Selasa, 19 Desember 2023

 


I.          PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA.

 

1.        Korban jiwa manusia akibat letusan gunung berapi, kebakaran, dan kapal tenggelam yang sekian lama baru diketemukan seringkali sulit dikenali identitasnya. Hal ini akibat terjadinya kerusakan bagian-bagian tubuh korban. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha pengungkapan identitas korban diantaranya pencocokan sidik jari, ciri-ciri fisik dan penelusuran DNA. Cabang ilmu yang terlibat dalam usaha tersebut diantarannya adalah ….

A.    biologi dan klimatologi

B.     forensik dan genetika

C.     fisika dan planologi

D.    geologi dan kimia

2.        Sekelompok siswa melakukan penelitian pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman bunga dengan urutan kegiatan sebagai berikut:

1)   Membuat rancangan percobaan.

2)   Melakukan pengamatan atau observasi.

3)   Melakukan eksperiman atau percobaan.

4)   Membuat hipotesis dan mengidentifikasi variabel.

5)   Menarik kesimpulan.

6)   Mengumpulkan dan menyajikan data.

Bantulah kelompok tersebut untuk mengurutkan kegiatannya sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah yang benar ….

A.  2 – 4 – 1 – 3 – 6 – 5

B.  2 – 6 – 1 – 3 – 4 – 5

C.  3 – 4 – 1 – 2 – 6 – 5

D.  3 – 6 – 1 – 2 – 4 – 5

3.        Pak Harjanto memberi tugas kelompok untuk menentukan massa jenis sebuah logam berbentuk balok melalui penyelidikan di laboratorium kepada Siswogo dan teman-teman. Pertama mereka mengukur panjang, lebar dan tinggi logam menggunakan penggaris dan kemudian menghitung volume balok. Selanjutnya mereka menimbang balok menggunakan neraca ohauss dan mencatat hasilnya. Langkah terakhir adalah menghitung hasil bagi antara massa balok dengan volume balok untuk mendapatkan nilai massa jenis balok.

Berikut pengelompokan besaran fisika dari kegiatan di atas yang tepat adalah ….

 

Besaran Pokok

Besaran Turunan

A.

massa dan massa jenis

panjang dan volume

B.

volume dan massa jenis

panjang dan massa

C.

panjang dan massa

volume dan massa jenis

D.

panjang dan massa jenis

massa dan volume

4.        Perhatikan kegiatan pengukuran besaran fisika berikut!

Hasil pengukuran tersebut adalah ….

A.  40 m3

B.  20 m3

C.  0,00002 m3

D.  0,000002 m3

5.        Zat cair bersifat mudah mengalir dan bentuknya dapat menyesuaikan dengan bentuk wadah yang ditempatinya. Hal disebabkan oleh zat cari memiliki ….

A.    gaya tarik antar partikel kuat

B.     jarak antar partikel selalu tetap

C.     gerak partikel selalu bebas

D.    jarak antar parikel selalu berubah

6.        Perhatikan tabel titik leleh dan titik didih beberapa materi berikut.

Zat/senyawa

Titik Leleh

(0C)

Titik Didih

(0C)

P

-101

-23

Q

-126

8

R

-7

59

S

60

400

Paa tekanan normal, zat atau senyawa yang berwujud gas pada suhu kamar (25 0C) adalah ….

A.  P dan Q

B.  P dan R

C.  Q dan S

D.  R dan S

7.        Perhatikan tabel massa jenis beberapa zat yang wujudnya berbeda berikut ini!

Nama

Massa Jenis (kg/m3)

Wujud zat

1

1.000

Cair

2

820

Cair

3

920

Padat

4

2.700

Padat

Jika keempat zat di atas dimasukkan ke dalam bejana, maka keadaan zat yang benar ditunjukkan oleh gambar .…

A.


C. 


B.

D. 


8.        Perhatikan gambar pengukuran besaran fisika benda berbentuk kotak berikut.

Massa jenis benda tersebut adalah ….

