I. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d.
1.
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Purbasari Pancuran Mas Purbalingga Jadi Wisata Edukasi
Purbasari Pancuran mas Purbalinnga, masuk daftar destinasi wajib dikunjungi
saat berlibur ke Purbalingga.Objek wisata yang ada di Jalan Raya Purbayasa,
Kecamatan Padamara, Purbalingga ini, sangat dikenal dengan akuarium raksasanya.
Purbasari memiliki akuarium berukuran panjang 25 meter, lebar 15 meter dan
tinggi 8 meter.
Kurang lebih ada sekitar 300 jenis ikan, menjadi koleksi di dalamnya.
Mulai ikan kecil untuk terapi, sampai ikan Arapaima
Gigas berukuran jumbo. Begitu juga dengan burung, lebih dari 100 burung
bisa ditemui di tempat ini.
Sesuai dengan jargonnya Berwisata Sambil Belajar, Purbasari Pancuran Mas
komitmen mengusung konsep edukasi. Sehingga sangat cocok, untuk mengajak
anak-anak berlibur ke tempat ini.
“Purbasari Pancuran Mas itu sepertinya satu-satunya yang memiliki ikan Arapaima Gigas yang besar dan banyak,
ada sekitar 40 ekor. Ditambah lagi ada akuarium Toyoshuka, berisi beragam jenis
ikan,” kata Direktur Purbasari Pancuran Mas, H Junjung, Jumat (23/12/2022).
Sumber: https://serayunews.com/sejak-dulu-hingga-kini-purbasari-pancuran-mas-purbalingga-jadi-pilihan-wisata-edukasi-primadona
Tabel Kategori Kepadatan Populasi Ikan
Kepadatan |
Kepadatan Ikan |
Rendah |
< 0,0025 |
Sedang |
0,025 – 0,049 |
Tinggi |
0,050 – 0,075 |
Sangat padat |
> 0,075 |
Dengan ukuran akuarium raksasa tersebut, kepadatan populasi ikan secara
keseluruhan dengan rata-rata panjang ikan 0,75 m dan populasi ikan Arapima Gigas dengan panjang rata-rata 2
m, berturut termasuk dalam kategori ….
A.
tinggi dan rendah
B.
sedang dan rendah
C.
sangat tinggi dan tinggi
D.
tinggi dan sedang
2.
Perhatikan gambar berikut ini!
Tindakan bijaksana dari manajemen pabrik untuk mengatasi pencemaran
seperti yang ditunjukan pada gambar tersebut adalah ….
A.
Menanam pohon disekitar pabrik
B.
Membuat cerobong asap yang sangat tinggi
C.
Mewajibkan karyawan menggunakan masker
D.
Menggunakan energi alternatif selain bahan bakar fosil
3.
Nailul melakukan pengamatan komponen ekossitem di halaman sekolah dan
diperoleh data sebagai berikut ….
1.
Rumput teki 5. Tumbuhan cabai
2.
Semut merah 6. Kerikil
3.
Batu 7. Batu bata
4.
Pasir 8. Belalang kayu
Dari data tersebut, yang termasukk komponen abiotik ditunjukan nomor ….
A.
1, 2, 5, dan 8
B.
1, 3, 6, dan 7
C.
3, 4, 6, dan 7
D.
3, 5, 7, dan 8
4.
Perhatikan gambar berikut ini!
Apabila yang ditunjuk oleh huruf X terbakar habis, maka yang akan terjadi
adalah ….
A.
aliran airnya berkurang drastis
B.
bertambah besar proses evapotranspirasi
C.
bertambah besarnya aliran air dari gunung
D.
bertambah besarnya daya serap humus
5.
Pada tanaman beluntas terdapat tumbuhan tali putri. Pola
interaksi yang terjadi antara tumbuhan beluntas dengan tali putri adalah ….
A.
saling menguntungkan
B.
satu untung dan yang lain rugi
C.
bersaing pada suatu daerah
D.
satu untung dan yang lain tidak dirugikan
6.
Perhatikan gambar berikut!
|
|
(1) |
(2) |
Pola interaksi yang ditunjukan oleh gambar (1) dan (2) secara beruturan
adalah ….
