Rabu, 12 Maret 2025

 

I.         Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.

1.        Bacalah teks berikut dengan cermat!

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga Jadi Wisata Edukasi

Purbasari Pancuran mas Purbalinnga, masuk daftar destinasi wajib dikunjungi saat berlibur ke Purbalingga.Objek wisata yang ada di Jalan Raya Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga ini, sangat dikenal dengan akuarium raksasanya. Purbasari memiliki akuarium berukuran panjang 25 meter, lebar 15 meter dan tinggi 8 meter.

Kurang lebih ada sekitar 300 jenis ikan, menjadi koleksi di dalamnya. Mulai ikan kecil untuk terapi, sampai ikan Arapaima Gigas berukuran jumbo. Begitu juga dengan burung, lebih dari 100 burung bisa ditemui di tempat ini.

Sesuai dengan jargonnya Berwisata Sambil Belajar, Purbasari Pancuran Mas komitmen mengusung konsep edukasi. Sehingga sangat cocok, untuk mengajak anak-anak berlibur ke tempat ini.

“Purbasari Pancuran Mas itu sepertinya satu-satunya yang memiliki ikan Arapaima Gigas yang besar dan banyak, ada sekitar 40 ekor. Ditambah lagi ada akuarium Toyoshuka, berisi beragam jenis ikan,” kata Direktur Purbasari Pancuran Mas, H Junjung, Jumat (23/12/2022).

Sumber: https://serayunews.com/sejak-dulu-hingga-kini-purbasari-pancuran-mas-purbalingga-jadi-pilihan-wisata-edukasi-primadona

Tabel Kategori Kepadatan Populasi Ikan

Kepadatan

Kepadatan Ikan

Rendah

< 0,0025

Sedang

0,025 – 0,049

Tinggi

0,050 – 0,075

Sangat padat

> 0,075

Dengan ukuran akuarium raksasa tersebut, kepadatan populasi ikan secara keseluruhan dengan rata-rata panjang ikan 0,75 m dan populasi ikan Arapima Gigas dengan panjang rata-rata 2 m, berturut termasuk dalam kategori ….

A.    tinggi dan rendah

B.     sedang dan rendah

C.     sangat tinggi dan tinggi

D.    tinggi dan sedang

2.        Perhatikan gambar berikut ini!

Tindakan bijaksana dari manajemen pabrik untuk mengatasi pencemaran seperti yang ditunjukan pada gambar tersebut adalah ….

A.    Menanam pohon disekitar pabrik

B.     Membuat cerobong asap yang sangat tinggi

C.     Mewajibkan karyawan menggunakan masker

D.    Menggunakan energi alternatif selain bahan bakar fosil

3.        Nailul melakukan pengamatan  komponen ekossitem di halaman sekolah dan diperoleh data sebagai berikut ….

1.      Rumput teki     5.  Tumbuhan cabai

2.      Semut merah    6.  Kerikil

3.      Batu                 7.  Batu bata

4.      Pasir                 8.  Belalang kayu

Dari data tersebut, yang termasukk komponen abiotik ditunjukan nomor ….

A.    1, 2, 5, dan 8

B.     1, 3, 6, dan 7

C.     3, 4, 6, dan 7

D.    3, 5, 7, dan 8

4.        Perhatikan gambar berikut ini!

Apabila yang ditunjuk oleh huruf X terbakar habis, maka yang akan terjadi adalah ….

A.    aliran airnya berkurang drastis

B.     bertambah besar proses evapotranspirasi

C.     bertambah besarnya aliran air dari gunung

D.    bertambah besarnya daya serap humus

5.        Pada tanaman beluntas terdapat tumbuhan tali putri. Pola interaksi yang terjadi antara tumbuhan beluntas dengan tali putri adalah ….

A.    saling menguntungkan

B.     satu untung dan yang lain rugi

C.     bersaing pada suatu daerah

D.    satu untung dan yang lain tidak dirugikan

6.        Perhatikan gambar berikut!





(1)

(2)

Pola interaksi yang ditunjukan oleh gambar (1) dan (2) secara beruturan adalah  ….

A.    predasi dan kompetisi

B.     simbiosis dan predasi

C.     predasi dan netral

D.    kompetisi dan predasi

7.        Bacalah penggalan artikel berikut ini!

Transisi energi merupakan target nasional yang harus diwujudkan oleh semua pihak untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim bagi kehidupan masyarakat saat kini serta generasi yang akan datang. Seluruh elemen masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam upaya penurunan dampak pemanasan global yang memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Menurut the Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) 2018, pemanasan global saat ini sudah mencapai sekitar 1,1 derajat celsius, maka diperlukan percepatan transisi energi menuju energi yang lebih bersih dan minim emisi yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk penurunan emisi global yaitu melalui Enhanced Nationally Determined Contribution (E-NDC) dengan target penurunan emisi meningkat dari 29% atau setara 835 juta ton CO2 menjadi 32% atau setara 912 juta ton CO2 pada tahun 2030.

Sumber: https://www.esdm.go.id/en/media-center/news-archives/esdm-dukung-generasi-muda-tingkatkan-literasi-perubahan-iklim

Berdasarkan artikel tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam penurunan emisi karbon yaitu ….