A.    0,8 kg/m3

B.     60 kg/m3

C.     800 kg/m3

D.    2880 kg/m3

9.        Kelebihan dan kekurangan alkohol sebagai zat pengisi termometer yang tepat adalah ….

 

Kelebihan

Kekurangan

A.

Harganya lebih mahal

Memiliki titik didih tinggi

B.

Harganya relatif murah

Membasahi dinding

C.

Dapat mengukur suhu rendah

Tidak membasahi dinding kaca

D.

Mengalami perubahan volume yang kecil sehingga lebih teliti terhadap perubahan suhu

Tidak berwarna

10.    Aliza memanaskan 10 kg air menggunakan kompor dari suhu 200C menjadi 400C. Apabila diketahui kalor jenis air 1 kkal/kg 0C, yang terjadi adalah ….

A         A.  perpindahan 20 kkal energi kalor dari air ke kompor

B         B.  kompor memberikan 200 kkal energi kalor ke air

C         C.   kompor memindahkan 20 kkal energi kalor ke air

D         D.  kompor menyerap 200 kkal energi kalor dari air

11.    Grafik berikut menggambarkan pemanasan satu kilogram es di bawah terik matahari selama 30 menit!

Pernyataan yang sesuai dengan grafik tersebut adalah ….

A.  es mulai mencair pada suhu -5 0C

B.  energi terbesar diperlukan untuk menaikkan suhu es hingga mulai meleleh

C.  energi kalor yang diperlukan selama proses pelelehan es adalah 336.500 joule

D.  energi kalor untuk menaikkan suhu setelah seluruh es mencair adalah 388.500 joule

12.    Perhatikan desain termos air berikut.

Jika termos diisi air panas maka desain termos tersebut bertujuan agar  ….

A.      kalor dari luar termos mudah masuk ke dalam air panas

B.      tidak mudah terjadi pemuaian pada air

C.      kalor yang terdapat pada air panas tidak cepat berpindah

D.      kalor yang terdapat pada air panas cepat berpindah

13.    Hari itu kelas Nino mempelajari konsep pemuaian zat dalam pelajaran IPA. Sepulang sekolah Nino biasanya mencuci botol bekal air minumnya. Akan tetapi ia kesulitan untuk membuka tutup botolnya itu.

Kemudian Nino menelepon seorang teman guna meminta saran agar masalahnya teratasi. Apa yang sebaiknya teman Nino sarankan?

A.      Mencelupkan bagian A ke dalam air panas

B.      Mencelupkan bagian B ke adalam air panas

C.      Mencongkel bagian A menggunakan pisau

D.      Memukul-mukul bagian A ke lantai

14.    Pada gedung-gedung dipasang alarm peringatan kebarakaran. Alat ini akan mengeluarkan suara peringatan yang bersumber dari bel ketika terjadi kebakaran gedung seperti ditampilkan diagram berikut.

Berdasar diagram dan tabel di atas, susunan pelat logam penyusun bimetal agar dapat berfungsi dengan benar adalah ….

Pilihan

jawaban

Pelat A

Pelat B

A.

Tembaga

Aluminium

B.

Tembaga

Kuningan

C.

Baja

Kuningan

D.

Aluminium

Baja

15.    Perhatikan peristiwa perpindahan kalor yang terjadi saat merebus air pada gambar berikut.

Sejumlah kalor berpindah dari api ke bagian yang ditunjuk oleh huruf a, b dan c berturut-turut terjadi secara ….

A.    konduksi, konveksi dan radiasi

B.     konveksi, konduksi dan radiasi

C.     konduksi, radiasi dan konveksi

D.    konveksi, radiasi dan konduksi

16.    Perhatikan peristiwa gerak berikut!

Dari peristiwa di atas contoh gerak lurus beraturan adalah nomor ….

A.  1 dan 2

B.  1 dan 3

C.  2 dan 4

D.  3 dan 4

17.    Berikut adalah gambar keadaan kaki atlet saat lomba lari.

Bagi atlet lari yang diharapkan adalah antara sol sepatu dan lintasan terjadi gaya gesek yang ….