A.
predasi dan kompetisi
B.
simbiosis dan predasi
C.
predasi dan netral
D.
kompetisi dan predasi
7.
Bacalah penggalan artikel berikut ini!
Transisi energi merupakan target nasional yang harus diwujudkan oleh semua
pihak untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim bagi kehidupan masyarakat
saat kini serta generasi yang akan datang. Seluruh elemen masyarakat diharapkan
berpartisipasi dalam upaya penurunan dampak pemanasan global yang memicu
terjadinya cuaca ekstrem.
Menurut the Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) 2018,
pemanasan global saat ini sudah mencapai sekitar 1,1 derajat celsius, maka
diperlukan percepatan transisi energi menuju energi yang lebih bersih dan minim
emisi yang mendukung pembangunan berkelanjutan.
Langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk penurunan emisi global
yaitu melalui Enhanced Nationally Determined Contribution (E-NDC) dengan target
penurunan emisi meningkat dari 29% atau setara 835 juta ton CO2 menjadi 32%
atau setara 912 juta ton CO2 pada tahun 2030.
Sumber: https://www.esdm.go.id/en/media-center/news-archives/esdm-dukung-generasi-muda-tingkatkan-literasi-perubahan-iklim
Berdasarkan artikel tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung
pemerintah dalam penurunan emisi karbon yaitu ….
A.
mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil
B.
melakukan kegiatan sosiaslisasi kepada masyarakat
C.
memakai energi alternatif yang ramah lingkungan
D.
membuat aturan larangan penebangan pohon
8.
Perhatikan bagan daur karbon dan oksigen berikut. Berdasarkan
diagram tersebut, peristiwa yang terjadi pada bagan yang diberi label 1, 2, dan
3 adalah ….
A.
fotosintesis, penguraian dan respirasi
B.
respirasi, fotosintesis, dan penguraian
C.
transpirasi, penguraian dan respirasi
D.
fotosintesis, transpirasi, dan respirasi
9.
Simbiosis antara Anabaena
cycadae dengan pakis haji bermanfaat dalam bidang pertanian karena ….
A.
mengikat nitrogen dari udara
B.
melepaskan nitrogen ke udara
C.
mematikan tanaman gulma
D.
mengiakt oksigen di udara
10.
Perhatikan dua skema jaring-jaring makanan berikut!
Apbila populasi ular di masing-masing eksosistem tersebut habis karena di
buru, ekosistem yang lebih stabil beserta alasanya adalah ….
A.
Ekosistem sawah karena masih ada populasi katak yang akan
menggantikan peran ular dalam ekosistem
B.
Ekosistem kebun karena ular bukan sebagai karnivor puncak
sehingga ular tidak memiliki predator lain
C.
Ekosistem sawah karena ular sebagai karnivor puncak sehingga
ular tidak memiliki predator lain
D.
Ekosistem kebun karena masih ada populasi musang yang
akan menggantikan peran ular dalam ekosistem
11.
Perhatikan gambar ekosistem
berikut!
Berikut ini pernyataan yang sesuai
berdasarkan gambar di atas adalah .…
A.
komponen abiotik dalam ekosistem
terdiri dari, cahaya, udara, air dan hewan
B.
komponen biotik dalam ekosistem
adalah produsen, konsumen pengurai dan kayu dipinggir perairan
C.
interaksi antara konsumen dengan
tumbuhan hijau adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan abiotik
D.
tumbuhan hijau
membutuhkan air dan cahaya matahari
adalah bentuk interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik
12.
Perhatikan gambar piramida makanan berikut!
Bagian nomor I dan IV ditempati oleh ….
A.
produsen dan konsumen III
B.
konsumen I dan konsumen IV
C.
konsumen III dan produsen
D.
dekomposer dan konsumen V
13.
Perhatikan jaring-jaring makanan
pada perkebunan milik petani berikut!
Jika dalam ekosistem seperti
digambarkan pada jaring-jaring makanan tersebut belalang dan ulat sangat
mengganggu petani karena sayuran yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.
Kemungkinan apa yang akan terjadi apabila belalang dan ulat dibasmi oleh
petani?
A.
Populasi katak dan ular akan
meningkat
B.