A.    mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil

B.     melakukan kegiatan sosiaslisasi kepada masyarakat

C.     memakai energi alternatif yang ramah lingkungan

D.    membuat aturan larangan penebangan pohon

8.        Perhatikan bagan daur karbon dan oksigen berikut. Berdasarkan diagram tersebut, peristiwa yang terjadi pada bagan yang diberi label 1, 2, dan 3 adalah ….

A.    fotosintesis, penguraian dan respirasi

B.     respirasi, fotosintesis, dan penguraian

C.     transpirasi, penguraian dan respirasi

D.    fotosintesis, transpirasi, dan respirasi

9.        Simbiosis antara Anabaena cycadae dengan pakis haji bermanfaat dalam bidang pertanian karena ….

A.    mengikat nitrogen dari udara

B.     melepaskan nitrogen ke udara

C.     mematikan tanaman gulma

D.    mengiakt oksigen di udara

10.    Perhatikan dua skema jaring-jaring makanan berikut!

Apbila populasi ular di masing-masing eksosistem tersebut habis karena di buru, ekosistem yang lebih stabil beserta alasanya adalah  ….

A.    Ekosistem sawah karena masih ada populasi katak yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem

B.     Ekosistem kebun karena ular bukan sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain

C.     Ekosistem sawah karena ular sebagai karnivor puncak sehingga ular tidak memiliki predator lain

D.    Ekosistem kebun karena masih ada populasi musang yang akan menggantikan peran ular dalam ekosistem

11.    Perhatikan gambar ekosistem berikut!

Berikut ini pernyataan yang sesuai berdasarkan gambar di atas adalah .…

A.    komponen abiotik dalam ekosistem terdiri dari, cahaya, udara, air dan hewan

B.     komponen biotik dalam ekosistem adalah produsen, konsumen pengurai dan kayu dipinggir perairan

C.     interaksi antara konsumen dengan tumbuhan hijau adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan abiotik

D.    tumbuhan hijau membutuhkan air dan cahaya matahari  adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik

12.    Perhatikan gambar piramida makanan berikut!

Bagian nomor I dan IV ditempati oleh ….

A.    produsen dan konsumen III

B.     konsumen I dan konsumen IV

C.     konsumen III dan produsen

D.    dekomposer dan konsumen V

13.    Perhatikan jaring-jaring makanan pada perkebunan milik petani berikut!

Jika dalam ekosistem seperti digambarkan pada jaring-jaring makanan tersebut belalang dan ulat sangat mengganggu petani karena sayuran yang dihasilkan menjadi tidak maksimal. Kemungkinan apa yang akan terjadi apabila belalang dan ulat dibasmi oleh petani?

A.    Populasi katak dan ular akan meningkat

B.     Populasi katak burung kecil menurun

C.     Panen sawi meningkat dan jumlah katak menurun

D.    Panen sawi menurun dan populasi katak meningkat

14.    Ahnaf dan Bondan mendapatkan tugas dari gurunya untuk melakukan percobaan pengaruh kondisi air terhadap perilaku ikan. Setelah melakukan percobaan mereka menyajikan data pengamatan sebagai berikut:

Waktu

Ikan dalam air bersih

Ikan dalam air detergen

09.00

Ikan bergerak lincah dan sehat

Ikan bergerak lincah dan sehat

09.07

Ikan bergerak lincah dan sehat

Gerakan ikan mulai melambat

09.15

Ikan bergerak lincah dan sehat

Insang ikan membengkak dan keluar darah

09.17

Ahnaf dan Bondan menghentikan percobaannya

A.    ikan adalah hewan yang mudah beradapatasi pada lingkungan apapun

B.     ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada di dalam air bersih dan gerakan melambat ketika dalam air detergen

C.     ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada dalam air detergen dan gerakan melambat ketika dalam air bersih

D.    penambahan detergen pada air bersih yang berisi ikan tidak menyebabkan pengaruh apapun bagi ikan

15.    Bacalah artikel berikut!

Ancaman Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut

Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di dunia. Di Nusantara, sampah plastik tak hanya dijumpai di wilayah darat saja, tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang luasnya mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. Semua pihak dihimbau untuk terus terlibat dalam penanganan sampah plastik yang ada di lautan.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun sedikitnya sebanyak 1,29 juta ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap tahunnya. Fakta tersebut menasbihkan Indonesia menjadi negara nomor dua di dunia dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan. Sekretaris Jenderal KIARA Susan Herawati mengatakan, semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski ancaman kerusakan tak hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap mengingatkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat berbahaya. Untuk itu mari selamatkan laut Indonesia dan ekosistem dari sampah plastik.

Sumber : https://www.mongabay.co.id/2018/07/26/ancaman-sampah-plastik-untuk-ekosistem-laut-harus-segera-dihentikan-bagaimana-caranya/

Usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah sampah plastik sesuai artikel di atas adalah ….