A.    kecil sehingga pijakannya kuat

B.     besar sehingga pijakannya kuat

C.     kecil sehingga larinya kencang

D.    besar sehingga sepatunya cepat menipis

18.    Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut.

Berdasar hukum II newton dapat disimpulkan ….

A.      Percepatan pada gambar (a) lebih besar daripada gambar (b) karena gaya yang diberikan lebih besar

B.      Percepatan pada gambar (a) lebih kecil daripada gambar (b) karena gaya yang diberikan lebih besar

C.      pada gambar (b) terjadi percepatan yang lebih kecil karena massa bertambah

D.      pada gambar (b) terjadi percepatan yang lebih besar karena massa bertambah

19.    Peristiwa berikut yang merupakan contoh penerapan hukum III Newton yaitu ….

A.  gerobak yang ditarik dengan gaya tertentu sehingga bergerak

B.  ketika kita menendang tembok, kaki kita merasa sakit

C.  sebuah mobil yang digas sehingga melaju cepat

D.  tubuh terdorong ke depan saat kendaraan yang kita tumpangi direm mendadak

20.    Empat buah benda yang massanya sama masing-masing 2 kg dikenai gaya-gaya seperti ditunjukan pada gambar berikut.


Benda yang mengalami percepatan terbesar dan terkecil berutur-turut adalah ….

A.  (1) dan (2)

B.  (1) dan (3)’

C.  (2) dan (3)

D.  (2) dan (4)

 

II.          PASANGKAN PERNYATAAN BERIKUT DENGAN PILIHAN JAWABAN YANG ADA DI SAMPING KANAN DENGAN MENULIS HURUF ATAU JAWABAN PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

21.   Alat laboratorium yang dapat berfungsi wadah dan mencampur bahan kimia cair.

22.    Jenis gerak pada saat sepeda menuruni jalan tanpa dikayuh.

23.    Pengaruh gaya terhadap benda pada saat memukul bola kasti adalah merubah … benda.

24.    Aishwa berangkat ke sekolah pukul 06.30 dan sampai di sekolah pukul 06.50. Jarak rumah Aishwa ke sekolah 1,2 km. Kelajuan berjalan Aishwa adalah … m/s.

25.    Jenis perubahan zat pada peristiwa beras digiling menjadi tepung.

A.       GLBB

B.       GLB

C.       Fisika

D.       Kimia

E.        arah

F.        bentuk

G.       Pipet tetes

H.       Labu erlenmeyer

I.          1

J.          1,2



III.         PILIHLAH JAWABAN B JIKA PERNYATAAN BENAR DAN JAWABAN S JIKA PERNYATAAN SALAH DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF B ATAU S DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

26.    Ayu membantu ibunya menanam tomat, cabe dan bawang. Ia ingin mengetahui tanaman mana yang paling cepat tumbuh.

Variabel terikat dari penyelidikan Ayu adalah pertumbuhan tanaman tomat, cabe, dan bawang.

27.    Nana menyemprotkan parfum ruangan di sudut kelas sehingga seluruh kelas dapat mencium aroma wangi parfum.

Hal ini menunjukkan zat gas memiliki sifat volumenya berubah-ubah.

28.    Penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang mobil adalah usaha untuk mengurangi dampak kelembaman tubuh saat terjadi pengereman mendadak atau kecelakaan.

29.    Termometer Celcius, Reamur dan Fahrenheit jika ketiganya secara bersamaan digunakan mengukur suhu air dalam wadah maka ketinggian raksanya berbeda-beda.

30.    Saat mengalami demam, seseorang biasanya mengenakan jaket tebal agar tubuh tidak merasa kedinginan. Pemakaian jaket bertujuan mencegah kalor tubuh terserap ke udara.

