grafik
tersebut adalah ….
A. es
mulai mencair pada suhu -5 0C
B. energi
terbesar diperlukan untuk menaikkan suhu es hingga mulai meleleh
C. energi
kalor yang diperlukan selama proses pelelehan es adalah 336.500 joule
D. energi
kalor untuk menaikkan suhu setelah seluruh es mencair adalah 388.500 joule
12. Perhatikan
desain termos air berikut.
Jika
termos diisi air panas maka desain termos tersebut bertujuan agar ….
A.
kalor dari luar termos
mudah masuk ke dalam air panas
B.
tidak mudah terjadi
pemuaian pada air
C.
kalor yang terdapat pada
air panas tidak cepat berpindah
D.
kalor yang terdapat pada
air panas cepat berpindah
13. Hari
itu kelas Nino mempelajari konsep pemuaian zat dalam pelajaran IPA. Sepulang
sekolah Nino biasanya mencuci botol bekal air minumnya. Akan tetapi ia
kesulitan untuk membuka tutup botolnya itu.
Kemudian
Nino menelepon seorang teman guna meminta saran agar masalahnya teratasi. Apa
yang sebaiknya teman Nino sarankan?
A.
Mencelupkan bagian A ke
dalam air panas
B.
Mencelupkan bagian B ke
adalam air panas
C.
Mencongkel bagian A
menggunakan pisau
D.
Memukul-mukul bagian A ke
lantai
14. Pada
gedung-gedung dipasang alarm peringatan kebarakaran. Alat ini akan mengeluarkan
suara peringatan yang bersumber dari bel ketika terjadi kebakaran gedung
seperti ditampilkan diagram berikut.
Berdasar
diagram dan tabel di atas, susunan pelat logam penyusun bimetal agar dapat
berfungsi dengan benar adalah ….
Pilihan jawaban |
Pelat A |
Pelat B |
A. |
Tembaga |
Aluminium |
B. |
Tembaga |
Kuningan |
C. |
Baja |
Kuningan |
D. |
Aluminium |
Baja |
15. Perhatikan
peristiwa perpindahan kalor yang terjadi saat merebus air pada gambar berikut.
Sejumlah
kalor berpindah dari api ke bagian yang ditunjuk oleh huruf a, b dan c
berturut-turut terjadi secara ….
A. konduksi,
konveksi dan radiasi
B. konveksi,
konduksi dan radiasi
C. konduksi,
radiasi dan konveksi
D. konveksi,
radiasi dan konduksi
16. Perhatikan
peristiwa gerak berikut!
Dari peristiwa di atas contoh gerak lurus
beraturan adalah nomor ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 4
D. 3
dan 4
17. Berikut
adalah gambar keadaan kaki atlet saat lomba lari.
Bagi
atlet lari yang diharapkan adalah antara sol sepatu dan lintasan terjadi gaya
gesek yang ….
A. kecil
sehingga pijakannya kuat
B. besar
sehingga pijakannya kuat
C. kecil
sehingga larinya kencang
D. besar
sehingga sepatunya cepat menipis
18. Perhatikan
ilustrasi kegiatan berikut.
Berdasar
hukum II newton dapat disimpulkan ….
A.
Percepatan pada gambar
(a) lebih besar daripada gambar (b) karena gaya yang diberikan lebih besar
B.
Percepatan pada gambar
(a) lebih kecil daripada gambar (b) karena gaya yang diberikan lebih besar
C.
pada gambar (b) terjadi
percepatan yang lebih kecil karena massa bertambah
D.
pada gambar (b) terjadi
percepatan yang lebih besar karena massa bertambah
19. Peristiwa
berikut yang merupakan contoh penerapan hukum III Newton yaitu ….
A. gerobak
yang ditarik dengan gaya tertentu sehingga bergerak
B. ketika
kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit
C. sebuah
mobil yang digas sehingga melaju cepat
D. tubuh
terdorong ke depan saat kendaraan yang kita tumpangi direm mendadak
20. Empat buah benda yang massanya sama masing-masing 2 kg dikenai gaya-gaya seperti ditunjukan pada gambar berikut.
Benda yang mengalami percepatan terbesar
dan terkecil berutur-turut adalah ….
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (3)’
C. (2)
dan (3)
D. (2)
dan (4)
II.
PASANGKAN
PERNYATAAN BERIKUT DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN
MENULIS HURUF ATAU JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
21. Alat laboratorium yang dapat berfungsi wadah dan mencampur bahan kimia cair.
22. Jenis gerak pada saat sepeda menuruni jalan tanpa dikayuh.
23. Pengaruh gaya terhadap benda pada saat memukul bola kasti adalah merubah … benda.
24. Aishwa berangkat ke sekolah pukul 06.30 dan sampai di sekolah pukul 06.50. Jarak rumah Aishwa ke sekolah 1,2 km. Kelajuan berjalan Aishwa adalah … m/s.