A.    mengurangi penggunaan sampah plastik dan memilah sampah plastik yang masih dapat dimanfaatkan kembali

B.     memproduksi kantong plastik lebih banyak lagi karena sangat praktis digunakan

C.     mengumpulkan sampah plastik yang telah digunakan kemudian dibakar

D.    kantong plastik yang sudah tidak digunakan ditimbun kemudian di kubur di dalam tanah

16.    Di suatu ekosistem ada beberapa ekor hewan A yang suka memangsa hewan B, hewan D menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang karena dimakan hewan D. Pada saat tertentu seekor hewan E mengitari tempat tersebut untuk memangsa A. Hewan C adalah makanan favorit hewan A. Hewan B menjadi pemangsa produsen.

Berikut ini adalah jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas ….

17.    Pada sebuah ekosistem terjadi interaksi antar komponen biotik seperti pada jaring-jaring makanan berikut

Berdasarkan jaring-jaring makanan tersebut, beruang kutub berperan sebagai ….

A.    konsumen 1

B.     konsumen 2

C.     dekomposer

D.    produsen

18.    Tumbuhan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan digunakan oleh manusia, hewan dan organisme lainnya dalam proses respirasi. Respirasi menghasilkan gas karbondioksida yang dilepas ke udara. Tumbuhan, hewan dan organisme lainnya yang mati akan diuraikan oleh dekomposer menghasilkan gas karbondioksida.

Bagan berikut menunjukan pergerakan karbondioksida pada siklus karbon yang memperlihatkan keberadaan karbondioksida di atmosfer (udara) serta pada tumbuhan hewan dan dekomposer

Pernyataan berikut yang menunjukan posisi dari tumbuhan, hewan dan dekomposer dalam daur karbon yang tepat adalah ….

A.    1 hewan, 2 tumbuhan

B.     1 tumbuhan, 3 hewan

C.     2 dekomposer, 3 hewan

D.    2 tumbuhan, 3 dekomposer

19.    Keanekaragaman hayati di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestariannya dilakukan melalui pembentukan kawasan konservasi. Ada banyak jenis kawasan konservasi, salah satunya adalah taman nasional. Taman nasional adalah pelestarian kawasan alam yang memiliki ekosistem asli dengan sistem zonasi. Salah satu taman nasional yang ada di Indoesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Pernyataa-pernyataan di bawah ini yang menunjukan manfaat penetapan kawasan Taman Nasional Komodo bagi kelestarian ekosistem adalah ….

A.    menurunkan populasi komodo dengan cara membuat penangkaran

B.     mencegah komodo agar tidak mengalami kepunahan dan menjaga habitatnya

C.     membatasi daerah persebaran komodo agar mudah diburu oleh masyarakat

D.    mengatur populasi komodo agar tetap terkendali sehingga keseimbangan ekosistem dapat berubah

20.    Pernyataan yang benar tentang Pelestarian Eks-situ adalah ….

A.    dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya

B.     dilakukan di habitat aslinya di mana makhluk hidup tinggal

C.     contoh pelestarian eks situ adalah suaka margasatwa

D.    tidak adanya campur tangan dari manusia

 

II.      Jawablah pertanyaan di bawah ini secara tepat!

1.      Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini:

a.       Bagaimana habitat tanaman tersebut?

b.      Bagaimana penyebaran dari tanaman tersebut?

c.       Sebutkan manfaat dari tanaman tersebut untuk kehidupan manusia!

2.      Udara yang baik adalah udara yang banyak mengandung oksigen (O2), karena oksigen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernafas, tetapi saat ini udara sudah mulai tercemar dimana kadar oksigen di udara mulai berkurang akibat aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Ciri-ciri udara yang tercemar adalah tingginya kadar karbondioksida, berwarna, bau, pengap dan menyebabkan iritasi.

Berdasarkan bacaan di atas analisislah penyabab pencemaran udara yang berasal dari aktivitas alam dan aktivitas manusia dengan mengisi tebel berikut ini:

No.

Aktivitas Alam

Aktivitas Manusia

1.

…..

…..

2.

…..

…..

3.

…..

…..

 3.      Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!

Tuliskan rantai makanan yang terdapat dalam jaring-jaring makanan tersebut dan tentukan peranan masing-masing makhluk hidup dalam rantai makanan tersebut!

4.      Seorang guru meminta siswanya untuk melakukan pengujian air di lingkungan sekolah. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik, kimia dan biologis air. Sifat fisik yang di amati meliputi (1) tingkat kejernihan, (2) perubahan suhu air, (3) bau dan warna air, (4) unsur biologis yaitu dengan mengetahui adanya pathogen pencemar yang terdapat di dalam air, dan pathogen tersebut dapat mengakibatkan penyakit pada manusia.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, analisislah perbedaan air bersih dengan air tercemar berdasarkan kondisi tersebut! 

5.      Perhatikan tabel berikut ini!

Simbiosis

organisme

E

F

M

+

+

N

+

0

O

+

-

 

Keterangan

+ = mendapatkan keuntungan

- = mendapatkankerugian

0 = tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian

Berikan nama simbiosis yang ditunjukan oleh huruf M, N, O kemudian berikan contohnya

Kunci jawaban klik di sini 

 

Related Posts:

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Postingan Populer

Arsip Blog