 

IV.         LENGKAPILAH PERNYATAAN BERIKUT DENGAN ISIAN SINGKAT PADA LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

 

Mengapa Nelayan Berlayar di Malam Hari?

Pada malam hari, wilayah daratan mempunyai kemampuan melepaskan kalor ke udara lebih cepat daripada wilayah lautan. Kondisi ini membuat suhu di daratan lebih cepat dingin, sebaliknya udara di atas wilayah lautan masih terasa hangat. Hal ini menunjukkan kalor jenis daratan lebih (31…) daripada kalor jenis lautan.

Akibatnya udara di atas lautan akan bergerak naik, kemudian udara dingin dari daratan akan menggantikannya. Terjadilah aliran udara dari daratan ke lautan yang disebut angin darat. Fenomena alam tersebut menunjukkan terjadinya perpindahan kalor secara (32…).


Angin darat dimanfaatkan oleh nelayan tradisional untuk pergi menangkap ikan di malam hari. Nelayan tradisional menggunakan bantuan layar untuk menggerakkan perahunya. Kecepatan angin di lautan dapat mencapai 18 km/jam atau (33…) m/s.

Saat menemukan daerah yang banyak terdapat ikan, layar tidak digunakan lagi. Nelayan menggunakan dayung untuk menggerakkan perahunya. Pergerakan dayung ke belakang menghasilkan perahu yang bergerak ke depan. Arah gerak dayung dan perahu yang berlawanan sesuai dengan hukum (34…) newton.

Setelah pagi nelayan pulang ke daratan dengan membawa ikan hasil tangkapannya. Mereka menjual ikan di tempat penjualan ikan. Ikan-ikan dijual dalam satuan kilogram yang merupakan satuan besaran (35…).

 

 

 

 

V.         JAWABLAH PERTANYAAN DAN PERNYATAAN BERIKUT DI LEMBAR JAWABAN YANG TERSEDIA!

36.    Nur akan menyelidiki jalur yang dapat ia tempuh dalam waktu paling singkat untuk berjalan dari rumahnya kesekolah. Ada tiga jalur yang berebeda yang akan ia coba. Ia mengukur waktu yang ditempuh dari rumahnya ke sekolah pada setiap jalur. Tentukanlah variabel bebas dan variabel terikat dari penyelidikan Nur tersebut.

37.    Pak Kholidin melakukan percobaan jumlah denyut nadi siswa selama 60 detik, dari percobaan di dapat data sebagai berikut; Yeni 61 kali, Indra 63 kali, Deni 62 kali, Ashari 60 kali, Endah 70 dan Nani 65 kali. Sajikan data percobaan di atas menggunakan grafik batang.

38.    Pada hari Minggu Santi membantu Ibu memasak sayur asem dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1)      Panaskan air dalam panci hingga mendidih.

2)      Rebus jagung dan buah melinjo hingga lunak.

3)      Dalam panci terpisah, rebus asam muda dengan sedikit air hingga lunak.

4)      Angkat, remas-remas, saring airnya sekitar 100 ml.

5)      Tumbuk semua bahan bumbu hingga halus.

6)      Masukkan bumbu dan gula ke dalam rebusan jagung, bersama lengkuas dan daun salam.

7)      Tambahkan labu siam dan kacang panjang. Rebus hingga lunak.

8)      Masukkan daun melinjo dan air asam muda, didihkan kembali hingga warna daun melinjo sedikit pucat.

9)      Angkat dan sajikan hangat.

Dari kegiatan Santi tersebut tentukanlah masing-masing dua peristiwa yang melibatkan perubahan fisika dan perubahan kimia.

39.    Pada dinding laboratorium sekolah terpasang termometer dengan kondisi pengukuran sebagai berikut.

       


       Berapakah nilai x pada termometer di atas? Jawablah dengan menuliskan caranya!

40.    Siswa berjalan sejauh 6 m ke arah timur selama 2 s, kemudian ke arah barat sejauh 2 meter selama 2 s, tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata siswa tersebut!

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer

Arsip Blog