Populasi katak burung kecil menurun
C.
Panen sawi meningkat dan jumlah
katak menurun
D.
Panen sawi menurun dan populasi
katak meningkat
14.
Ahnaf dan Bondan mendapatkan tugas
dari gurunya untuk melakukan percobaan pengaruh kondisi air terhadap perilaku
ikan. Setelah melakukan percobaan mereka menyajikan data pengamatan sebagai
berikut:
Waktu |
Ikan
dalam air bersih |
Ikan
dalam air detergen |
09.00 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
09.07 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Gerakan
ikan mulai melambat |
09.15 |
Ikan
bergerak lincah dan sehat |
Insang
ikan membengkak dan keluar darah |
09.17 |
Ahnaf dan Bondan menghentikan
percobaannya |
A.
ikan adalah hewan yang mudah beradapatasi pada lingkungan apapun
B.
ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada di dalam air
bersih dan gerakan melambat ketika dalam air detergen
C.
ikan bergerak lincah dan sehat ketika berada dalam air detergen dan
gerakan melambat ketika dalam air bersih
D.
penambahan detergen pada air bersih yang berisi ikan tidak menyebabkan
pengaruh apapun bagi ikan
15.
Bacalah artikel berikut!
Ancaman Sampah Plastik Bagi Ekosistem Laut
Sampah
plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga
negara lain di dunia. Di Nusantara, sampah plastik tak hanya dijumpai di
wilayah darat saja, tapi juga sudah menyebarluas ke wilayah laut yang luasnya
mencapai dua pertiga dari total luas Indonesia. Semua pihak dihimbau untuk
terus terlibat dalam penanganan sampah plastik yang ada di lautan.
Koalisi Rakyat
untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat, setiap tahun sedikitnya sebanyak
1,29 juta ton sampah dibuang ke sungai dan bermuara di lautan. Dari jumlah
tersebut, sebanyak 13.000 plastik mengapung di setiap kilometer persegi setiap
tahunnya. Fakta tersebut menasbihkan Indonesia menjadi negara nomor dua di
dunia dengan produksi sampah plastik terbanyak di lautan. Sekretaris Jenderal
KIARA Susan Herawati mengatakan, semakin banyak sampah plastik di lautan, maka
semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski ancaman
kerusakan tak hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap mengingatkan
bahwa dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat berbahaya. Untuk
itu mari selamatkan laut Indonesia dan ekosistem dari sampah plastik.
Sumber :
https://www.mongabay.co.id/2018/07/26/ancaman-sampah-plastik-untuk-ekosistem-laut-harus-segera-dihentikan-bagaimana-caranya/
Usaha yang dapat kita lakukan untuk
mengatasi masalah sampah plastik sesuai artikel di atas adalah ….
A.
mengurangi penggunaan sampah plastik dan memilah sampah
plastik yang masih dapat dimanfaatkan kembali
B.
memproduksi kantong plastik lebih banyak lagi karena sangat praktis
digunakan
C.
mengumpulkan sampah plastik yang telah digunakan kemudian dibakar
D.
kantong plastik yang sudah tidak digunakan ditimbun kemudian di kubur di
dalam tanah
16.
Di suatu ekosistem ada beberapa ekor hewan A yang suka
memangsa hewan B, hewan D menjadi mangsa hewan C. Daun sawi berlubang-lubang
karena dimakan hewan D. Pada saat tertentu seekor hewan E mengitari tempat
tersebut untuk memangsa A. Hewan C adalah makanan favorit hewan A. Hewan B
menjadi pemangsa produsen.
Berikut ini adalah jaring-jaring makanan berdasarkan ilustrasi diatas ….
17.
Pada sebuah ekosistem terjadi interaksi antar komponen biotik
seperti pada jaring-jaring makanan berikut
Berdasarkan jaring-jaring makanan tersebut, beruang kutub berperan sebagai
….
A.
konsumen 1
B.
konsumen 2
C.
dekomposer
D.
produsen
18.
Tumbuhan menyerap karbondioksida
dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan
oleh tumbuhan digunakan oleh manusia, hewan dan organisme lainnya dalam proses
respirasi. Respirasi menghasilkan gas karbondioksida yang dilepas ke udara.