25. Jenis perubahan zat pada peristiwa beras digiling menjadi tepung.
A. GLBB B. GLB C. Fisika D. Kimia E.
arah F.
bentuk G. Pipet
tetes H. Labu
erlenmeyer I.
1 J.
1,2 |
III.
PILIHLAH
JAWABAN B JIKA PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN
MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
26. Ayu membantu ibunya menanam tomat, cabe dan bawang.
Ia ingin mengetahui tanaman mana yang paling cepat tumbuh.
Variabel terikat dari penyelidikan Ayu adalah
pertumbuhan tanaman tomat, cabe, dan bawang.
27. Nana menyemprotkan parfum ruangan di sudut kelas
sehingga seluruh kelas dapat mencium aroma wangi parfum.
Hal ini menunjukkan zat gas memiliki sifat
volumenya berubah-ubah.
28. Penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang mobil
adalah usaha untuk mengurangi dampak kelembaman tubuh saat terjadi pengereman
mendadak atau kecelakaan.
29. Termometer Celcius, Reamur dan Fahrenheit jika
ketiganya secara bersamaan digunakan mengukur suhu air dalam wadah maka ketinggian
raksanya berbeda-beda.
30. Saat mengalami demam, seseorang biasanya mengenakan
jaket tebal agar tubuh tidak merasa kedinginan. Pemakaian jaket bertujuan
mencegah kalor tubuh terserap ke udara.
IV.
LENGKAPILAH
PERNYATAAN BERIKUT DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
Mengapa
Nelayan Berlayar di Malam Hari?
Pada malam hari, wilayah daratan mempunyai kemampuan melepaskan kalor ke
udara lebih cepat daripada wilayah lautan. Kondisi ini membuat suhu di daratan
lebih cepat dingin, sebaliknya udara di atas wilayah lautan masih terasa
hangat. Hal ini menunjukkan kalor jenis daratan lebih (31…) daripada kalor
jenis lautan.
Angin darat dimanfaatkan oleh nelayan tradisional
untuk pergi menangkap ikan di malam hari. Nelayan tradisional menggunakan
bantuan layar untuk menggerakkan perahunya. Kecepatan angin di lautan dapat
mencapai 18 km/jam atau (33…) m/s.
Saat menemukan daerah yang banyak terdapat ikan,
layar tidak digunakan lagi. Nelayan menggunakan dayung untuk menggerakkan
perahunya. Pergerakan dayung ke belakang menghasilkan perahu yang bergerak ke
depan. Arah gerak dayung dan perahu yang berlawanan sesuai dengan hukum (34…)
newton.
Setelah pagi nelayan pulang ke daratan dengan
membawa ikan hasil tangkapannya. Mereka menjual ikan di tempat penjualan ikan.
Ikan-ikan dijual dalam satuan kilogram yang merupakan satuan besaran (35…).
V.
JAWABLAH
PERTANYAAN DAN PERNYATAAN BERIKUT DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!
36. Nur akan menyelidiki jalur yang dapat ia tempuh
dalam waktu paling singkat untuk berjalan dari rumahnya kesekolah. Ada tiga
jalur yang berebeda yang akan ia coba. Ia mengukur waktu yang ditempuh dari
rumahnya ke sekolah pada setiap jalur. Tentukanlah variabel bebas dan variabel
terikat dari penyelidikan Nur tersebut.
37. Pak Kholidin melakukan percobaan jumlah denyut nadi
siswa selama 60 detik, dari percobaan di dapat data sebagai berikut; Yeni 61
kali, Indra 63 kali, Deni 62 kali, Ashari 60 kali, Endah 70 dan Nani 65 kali.
Sajikan data percobaan di atas menggunakan grafik batang.
38. Pada hari Minggu Santi membantu Ibu memasak sayur
asem dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1) Panaskan air dalam panci hingga mendidih. 2) Rebus jagung dan buah melinjo hingga lunak. 3) Dalam panci terpisah, rebus asam muda dengan
sedikit air hingga lunak. 4) Angkat, remas-remas, saring airnya sekitar 100
ml. 5) Tumbuk semua bahan bumbu hingga halus. 6) Masukkan bumbu dan gula ke dalam rebusan
jagung, bersama lengkuas dan daun salam. 7) Tambahkan labu siam dan kacang panjang. Rebus
hingga lunak. 8) Masukkan daun melinjo dan air asam muda,
didihkan kembali hingga warna daun melinjo sedikit pucat. 9) Angkat dan sajikan hangat. |
Dari kegiatan Santi tersebut tentukanlah
masing-masing dua peristiwa yang melibatkan perubahan fisika dan perubahan
kimia.
39. Pada dinding laboratorium sekolah terpasang
termometer dengan kondisi pengukuran sebagai berikut.
40. Siswa berjalan sejauh 6 m ke arah timur selama 2 s,
kemudian ke arah barat sejauh 2 meter selama 2 s, tentukan kelajuan rata-rata
dan kecepatan rata-rata siswa tersebut!
0 comments:
Posting Komentar