Tumbuhan, hewan dan organisme lainnya yang mati akan diuraikan oleh dekomposer
menghasilkan gas karbondioksida.
Bagan berikut menunjukan pergerakan
karbondioksida pada siklus karbon yang memperlihatkan keberadaan karbondioksida
di atmosfer (udara) serta pada tumbuhan hewan dan dekomposer
Pernyataan berikut yang menunjukan
posisi dari tumbuhan, hewan dan dekomposer dalam daur karbon yang tepat adalah
….
A.
1 hewan, 2 tumbuhan
B.
1 tumbuhan, 3 hewan
C.
2 dekomposer, 3 hewan
D.
2 tumbuhan, 3 dekomposer
19.
Keanekaragaman hayati di Indonesia
harus dijaga dan dilestarikan. Upaya pelestariannya dilakukan melalui pembentukan
kawasan konservasi. Ada banyak jenis kawasan konservasi, salah satunya adalah taman
nasional. Taman nasional adalah pelestarian kawasan alam yang memiliki
ekosistem asli dengan sistem zonasi. Salah satu taman nasional yang ada di
Indoesia adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.
Pernyataa-pernyataan di bawah ini
yang menunjukan manfaat penetapan kawasan Taman Nasional Komodo bagi
kelestarian ekosistem adalah ….
A.
menurunkan populasi komodo dengan
cara membuat penangkaran
B.
mencegah komodo agar
tidak mengalami kepunahan dan menjaga habitatnya
C.
membatasi daerah persebaran komodo
agar mudah diburu oleh masyarakat
D.
mengatur populasi komodo agar tetap
terkendali sehingga keseimbangan ekosistem dapat berubah
20.
Pernyataan yang benar tentang Pelestarian Eks-situ adalah ….
A.
dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya
B.
dilakukan di habitat aslinya di mana makhluk hidup tinggal
C.
contoh pelestarian eks situ adalah suaka margasatwa
D.
tidak adanya campur tangan dari manusia
II.
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara tepat!
1.
Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini:
a.
Bagaimana habitat tanaman tersebut?
b.
Bagaimana penyebaran dari tanaman tersebut?
c. Sebutkan manfaat dari tanaman tersebut untuk kehidupan manusia!
2.
Udara yang baik adalah udara yang banyak mengandung oksigen
(O2), karena oksigen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk
bernafas, tetapi saat ini udara sudah mulai tercemar dimana kadar oksigen di
udara mulai berkurang akibat aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Ciri-ciri udara
yang tercemar adalah tingginya kadar karbondioksida, berwarna, bau, pengap dan
menyebabkan iritasi.
Berdasarkan bacaan di atas analisislah penyabab pencemaran udara yang
berasal dari aktivitas alam dan aktivitas manusia dengan mengisi tebel berikut
ini:
No. |
Aktivitas Alam |
Aktivitas Manusia |
1. |
….. |
….. |
2. |
….. |
….. |
3. |
….. |
….. |
Tuliskan rantai makanan yang terdapat dalam jaring-jaring makanan tersebut dan tentukan peranan masing-masing makhluk hidup dalam rantai makanan tersebut!
4.
Seorang guru meminta siswanya untuk melakukan pengujian
air di lingkungan sekolah. Pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui
kondisi fisik, kimia dan biologis air. Sifat fisik yang di amati meliputi (1) tingkat
kejernihan, (2) perubahan suhu air, (3) bau dan warna air, (4) unsur biologis
yaitu dengan mengetahui adanya pathogen pencemar yang terdapat di dalam air,
dan pathogen tersebut dapat mengakibatkan penyakit pada manusia.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan, analisislah perbedaan air bersih dengan air tercemar berdasarkan kondisi tersebut!
5.
Perhatikan tabel berikut ini!
Simbiosis |
organisme |
|
E |
F |
|
M |
+ |
+ |
N |
+ |
0 |
O |
+ |
- |
Keterangan
+ = mendapatkan keuntungan
- = mendapatkankerugian
0 = tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian
Berikan nama simbiosis yang ditunjukan oleh huruf M, N, O kemudian berikan
contohnya
Kunci jawaban klik di sini
0 comments:
Posting Komentar